kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini tips bagi ibu hamil yang ingin mengikuti program vaksinasi


Selasa, 03 Agustus 2021 / 09:25 WIB
Ini tips bagi ibu hamil yang ingin mengikuti program vaksinasi


Reporter: Dityasa H. Forddanta | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ibu hamil bisa mendapatkan vaksin Covid-19. Ini setelah Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) menyatakan, vaksinasi Covid-19 untuk ibu hamil dapat dilaksanakan dalam waktu dekat.

Tidak ada pantangan khusus bagi ibu hamil yang ingin berpartisipasi dalam program vaksin Covid-19. "Tapi, supaya aman kontrol terlebih dahulu ke dokter kandungan," ujar salah satu dokter di salah satu rumah sakit di Jakarta, dr. Nita Nurlaela, Senin (8/2).

Kontrol perlu dilakukan terutama untuk mengetahui kondisi kehamilan. Mengetahui usia kandungan juga diperlukan sebelum mengikuti vaksin.

Jika ingin mengikuti vaksinasi, disarankan saat usia kandungan 12 minggu hingga 33 minggu. Batasan usia kandungan ini persis sama dengan anjuran vaksin influenza.

Baca Juga: Epidemiolog ingatkan pelonggaran PPKM berpotensi tingkatkan kematian pasien Covid-19

Sejatinya, vaksinasi untuk ibu hamil dengan usia kandungan di bawah usia tersebut menurut penelitian masih aman. Namun, 12 minggu pertama merupakan masa pembentukan organogenesis, sehingga dikhawatirkan vaksin dapat mempengaruhi perkembangan janin.

Sedang saran maksimal usia kehamilan 33 minggu, ini supaya bayi di dalam kandungan memiliki efek perlindungan dan pembentukan antibodi virus Covid-19. "Yang paling penting, hindari kerumunan setelah vaksin," tandas Nita.

Baca Juga: Kejar target vaksinasi 2 juta dosis per hari, Menkes pastikan stok vaskin siap

Melansir data Satgas Covid-19, hingga Senin (2/8) ada tambahan 22.404 kasus baru yang terinfeksi corona di Indonesia. Sehingga total menjadi 3.462.800 kasus positif Corona.

Sementara itu, jumlah yang sembuh dari kasus Corona bertambah 32.807 orang sehingga menjadi sebanyak 2.842.345 orang.

Sedangkan jumlah orang yang meninggal akibat virus Corona di Indonesia bertambah 1.568 orang menjadi sebanyak 97.291 orang.

Saat ini ada total 523.164 kasus aktif di Indonesia. Jumlah ini turun 11.971 dari sehari sebelumnya.​

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

Selanjutnya: Sudah menyebar hampir ke seluruh wilayah Indonesia, hati-hati dengan varian Delta!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×