Anda wajib wapada, ini 5 bahaya asam lambung

Senin, 22 November 2021 | 20:35 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Anda wajib wapada, ini 5 bahaya asam lambung

ILUSTRASI. Bahaya asam lambung perlu selalu Anda waspadai lantaran bisa menyebabkan masalah kesehatan lain yang lebih parah.

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Salah satu gejala asam lambung naik yang biasa terjadi adalah heartburn atau munculnya sensasi terbakar. Jelas, bahaya asam lambung perlu Anda hindari biar tak muncul masalah kesehatan yang lain.

Sebelum mengenal bahaya apa saja yang dapat Anda alami, ada baiknya bagi Anda untuk melakukan beberapa langkah pencegahan. Mengutip dari Web MD, mengubah beberapa kebiasaan bisa jadi pilihan.

Mulai dari mengonsumsi makanan berat dalam porsi kecil, menghindari makanan berlemak dan jenis makanan lain yang berbahaya untuk kesehatan sistem pencernaan, hingga berhenti merokok. Dengan begitu, risiko berikut ini bisa berkurang.

Kanker esofagus

Asam lambung naik yang terus dibiarkan bisa meningkatkan risiko pertumbuhan sel kanker. Apalagi, jika Anda memiliki riwayat kesehatan serupa.

Biasanya, gejala kanker esofagus ditandai dengan rasa sakit saat Anda menelan dan nyeri dada. Anda perlu segera periksa ke dokter jika mengalami hal tersebut.

Baca Juga: Awas! Ini efek samping teh untuk kesehatan, salah satunya bikin sulit tidur

Luka di esofagus

Bahaya asam lambung berikutnya adalah munculnya luka di bagian esofagus Anda. Asam lambung naik dapat melukai dinding esofagus sehingga luka pun terbentu. Hal itu biasanya ditandai dengan sulit menelan, sakit dada, hingga mual.

Pembusukan gigi

Salah satu bahaya asam lambung adalah pembusukan gigi.

Tahukah Anda bahwa pembusukan gigi termasuk dalam salah satu bahaya asam lambung?

Saat asam lambung naik ke saluran pencernaan atas, yaitu mulut, asam lambung dapat mengganggu kondisi enamel gigi. Hal itulah yang membuat gigi Anda busuk dan rusak.

Esofagitis

Asam lambung yang tak segera diatasi bisa memicu kemunculan esofagitis. Melansir Web MD, asam lambung yang mengiritasi kerongkongan membuat lapisan kerongkongan meradang.

Tentu saja, kondisi itu membuat Anda kesulitan untuk menelan makanan atau minuman.

Baca Juga: Penting banget, yuk waspadai 6 pantangan ibu hamil ini

Esofagus barrett

Anda perlu mewaspadai asam lambung naik yang terlalu sering karena bisa jadi penyebab esofagus barrett. Pada awal kemunculannya, penyakit tersebut tidak menunjukkan gejala apa pun.

Makanya, Anda harus selalu memperhatikan gejala GERD atau masalah lambung lain yang Anda alami.

Semakin cepat Anda melakukan tindakan pengobatan, semakin rendah pula risiko masalah kesehatan lain yang perlu Anda hadapi. Mengobati masalah asam lambung juga bisa membuat rasa sakit banyak berkurang.

Selanjutnya: Cek harga emas siang ini, Senin (22/11/2021) di Pegadaian

Editor: Belladina Biananda
Terbaru