Apa Itu Kembar Siam? Ini Penyebeb, Jenis, dan Komplikasi Kembar Siam

Selasa, 02 Agustus 2022 | 11:40 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Apa Itu Kembar Siam? Ini Penyebeb, Jenis, dan Komplikasi Kembar Siam

ILUSTRASI. Kembar Siam. ANTARA FOTO/Feny Selly/Koz/Spt/13.


KONTAN.CO.ID -Kembar siam adalah kelainan dua bayi kembar yang namun pada saat lahir secara fisik terhubung satu sama lain. Kembar siam berkembang ketika embrio awal hanya terpisah sebagian untuk membentuk dua individu. 

Dikutip dari Mayo Clinic, pada kondisi kembar siam, tubuh kedua bayi menyatu dan terhubung secara fisik paling sering di dada, perut, atau panggul. Namun, dalam beberapa kasus, kembar siam juga bisa terhubung di bagian organ dalam. 

Dalam beberapa kasus, kembar siam langsung meninggal begitu dilahirkan. Namun, ada juga kembar siam yang mampu bertahan hidup sejak dilahirkan. 

Keberhasilan teknologi juga membuat kembar siam berhasil dipisahkan melalui operasi. Keberhasilan operasi tergantung pada bagian tubuh mana dari si kembar siam yang terhubung dan pengalaman serta keterampilan tim bedah.

Kembar siam adalah kasus yang langka dan penyebabnya belum jelas. Lantas, bagaimana bisa terjadi kembar siam atau penyebab kembar siam?

Baca Juga: Mahathir Mohamad: Sungguh Sebuah Keajaiban Saya Masih Hidup

Penyebab kembar siam  

Kembar identik atau kembar monozigot terjadi ketika satu sel telur yang dibuahi membelah dan berkembang menjadi dua individu.

Delapan sampai 12 hari setelah pembuahan, lapisan embrio yang akan membelah membentuk kembar monozigot mulai berkembang menjadi organ dan struktur tertentu.

Jika terlambat atau melebihi jangka waktu ini, maka pembelajan cenderung terhenti sebelum prosesnya selesai dengan sempurna. Sehingga, bayi kembar terlahir menempel satu sama lain atau disebut kembar siam. 

Teori lain menyebutkan bahwa kembar siam juga bisa terjadi saat dua embrio yang awalnya terpisah lalu menyatu selama masa kehamilan dan menjadi kembar siam.  

Baca Juga: Cocok untuk liburan pasca pandemi, ini destinasi backpacker murah di Asia Tenggara

Jenis-jenis kembar siam 

Kembar Siam

Kembar siam dibagi menjadi beberapa jenis sesuai dengan organ atau bagian tubuh mana yang saling terhubung. Berikut jenis-jenis kembar siam:

1. Kembar Thoracopagus

Kembar Thoracopagus adalah kembar siam yang terhubung di bagian dada. Kembar siam di bagian dada adalah jenis kembar siam yang paling umum. Mereka seringkali memiliki satu hati dan satu usus. 

2. Kembar Omphalopagus 

Kembar Omphalopagus adalah kembar siam yang terhubung di bagian perut atau dekat pusar. Banyak kembar Omphalopagus hanya memiliki satu liver, dan beberapa berbagi bagian bawah usus kecil (ileum) dan usus besar. Mereka umumnya masing-masing memiliki hati.

Baca Juga: Syarat penghentian kehamilan

3. Kembar Pygopagus

Kembar Pygopagus adalah kembar siam yang terhubung di bagian dasar tulang belakang seperti punggung bawah atau bokong bayi saling menempel. Beberapa kembar Pygopagus berbagi saluran pencernaan bagian bawah, dan beberapa berbagi organ genital dan kemih.

4. Kembar Rachipagus

Kembar Rachipagus adalah kembar siam yang terhubung di bagian sepanjang tulang belakang. Jenis kembar siam ini sangat langka. 

5. Kembar Ischiopagus 

Kembar Ischiopagus adalah kembar siam yang terhubung di bagian panggul. Banyak kembar Ischiopagus berbagi saluran pencernaan bagian bawah, serta hati dan organ genital dan saluran kemih. Jenis kembar siam ini ada yang masing-masing memiliki dua kaki namun ada yang hanya memiliki dua kaki atau tiga kaki untuk kedua kembar siam. 

Baca Juga: Sebab musabab bayi kembar siam

6. Kembar Parapagus 

Kembar Parapagus adalah kembar siam yang terhubung di bagian perut dan dada. Si kembar dapat memiliki dua, tiga atau empat lengan dan dua atau tiga kaki.

7. Kembar Craniopagus 

Kembar Craniopagus adalah kembar siam yang terhubung di bagian belakang, atas atau samping kepala, tetapi tidak di wajah. Kembar Craniopagus berbagi sebagian tengkorak. Tetapi otak mereka biasanya terpisah, meskipun mereka mungkin berbagi beberapa jaringan otak.

8. Kembar Cephalopagus

Kembar Cephalopagus adalah kembar siam yang terhubung dibagian wajah dan tubuh bagian atas atau dada. Kembar siam ini wajahnya saling menempel dan berbagi kepala serta otak yang sama. Pada kasus kembar siam ini, jarang yang dapat bertahan hidup.

Baca Juga: Mencegah bayi kembar siam?

Komplikasi kembar siam 

Kehamilan dengan kembar siam sangat kompleks dan sangat meningkatkan risiko komplikasi serius. Bayi kembar siam memerlukan persalinan bedah melalui operasi caesar (C-section) karena anatomi mereka.

Seperti pada kasus kelahiran kembar biasa, bayi kembar siam cenderung lahir prematur, dan salah satu atau keduanya bisa lahir mati atau mati segera setelah lahir. 

Masalah kesehatan yang parah untuk anak kembar dapat segera terjadi seperti kesulitan bernapas atau masalah jantung dan di kemudian hari, seperti skoliosis, cerebral palsy, atau ketidakmampuan belajar.

Potensi komplikasi bergantung pada di bagian tubuh mana si kembar siam terhubung. 

Demikian penjelasan mengenai apa itu kembar siam, penyebab kembar siam, jenis kembar siam, dan komplikasi kembar siam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru