kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Anda mudah lupa? 5 jenis makanan ini dapat meningkatkan daya ingat


Sabtu, 22 Juni 2019 / 16:05 WIB
Anda mudah lupa? 5 jenis makanan ini dapat meningkatkan daya ingat


Sumber: TribunNews.com | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  Semua orang ingin memiliki ingatan yang kuat. Namun, seiring bertambahnya usia, ingatan kita mulai melemah. Jika kita menghadapi masalah memori di usia muda, maka hal itu bisa menjadi penyebab kekhawatiran.

Ada banyak latihan otak yang bisa Anda praktikkan untuk menjaga daya ingat. Tapi, bersamaan dengan itu, ada juga beberapa makanan yang harus kita konsumsi agar memiliki memori yang tajam. 

Dikutip dari laman Wonderslist.com, inilah 5 makanan dan minuman yang diketahui membantu memberikan memori yang tajam.

1. Minyak Kelapa

Trigliserida Rantai Menengah (MCT) adalah jenis lemak terpenting, yang ditemukan dalam minyak kelapa. MCT dapat membantu meningkatkan kinerja kognitif pada lansia yang menderita penyakit Alzheimer.

Pada tahun 2004, sebuah penelitian dilakukan di mana terlihat bahwa jumlah yang sangat sedikit, hanya 40 ml minyak kelapa ketika dikonsumsi membantu orang dengan masalah yang berkaitan dengan memori.

Di antara mereka yang sudah sehat, MCT bertindak sebagai bahan bakar untuk meningkatkan fungsi kognitif dan kekuatan otak.

2. Telur

Kuning telur mengandung asam lemak omega-3 yang dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif dan kekuatan otak anak-anak. Telur mengandung kolin, yang digunakan otak untuk membuat asetilkolin, dan sebagai neurotransmitter yang dapat meningkatkan komunikasi sel otak dan meningkatkan memori.

3. Teh Hijau

Teh hijau memiliki sifat antioksidan yang menjauhkan radikal bebas dari tubuh. Teh hijau menawarkan banyak manfaat kesehatan. Teh hijau dapat mengurangi kadar lemak dalam tubuh Anda dan juga mengurangi risiko beberapa jenis kanker.

Selain itu, teh hijau mengandung L-theanine, asam amino, yang menciptakan efek menenangkan pada tubuh dengan mengurangi tingkat stres.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa teh hijau dapat meningkatkan kekuatan otak dan membantu menyembuhkan masalah yang berkaitan dengan demensia

4. Kacang

Kacang-kacangan, terutama kacang kenari, sangat bagus untuk kesehatan otak Anda. Kacang-kacangan mengandung DHA yang baik, sejenis asam lemak Omega-3.

DHA diketahui melindungi kesehatan otak bayi yang baru lahir, membantu membuat kinerja kognitif pada orang dewasa menjadi lebih baik.

Selain itu juga meningkatkan atau mencegah penurunan kognitif yang berkaitan dengan usia. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa para ibu yang mendapat cukup DHA memiliki anak yang lebih cerdas.

Hanya mengonsumsi seperempat cangkir kacang kenari bisa memenuhi hampir 100% dari kebutuhan harian DHA.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa orang-orang yang memasukkan minyak kenari atau kenari dalam makanan mereka memiliki tekanan darah yang lebih rendah bahkan terhadap stres.

5. Brokoli

Brokoli adalah makanan enak untuk otak Anda. Kaya akan nutrisi penting seperti Vitamin K, yang dapat membantu meningkatkan kemampuan kognitif. Brokoli mengandung Choline yang dikenal untuk meningkatkan memori.

Orang yang secara teratur mengonsumsi banyak sayuran hijau seperti brokoli diketahui dapat membersihkan tes daya ingat dengan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan mereka yang tidak.

Brokoli mengandung banyak asam folat yang dapat membantu mencegah Alzheimer dan bahkan dapat menahan perasaan depresi.  (Wulan Kurnia Putri)

Artikel ini telah tayang di Tribunpalu.com dengan judul Mudah Lupa? 5 Makanan Ini Bisa Meningkatkan Daya Ingat Kamu,

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×