kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45891,58   -16,96   -1.87%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cara Menghilangkan Warna Hitam Di Ketiak, Apakah Lemon Bisa Memutihkan Ketiak?


Kamis, 03 Agustus 2023 / 06:52 WIB
Cara Menghilangkan Warna Hitam Di Ketiak, Apakah Lemon Bisa Memutihkan Ketiak?
ILUSTRASI. Cara Menghilangkan Warna Hitam Di Ketiak, Apakah Lemon Bisa Memutihkan Ketiak?


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

Cara Menghilangkan Warna Hitam Di Ketiak - Simak cara menghilangkan warna hitam di ketiak. Salah melakukan cara menghilangkan warna hitam bisa menyebabkan iritasi di ketiak.

Ketiak hitam sering membuat seseorang merasa tidak percaya diri, terutama saat memakai baju renang atau kaos tanpa lengan. Penyebab ketiak hitam bisa dari pemakaian deodoran dalam jangka waktu yang lama hingga kondisi medis seperti obesitas dan gangguan hormon.

Apa penyebab ketiak hitam?

Dokter estetika dr. Cynthia Jayanto M. Biomed (AAM) mengungkapkan, salah satu penyebab ketiak hitam yaitu pemakaian deodoran yang mengandung logam alumunium dioksida dalam jangka waktu lama. "Zat alumunium dioxide itu menutup produksi keringat yang seiring berjalannya waktu bisa mengiritasi kulit, dan pada akhirnya ketiak seseorang lambat laut menghitam," kata dr. Cynthia, dikutip dari Antara, Rabu (2/8/2023).

Lebih lanjut, Cynthia menjelaskan bahwa selain penggunaan deodoran, ketiak hitam juga bisa disebabkan akibat pemakaian krim dan alat cukur. Pemakaian pisau cukur yang kotor dan tumpul serta krim untuk mencukur bulu ketiak bisa mengakibatkan iritasi yang akhirmya membuat ketiak hitam.

Baca Juga: 5 Tips Jitu Menghilangkan Masalah Bau Badan dengan Bahan yang Mudah Ditemukan

Cynthia menambahkan, terlalu sering mencukur bulu ketiak juga bisa mengakibatkan area lipatan berwana hitam karena iritasi akibat gesekan selama mencukur bulu ketiak.

Bagaimana cara menghilangkan warna hitam di ketiak?

Berikut beberapa cara menghilangkan warna hitam di ketiak:

  • Membatasi penggunaan deodoran atau produk lain untuk ketiak
  • Mengurangi intensitas mencukur bulu ketiak
  • Rutin mengganti pisau cukur untuk mencegah iritasi
  • Perubahan gaya hidup seperti menurunkan atau mengontrol berat badan cukup efektif dalam mengatasi ketiak hitam
  • Menggunakan krim yang diresepkan dokter kulit Perawatan medis seperti mikrodermabrasi dan chemical peel

Apakah lemon bisa memutihkan ketiak?

Banyak yang menganggap perasan air lemon bisa menghilangkan warna hitam di ketiak dan memutihkan ketiak. Apakah lemon bisa memutihkan ketiak?

Meskipun sering dianggap bisa memutihkan ketiak hitam secara alami, manfaat lemon masih diperdebatkan. Dilansir dari HuffPost, mengoleskan lemon bisa menyebabkan rasa sakit atau seperti terbakar ketika terpapar dengan sinar matahari.

Ketiak yang sudah hitam kemudian akan bertambah gelap karena kondisi ini bisa memicu hiperpigmentasi. Perubahan warna pada ketiak akan berlangsung selama beberapa minggu hingga beberapa bulan sebelum akhirnya berangsur membaik.

Sebaliknya, beberapa ahli percaya bahwa kandungan asam di dalam lemon bisa membantu mencerahkan ketiak. Menurut Dr. Alok Vij, MD, yang merupakan dokter spesialis kulit Cleveland Clinic, menyebutkan bahwa kandungan asam yang ada pada lemon bisa merontokkan lapisan sel kulit terluar sehingga membuatnya terlihat lebih cerah.

Untuk mendapatkan ketiak yang lebih cerah, Anda bisa mengoleskan irisan lemon pada ketiak dan mendiamkannya selama 10 menit, kemudian membilasnya hingga bersih menggunakan air dingin. Selain itu, Anda juga bisa mencampurkan air lemon dengan kunyit dan mengaplikasikannya di ketiak.

Tunggu hingga 30 menit dan bilas hingga bersih menggunakan air dingin. Meskipun bisa membuat ketiak lebih cerah, penggunaan lemon bisa menyebabkan iritasi pada beberapa orang dan tidak disarankan untuk digunakan terlalu sering.

Anda diimbau untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mencoba menggunakan lemon atau metode lainnya yang belum terbukti aman secara medis.

Itulah berbagai cara menghilangkan warna hitam di ketiak dan manfaat lemon untuk memutihkan ketiak. Semoga bermanfaat!

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Apakah Lemon Bisa Memutihkan Ketiak Hitam? Simak Penjelasan Berikut",  dan  "Apa Penyebab Ketiak Hitam? Simak Penjelasan Ahli Berikut...",

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×