kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45697,73   -32,02   -4.39%
  • EMAS946.000 -1,77%
  • RD.SAHAM -0.69%
  • RD.CAMPURAN -0.34%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Apa yang terjadi kalau kita minum teh setiap hari?


Kamis, 09 Januari 2020 / 13:29 WIB
Apa yang terjadi kalau kita minum teh setiap hari?
ILUSTRASI. Teh adalah minuman yang kaya antioksidan, sehingga bisa membantu mencegah penyakit kronis.

Sumber: Kompas.com | Editor: Wahyu Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Teh adalah minuman yang kaya antioksidan, sehingga bisa membantu mencegah penyakit kronis dan membantu perbaikan sel tubuh. Tak heran jika minuman ini sejak lama dianggap menyehatkan.

Ahli bedah ortopedi dari Toledo, Ohio, Anthony Kouri, MD menjelaskan, teh berasal dari tanaman Camellia sinensis yang mengandung antioksidan yang dikenal sebagai katekin dan yang paling penting adalah epigallocatechin gallate (EGCG). "Antioksidan ini membantu menghilangkan radikal bebas dalam tubuh dan mengurangi peradangan," kata Kouri.

Namun, apa yang terjadi jika kita meminum teh setiap hari, apakah baik atau buruk? Berikut rinciannya, seperti dilansir dari laman Reader's Digest:

1. Menurunkan risiko kanker

Direktur Nutrisi dan Psikiatri Gaya Hidup di Massachusetts General Hospital dan Harvard Medical School, Uma Naidoo, MD menyebutkan, beberapa kanker yang bisa ditekan risikonya adalah kanker kulit, prostat, paru-paru, dan payudara.

Namun, perlu diingat bahwa minum teh hanyalah salah satu cara sederhana mencegah kanker. “Berbagai jenis teh berdampak pada kanker yang berbeda," ujarnya.

Baca Juga: Para ilmuwan ciptakan nanopartikel yang bisa menghancurkan sel tumor

2. Kulit lebih sehat

Minum teh hitam secara teratur dapat secara signifikan mengurangi risiko kanker kulit. Menariknya, cara mempersiapkannya memberikan perbedaan manfaat.

Teh panas disebut lebih bermanfaat teh dingin. “Teh hitam panas bermanfaat untuk karsinoma kulit skuamosa,” kata Naidoo.

3. Risiko diabetes menurun

Minum teh hitam setiap hari dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2 karena membantu mengendalikan gula darah setelah makan. Menurut sebuah penelitian di Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition, teh hitam dapat menurunkan gula darah dan setelah mengonsumsi makanan yang mengandung sukrosa.

Baca Juga: Ahmad Hasyim, penyembuh luka akibat diabetes lewat Pedis Care

4. Gigi lebih kuat

Minum teh sepanjang hari memang bisa sedikit menodai gigi. Namun, minum teh juga membawa manfaat untuk kesehatan gigi kita.

Menurut sebuah penelitian dalam Journal of Oral and Maxillofacial Pathology, teh hijau memiliki efek antibakteri yang dapat mengurangi perkembangan bakteri di rongga mulut. Minum teh hijau setiap hari juga bisa menurunkan risiko gigi berlubang.




TERBARU

Close [X]
×