kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 6 Makanan yang Menyehatkan Rambut Lebat hingga Kembalikan Warna Hitam Alami


Senin, 04 September 2023 / 11:43 WIB
Ini 6 Makanan yang Menyehatkan Rambut Lebat hingga Kembalikan Warna Hitam Alami
ILUSTRASI. Ini 6 Makanan yang Menyehatkan Rambut Lebat hingga Kembalikan Warna Hitam Alami


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Simak daftar makanan yang menyehatkan rambut agar tidak mudah rusak. Kondisi rambut lebat tentu menandakan kesehatan tubuh juga terpenuhi akan nutrisi.

Rambut lebat menampilkan adanya kondisi rambut yang tumbuh tebal, kuat, dan sehat. Nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan rambut yang lebat termasuk berbagai vitamin, mineral, dan nutrisi lainnya.

Sehingga, saat kondisi rambut sehat bisa menjadi indikator tubuh dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut. Salah satu kandungan nutrisi yang penting pada kesehatan rambut adalah melanin rambut.

Seiring bertambahnya usia, jumlah melanosit yang memproduksi melanin per satuan luas permukaan kulit kepala berkurang 10-20% setiap dekade. Oleh karena itu, kadar melanin di rambut Anda menurun seiring bertambahnya usia.

Baca Juga: Bahan-Bahan Alami Anti Ketombe yang Bisa Atasi Masalah Ketombe Membandel

Ilustrasi uban

Vitamin D juga menjadi salah satu nutrisi penting yang merangsang melanogenesis (produksi melanin). Studi menunjukkan bahwa kekurangan vitamin D dikaitkan dengan vitiligo, suatu kondisi yang ditandai dengan hilangnya pigmen alami pada rambut dan kulit.

Sehingga Anda bisa memenuhi nutrisi lainnya pada daftar berikut ini.

Daftar nutrisi vitamin dan mineral untuk kesehatan rambut

Berikut beberapa nutrisi penting yang dibutuhkan untuk rambut yang sehat dan lebat:

  • Protein: Rambut terutama terdiri dari protein keratin. Oleh karena itu, asupan protein yang cukup sangat penting untuk pertumbuhan rambut yang sehat.
  • Zat Besi: Zat besi adalah mineral penting yang diperlukan untuk transportasi oksigen ke folikel rambut. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan rambut rontok.
  • Vitamin A: Vitamin A membantu dalam produksi sebum, yaitu minyak alami yang melindungi kulit kepala dan membantu menjaga rambut tetap sehat. 
  • Vitamin E: Vitamin E adalah antioksidan yang dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah ke folikel rambut dan mendukung pertumbuhan rambut yang sehat.
  • Vitamin C: Vitamin C membantu tubuh menyerap zat besi, yang penting untuk pertumbuhan rambut. Selain itu, vitamin C juga mendukung produksi kolagen, yang penting untuk kesehatan rambut.
  • Biotin (Vitamin H): Biotin adalah vitamin B kompleks yang penting untuk pertumbuhan rambut yang sehat.
  • Asam Folat (Vitamin B9): Asam folat membantu dalam pembentukan sel-sel baru, termasuk sel rambut.
  • Omega-3 Asam Lemak: Asam lemak omega-3 membantu menjaga kulit dan folikel rambut tetap sehat.
  • Baja (Zinc): Baja adalah mineral yang berperan penting dalam pembentukan protein keratin. 

Untuk itu, Anda wajib cek daftar makanan yang menyehatkan rambut agar lebih lebat dilansir dari Vedix.

Baca Juga: Simak 5 Penyebab Rambut Rontok yang Mungkin Anda Alami

Makanan yang Menyehatkan Rambut

1. Makanan Kaya Zat Besi

Jenis Kacang-kacangan

Kandungan zat besi membantu meningkatkan produksi melanin di rambut. Makanan kaya zat besi adalah sayuran berwarna hijau tua seperti bayam, polong-polongan, brokoli, quinoa, tahu, coklat hitam, ikan, pisang, tomat, kedelai, lentil, kacang-kacangan, dan biji-bijian seperti jambu mete, kacang tanah, biji rami, biji labu, dll.

2. Makanan dengan Tembaga

Kekurangan tembaga bisa mengurangi jumlah melanin sehingga mempengaruhi kesehatan rambut. Jadi, sebaiknya konsumsi makanan kaya tembaga secara rutin seperti sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan dan biji-bijian, ubi jalar, buncis, coklat hitam, alpukat, dll.

3. Katalase

Lobak

Katalase merupakan enzim antioksidan yang mencegah tumbuhnya uban dan membantu mengembalikan warna alami rambut Anda.

Makanan kaya katalase adalah brokoli, bawang bombay, lobak, mentimun, zucchini, kol merah, apel, pir, anggur, persik, taoge, lentil, dll.

4. Makanan Kaya Antioksidan

Konsumsi makanan yang mengandung antioksidan dalam jumlah tinggi membantu meningkatkan melanin di rambut sekaligus melindungi kulit kepala dan sel induk rambut dari kerusakan oksidatif.

Makanan seperti kacang-kacangan, blueberry, sayuran berdaun hijau, artichoke, coklat hitam, dll kaya akan antioksidan.

5. Makanan Dengan Vitamin A, C & E

Brokoli

Vitamin A, C & E sangat penting untuk produksi melanin di rambut Anda. Para peneliti menemukan bahwa vitamin A, C, dan E sangat berguna dalam melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat sinar UV.

Keju, ikan berminyak, susu, telur, yogurt, daging, dll. adalah beberapa sumber vitamin A yang baik.

Anda perlu mengonsumsi buah jeruk, brokoli, kubis brussel, beri, merica, sayuran berdaun hijau, dll secara rutin untuk meningkatkan kadar vitamin C dalam tubuh.

Selain itu, kacang-kacangan, biji-bijian, minyak nabati, bibit gandum, dan biji-bijian sehat lainnya, dll. juga kaya akan vitamin E.

6. Makanan Dengan Vitamin B6 & B12

Vitamin B6 mengandung piridoksin. Hal ini memicu reaksi kimia di folikel rambut Anda untuk menghasilkan enzim yang mendorong regenerasi sel melanin dan keratin.

Nah, vitamin B6 ditemukan dalam makanan seperti susu, oat, pisang, kacang tanah, daging babi, unggas, kacang kedelai, dll.

Selain itu, para peneliti menemukan bahwa rambut beruban prematur dikaitkan dengan anemia pernisiosa yang disebabkan karena kekurangan vitamin B12.

Penting juga untuk menjaga gaya hidup sehat dengan cukup tidur, minum air yang cukup, dan menghindari stres berlebihan, karena semua faktor ini dapat memengaruhi kesehatan rambut Anda.

Itulah sederet informasi terkait daftar makanan yang menyehatkan rambut sehingga bisa mencegah rambut tidak lebat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×