Anda Mencari Cara Mengeluarkan Dahak? Coba 6 Hal Ini, yuk

Kamis, 23 Desember 2021 | 14:35 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Anda Mencari Cara Mengeluarkan Dahak? Coba 6 Hal Ini, yuk

ILUSTRASI. Mengonsumsi serat yang terkandung di buah-buahan bisa jadi salah satu cara mengeluarkan dahak.


KONTAN.CO.ID - Cara mengeluarkan dahak perlu segera Anda coba supaya sistem pernapasan Anda tidak semakin terganggu. Apabila dahak terus menumpuk, bukan tidak mungkin Anda menjadi kesulitan untuk bernapas.

Risiko iritasi dan infeksi pun menjadi lebih tinggi ketika hal itu terjadi. Secara umum, dahak diproduksi di saluran pernapasan, seperti paru-paru dan tenggorokan.

Nah, ada beberapa faktor yang dapat memicu bertambahnya produksi dahak dalam tubuh. Mulai dari infeksi flu, alergi, asap rokok, hingga masalah kesehatan lain yang lebih serius.

Melansir Medical News Today, cara menghilangkan dahak yang perlu Anda lakukan adalah menjaga udara supaya tetap lembab. Anda bisa meletakkan humidifier di ruangan di mana Anda melakukan aktivitas.

Selain memakai humidifier, masih banyak cara mengeluarkan dahak di paru-paru lainnya yang bisa Anda praktikkan. Namun, jika kondisi Anda tak kunjung membaik dan muncul kondisi lain yang lebih parah, segera periksakan diri ke dokter, ya.

Baca Juga: 5 Manfaat Minum Air Hangat Sebelum Tidur, Bisa Merontokkan Lemak

Pakai minyak kayu putih

Minyak kayu putih bisa dimanfaatkan sebagai cara mengeluarkan dahak di tenggorokan, lo. Selain digunakan bersama humidifier, Anda bisa mengoleskan jenis minyak itu di bagian dada dan leher.

Mandi dengan air hangat yang dicampur minyak kayu putih juga bisa jadi pilihan.

Makan buah

Makan buah termasuk salah satu cara mengeluarkan dahak yang bisa Anda coba. Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi banyak serat yang berasal dari buah mampu menurunkan masalah kesehatan yang berhubungan dengan kemunculan dahak.

Berkumur dengan air garam

Air garam bisa dimanfaatkan sebagai cara mengeluarkan dahak.

Selain mengatasi tenggorokan berdahak, berkumur dengan air garam juga bisa Anda lakukan untuk menghindari iritasi pada saluran pernapasan.

Anda perlu mencampur 1 sdt garam dalam segelas air hangat. Aduk rata lalu gunakan air tersebut untuk berkumur.

Manfaatkan capsaicin

Capsaicin adalah salah satu senyawa yang ada dalam cabai. Fungsi senyawa itu adalah membantu Anda membersihkan dahak yang mengganggu kesehatan tubuh.

Cobalah untuk mengonsumsi makanan yang ditambah dengan cabai. Namun, pastikan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebih, ya.

Baca Juga: 4 Cara mengeluarkan dahak pada bayi ini bisa jadi opsi

Hindari kafein

Supaya kebutuhan cairan tubuh terpenuhi, usahakan untuk tidak mengonsumsi kafein, ya. Kafein dapat memperparah dahak dalam tubuh Anda. Selain kafein, minuman beralkohol juga bisa memberikan efek buruk yang sama.

Minum air putih

Medical News Today menyebutkan, minum air putih termasuk dalam daftar cara mengencerkan dahak yang cukup efektif. Dahak yang lebih encer lebih mudah untuk dikeluarkan sehingga penyumbatan pun dapat Anda hindari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru