Penting banget, yuk waspadai 6 pantangan ibu hamil ini

Rabu, 11 Agustus 2021 | 12:58 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Penting banget, yuk waspadai 6 pantangan ibu hamil ini

ILUSTRASI. Ada beberapa pantangan ibu hamil yang sebaiknya Anda waspadai.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Saat hamil, ada banyak hal yang perlu Anda perhatikan supaya kesehatan tubuh dan janin dalam kandungan terjaga. Selain mengonsumsi makanan bergizi, menghindari pantangan ibu hamil juga perlu Anda lakukan.

Beberapa jenis makanan dan minuman bisa menyebabkan bahaya untuk Anda dan janin. Hal penting yang perlu Anda perhatikan adalah memerhatikan proses memasaknya. Pastikan mengonsumsi makanan dan minuman yang benar-benar matang.

Alih-alih mengonsumsi makanan dan minuman di bawah ini, sebaiknya pilih makanan dan minuman lain yang lebih sehat. Anda bisa meminta saran dokter supaya kebutuhan gizi Anda dan janin dapat terpenuhi dengan maksimal.

Makanan yang Mengandung Vitamin A

Tommy’s (tommys.org) mengatakan bahwa mengonsumsi terlalu banyak vitamin A selama hamil dapat membahayakan kesehatan janin. Sebaiknya, hindari makanan atau suplemen vitamin A secara berlebihan. Jika Anda memang membutuhkan jenis nutrisi itu, jangan lupa untuk berkonsultasi dulu dengan dokter.

Baca Juga: Ini tips bagi ibu hamil yang ingin mengikuti program vaksinasi

Salad

Salad bisa jadi salah satu pantangan ibu hamil jika sudah terkontaminasi dengan bakteri. Usahakan untuk tidak mengonsumsi salad yang dibiarkan di suhu ruangan dalam jangka waktu lama. Supaya lebih awet, tak ada salahnya untuk menyimpan salad di kulkas dalam keadaan bersih.

Kerang

Kerang sebenarnya aman dikonsumsi saat hamil. Namun, pastikan untuk memasaknya hingga benar-benar matang, ya. Mengonsumsi kerang mentah selama hamil berpotensi menyebabkan keracunan yang membahayakan kesehatan Anda dan janin dalam kandungan.

Telur

Pantangan ibu hamil selanjutnya adalah telur. Jika Anda ingin mengonsumsi telur, pastikan untuk memasaknya hingga matang. Hindari mengonsumsi telur dalam keadaan setengah matang atau mentah karena berisiko mengandung salmonella yang buruk untuk kesehatan tubuh Anda.

Baca Juga: Ini 4 pantangan ibu hamil yang sebaiknya Anda ketahui

Alkohol

Minuman beralkohol termasuk salah satu pantangan ibu hamil.

Mengutip dari Tommy’s, sebaiknya hindari konsumsi alkohol selama hamil. Meski sedikit, mengonsumsi alkohol dapat membahayakan pertumbuhan dan perkembangan janin dalam jangka waktu panjang. Jika Anda kesulitan untuk berhenti mengonsumsi alkohol, tak ada salahnya untuk meminta saran dokter.

Kafein

Ada banyak jenis minuman yang mengandung kafein. Mulai dari teh, kopi, cokelat, dan lain sebagainya. Selama hamil, usahakan untuk tidak mengonsumsi jenis minuman itu terlalu banyak, ya. Dengan begitu, risiko komplikasi saat hamil dapat Anda hindari.

Selanjutnya: Berbahaya, yuk waspadai 6 pantangan asam lambung ini

Editor: Belladina Biananda
Terbaru