Kesehatan Umum

Anda sering mendengkur? Inilah 4 cara menghilangkan ngorok secara alami

Sabtu, 19 September 2020 | 11:00 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Anda sering mendengkur? Inilah 4 cara menghilangkan ngorok secara alami


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Meski dialami oleh banyak orang, ngorok atau mendengkur adalah kebiasaan yang mengganggu, apalagi jika Anda tidur dengan orang lain. Cara menghilangkan ngorok dengan mengubah gaya hidup bisa dilakukan untuk mengatasi hal itu.

Mengutip dari Sleep Cycle, sebanyak 25% dari jumlah populasi manusia di dunia memiliki kebiasaan ngorok. Ngorok terjadi saat otot leher terlalu relaks sehingga udara menuju paru-paru sulit lewat.

Saat hal itu berlangsung, jaringan di saluran pernapasan atas bergetar. Muncullah suara yang disebut sebagai dengkuran. Semakin sempit jarak jalur masuk udara, semakin kencang suara dengkuran yang dihasilkan.

Selain dapat mengganggu orang lain, ngorok juga berdampak pada menurunnya kualitas tidur. Di pagi hari, Anda justru merasa lelah dan merasa tak mendapat waktu tidur yang bagus. Cara menghilangkan ngorok bisa Anda lakukan dengan mengubah kebiasaan-kebiasaan sehari-hari.

Baca Juga: Anak suka mendengkur bisa berujung obesitas

Kurangi Berat Badan

Cara menghilangkan ngorok bisa dilakukan dengan mengurangi berat badan. Melansir dari Sleep Cycle, orang yang kelebihan berat badan berpotensi mendengkur dua kali lebih besar daripada orang lain dengan berat badan ideal.

Orang yang kelebihan berat badan menyimpan lemak lebih banyak di bagian leher sehingga jalur keluar-masuk udara semakin sempit. Anda bisa mulai mengatur pola makan, rajin olahraga, dan memperbaiki pola tidur sebagai cara menghilangkan ngorok.

Kurangi Alkohol dan Merokok

Cara menghilangkan ngorok lainnya adalah dengan mengurangi konsumsi alkohol dan merokok. Kebiasaan minum alkohol, apalagi sebelum tidur, dapat memperparah dengkuran.

Alkohol menyebabkan otot leher lebih relaks sehingga kemungkinan Anda ngorok lebih besar. Sedangkan merokok membuat jaringan-jaringan saluran pernapasan iritasi dan inflamasi.

Baca Juga: Ngorok dan mudah lelah? Waspada sleep apnea

Banyak Minum Air

Menghindari dehidrasi bisa dijadikan cara menghilangkan ngorok. Dehidrasi menyebabkan produksi lendiri di tenggorokan sehingga Anda mendengkur. Sleep Cycle merekomendasikan pria untuk minum 3.7 L air dan wanita minum 2.7 L air setiap hari.

Pakai Humidifier

Udara yang kering atau dry air bukanlah penyebab utama timbulnya dengkuran, tapi hal itu bisa memperburuk keadaan. Cara menghilangkan ngorok bisa dilakukan dengan menempatkan humidifier dalam rumah agar udara tetap lembab dan dengkuran bisa berkurang.

Selanjutnya: Awas, tidur ngorok bisa berujung kematian

Editor: Belladina Biananda


Terbaru