kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bisa jadi bahaya, waspadai 6 gejala asam lambung ini


Sabtu, 06 November 2021 / 11:10 WIB
Bisa jadi bahaya, waspadai 6 gejala asam lambung ini


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Usahakan untuk tidak mengabaikan gejala asam lambung, ya. Apabila Anda terus mengabaikannya, bisa jadi muncul masalah kesehatan lain yang lebih parah.

Salah satu pemicu asam lambung yang sering dialami banyak orang adalah GERD. GERD atau gastroesophageal reflux disease adalah kondisi di mana katup lambung kendur atau tak berjalan sesuai fungsinya.

Ketika hal itu terjadi, asam lambung naik ke tenggorokan dan mulut. Hal itu mengakibatkan banyak kondisi yang membuat Anda tak nyaman. Mulai dari nyeri dada, sakit tenggorokan, hingga bau mulut tak sedap.

Nyeri dada

Nyeri dada merupakan salah satu kondisi yang bisa Anda alami ketika asam lambung naik. Ketika asam lambung naik, muncul heartburn atau sensasi terbakar. Nah, hal itulah yang membuat Anda merasakan nyeri dada.

Baca Juga: Ciri-ciri penyakit lambung ini sebaiknya Anda ketahui

Sakit telinga

Menurut Central California Endoscopy Center, asam lambung naik bisa menyebabkan sakit telinga. Meski jarang terjadi, pastikan untuk tidak mengabaikan gejala asam lambung itu, ya.

Sakit tenggorokan

Gejala asam lambung adalah sakit tenggorokan.

Heartburn yang terasa di bagian dada tak berhenti sampai di situ. Rasa sakit juga bisa menjalar kebagian tenggorokan.

Sakit tenggorokan biasanya juga dibarengi dengan kesulitan untuk menelan. Asam lambung mengakibatkan inflamasi atau peradangan di bagian tenggorokan yang mengakibatkan hal itu terjadi.

Asma

Anda perlu berhati-hati terhadap asam lambung naik karena bisa menimbulkan kondisi mirip dengan gejala asma, yaitu mengi dan batuk. Kondisi itu Anda alami ketika asam lambung justru mengganggu kondisi paru-paru.

Baca Juga: Bisa menaikkan asam lambung, hindari 8 kebiasaan sehari-hari ini

Suara serak dan bau mulut tak sedap

Bau mulut tak sedap jadi gejala asam lambung.

Gejala asam lambung berikutnya adalah suara Anda menjadi serak dan bau mulut menjadi tak sedap. Kondisi itu lebih banyak terjadi setelah Anda mengonsumsi makanan berat.

Untuk menghindarinya, cobalah untuk memecah porsi makan menjadi beberapa waktu dalam sehari.

Mual

Tak hanya menyebabkan suara serak dan bau mulut tak sedap, Central California Endoscopy Center menyebutkan, Anda dapat mengalami mual. Anda juga bisa muntah ketika rasa mual tak teratasi dengan baik.

Selanjutnya: Penderita asam lambung bisa tunda vaksinasi Covid-19 jika terjadi kondisi ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×