kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Anda penderita asam urat? Hindari konsumsi makanan berikut ini


Senin, 13 Januari 2020 / 10:35 WIB
Anda penderita asam urat? Hindari konsumsi makanan berikut ini
ILUSTRASI. Ilustrasi asam urat.

Sumber: Kompas.com | Editor: Herlina Kartika

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penyakit gout atau asam urat adalah bentuk radang sendi yang terasa nyeri, berkembang ketika kelebihan asam urat menumpuk dan membentuk kristal di sendi. 

Kondisi ini menyebabkan rasa sakit yang tiba-tiba, pembengkakan, dan peradangan di sendi dan sebagian mempengaruhi jari-jari kaki. Ini juga dapat berpengaruh pada jari, pergelangan tangan, lutut, dan tumit. 

Asam urat adalah produk limbah yang dibuat oleh tubuh ketika memecah zat yang disebut purin. Zat purin ditemukan dalam banyak makanan. 

Serangan gout atau asam urat biasanya terjadi pada malam hari. Penderita tidak bisa secara efisien menghilangkan kelebihan asam urat dari tubuh mereka, layaknya orang dalam kondisi sehat. Sehingga, kamu wajib membatasi jumlah purin yang kamu makan. 

Baca Juga: Ini dia 10 daftar makanan yang baik untuk ginjal

Dengan membatasi konsumsi makanan yang tinggi purin, kamu bisa mencegah serangan asam urat datang tiba-tiba, serta membuatmu jauh lebih sehat. 

Apa saja jenis makanan yang wajib dihindari ketika menderita penyakit asam urat? 

Daging merah dan jeroan 

Semua daging jeroan seperti hati, ginjal, dan otak harus dihindari karena mengandung jumlah purin yang tinggi, di mana akan meningkatkan peradangan dan memicu serangan asam urat. 

Studi menunjukkan, bahwa makanan tinggi purin adalah penyebab utama serangan asam urat. 

Daftar ini juga meliputi daging, kalkun, daging sapi muda, daging rusa, ginjal sapi, dan banyak lagi. 


Tag


TERBARU
Terpopuler

Close [X]
×