kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,36   -4,57   -0.46%
  • EMAS1.142.000 0,35%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Apa Saja Kandungan Vitamin Kacang Hijau? Ini 11 Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan


Rabu, 06 September 2023 / 12:35 WIB
Apa Saja Kandungan Vitamin Kacang Hijau? Ini 11 Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan
ILUSTRASI. Kandungan vitamin kacang hijau adalah sumber vitamin A, C, B1, asam folat, dan serat.


Penulis: Virdita Ratriani

Kandungan Vitamin Kacang Hijau - Manfaat kacang hijau jarang diketahui oleh masyarakat. Padahal, kandungan vitamin kacang hijau adalah sumber vitamin A, C, B1, asam folat, dan serat. 

Takhanya itu, kacang hijau juga mengandung thiamin, riboflavin, zat besi, magnesium, dan kalium. Manfaat kacang hijau pun mirip dengan kacang polong dan okra.

Selain itu, banyak penelitian menunjukkan bahwa manfaat mengonsumsi kacang-kacangan termasuk manfaat kacang hijau dapat menurunkan risiko obesitas, diabetes, dan penyakit jantung.

Secara umum, mengonsumsi buah dan sayuran juga menjaga kesehatan kulit, meningkatkan energi, dan menurunkan berat badan. Lantas, apa saja manfaat kacang hijau untuk kesehatan? 

Baca Juga: Inilah Sayuran dan Buah Penurun Tensi Tingg dan Gejala Penyakit Hipertensi

Kandungan vitamin kacang hijau 

Kandungan vitamin kacang hijau

Kandungan vitamin kacang hijau per 100 gram seperti dikutip dari buku "Seri Agribisnis Kacang Hijau" adalah sebagai berikut:

  • Kalori: 345 kalori
  • Protein: 22 gram
  • Lemak: 1,2 gram
  • Karbohidrat: 62,9 gram
  • Kalsium: 125 miligram
  • Fosfor: 320 mg
  • Zat besi: 6,7 mg
  • Vitamin A: 157 mg
  • Vitamin B1: 0,64 mg
  • Vitamin C: 6 mg
  • Air: 10 gram

Selain itu, kandungan vitamin kacang hijau adalah asam folat atau vitamin B9, vitamin B2, B3, B5, B6, vitamin K, dan selenium. 

Baca Juga: Ini 6 Makanan yang Menyehatkan Rambut Lebat hingga Kembalikan Warna Hitam Alami

Manfaat kacang hijau untuk kesehatan 

Manfaat kacang hijau untuk kesehatan

Nutrisi yang ada dalam kacang hijau dapat membantu mengurangi risiko sejumlah kondisi kesehatan. Dirangkum dari laman Medical News Today dan Kementerian Kesehatan, berikut sejumlah manfaat kacang hijau bagi kesehatan:

1. Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil 

Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil yakni dapat membantu mencukupi kebutuhan folat guna melindungi janin dari cacat tabung saraf. Satu cangkir kacang hijau menyediakan sekitar 10% kebutuhan asam folat harian dan 6% zat besi. 

Selain itu, kacang hijau juga bermanfaat untuk kesuburan. Bagi wanita usia subur, mengonsumsi lebih banyak zat besi dari sumber nabati seperti bayam, kacang-kacangan, labu, dan kacang hijau dapat membantu meningkatkan kesuburan, menurut Harvard Medical School.

Baca Juga: Mudah Ditemukan, 14 Makanan dan Minuman yang Aman untuk Penderita Diabetes

2. Membantu mencegah kanker

Salah satu manfaat kacang hijau adalah dapat membantu mencegah kanker. Sebab, kacang hijau mengandung banyak klorofil. 

Zat ini dapat menghalangi efek karsinogenik dari heterosiklik amina yang dihasilkan saat memanggang daging pada suhu tinggi. 

Seseorang yang suka mengonsumsi makanan yang dibakar atau dipanggang harus menyeimbangkannya dengan makan sayuran hijau untuk mengurangi risiko terkena kanker. 

3. Manfaat kacang hijau untuk depresi

Selanjutnya, manfaat kacang hijau yakni dapat membantu mencegah depresi. Memenuhi kebutuhan folat harian juga dapat membantu mengatasi depresi.

Konsumsi folat yang cukup dapat mencegah kelebihan homosistein dalam tubuh. Terlalu banyak homosistein dapat menghentikan darah dan nutrisi lain mencapai otak. 

Hal ini dapat mengganggu produksi hormon serotonin, dopamin, dan norepinefrin perasaan baik, yang mengatur suasana hati, tidur, dan nafsu makan.

Baca Juga: Rekomendasi Makanan untuk Penderita Stroke, Harus Bergizi Seimbang

4. Manfaat kacang hijau untuk kesehatan tulang

Manfaat kacang hijau juga bagus untuk kesehatan tulang. Sebab, konsumsi vitamin K yang cukup meningkatkan kesehatan tulang dengan memodifikasi protein matriks tulang, meningkatkan penyerapan kalsium, dan mengurangi ekskresi kalsium melalui urin.

Satu cangkir kacang hijau menyediakan 14,4 mikrogram vitamin K, atau hampir 20% dari kebutuhan harian, serta 4% dari kebutuhan kalsium harian seseorang.

5. Manfaat kacang hijau untuk mencegah sembelit

Manfaat kacang hijau selanjutnya adalah membantu mencegah sembelit. Sembelit termasuk salah satu masalah pencernaan yang umum dialami oleh individu. Untuk mengatasi sekaligus mencegah sembelit, perlu memberikan asupan serat yang cukup. 

Serat dapat melancarkan proses pencernaan dengan membantu meningkatkan jumlah air di usus. Dengan begitu, tinja yang dibentuk dalam usus akan bertekstur lebih lunak, sehingga buang air besar akan lancar. 

Selain mengonsumsi serat, mencukupi cairan setiap hari dengan konsumsi air putih juga perlu dilakukan sebagai bentuk pencegahan dari sembelit.

Baca Juga: Gejala Asam Lambung Naik dan Bahan Alami yang Bisa Atasi Penyakit Maag

6. Meningkatkan penyerapan nutrisi dari makanan

Berikutnya, manfaat kacang hijau juga bisa membantu meningkatkan penyerapan nutrisi dari makanan. Serat yang terkandung dalam kacang hijau berperan penting untuk menyerap nutrisi dari makanan yang masuk ke dalam tubuh. 

Hal ini bukan hanya dapat menjaga kesehatan saluran cerna, tetapi juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

7. Berperan sebagai prebiotik

Serat dalam manfaat kacang hijau juga berperan sebagai prebiotik dalam saluran cerna. Nutrisi ini merupakan sumber makanan bagi bakteri baik di usus. 

Hal ini membuat pertumbuhan dan fungsi bakteri tersebut akan selalu terjaga. Hasilnya, pencernaan menjadi lebih sehat dan terlindungi dari gangguan pencernaan.

8. Mengontrol kadar gula darah

Asupan serat yang cukup untuk manfaat kacang hijau dapat mengurangi risiko berbagai gangguan kesehatan di kemudian hari, termasuk diabetes. 

Seperti yang telah dijelaskan, tubuh tidak bisa menyerap serat sehingga tidak menyebabkan lonjakan gula darah setelah konsumsi makanan yang kaya serat.

Baca Juga: Gejala Asam Lambung Naik dan Bahan Alami yang Bisa Atasi Penyakit Maag

9. Memiliki antioksidan yang tinggi

Manfaat bubur kacang hijau dapat memenuhi kebutuhan akan antioksidan. Sebab, kacang hijau mengandung antioksidan termasuk asam fenolik, flavonoid, asam caffeic, asam sinamat dan masih banyak lagi.

Kandungan tersebut berguna untuk membantu melindungi tubuh dari radikal bebas yang berpotensi menimbulkan penyakit kronis.

10. Menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah

Manfaat kacang hijau berikutnya adalah membantu menurunkan tekanan darah. Kacang hijau mengandung potasium, magnesium, dan serat yang baik.

Penelitian telah mengaitkan tiap-tiap nutrisi ini dengan risiko tekanan darah tinggi yang secara signifikan lebih rendah. Sebanyak 26 penelitian menemukan bahwa makan satu porsi harian (sekitar 130 gram) kacang-kacangan, secara signifikan menurunkan kadar kolesterol LDL darah.

Baca Juga: 9 Makanan & Minuman yang Dilarang untuk Penderita Diabetes

11. Meningkatkan kesehatan jantung

Terakhir, manfaat kacang hijau yakni dapat meningkatkan kesehatan jantung. Sebab, kandungan serat dan folat dalam kacang-kacangan jika dikonsumsi secara rutin telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung koroner.

Magnesium dalam manfaat kacang hijau mungkin juga berperan dalam menjaga kesehatan jantung. Serat dalam kacang hijau juga dapat membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah, bahkan meningkatkan fungsi pembuluh darah sehingga dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Demikian penjelasan mengenai kandungan vitamin kacang hijau dan manfaat kacang hijau untuk kesehatan maupun manfaat kacang hijau untuk ibu hamil. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×