Ampuh! Inilah obat nyeri sendi pada lutut

Rabu, 12 Agustus 2020 | 15:00 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Ampuh! Inilah obat nyeri sendi pada lutut

ILUSTRASI. Aktivitas fisik bisa jadi salah satu obat nyeri sendi. KONTAN/ Muradi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Rasa nyeri yang dirasakan pada sendi adalah hal umum yang terjadi, apalagi di bagian lutut Obat nyeri sendi dibutuhkan untuk mengatasi masalah tersebut. Ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang mengalami nyeri sendi.

Mengutip dari Medicalnewstoday.com, nyeri sendi lutut bisa disebabkan karena asthritis atau peradangan sendi yang biasanya terjadi pada orang tua. Selain itu, encok dan keseleo juga bisa jadi penyebab seseorang mengalami nyeri sendi.

Baca Juga: Cara mengurangi nafsu makan dan ngemil, cocok untuk yang sedang diet

Obat nyeri sendi bisa Anda gunakan untuk mengatasi rasa sakit yang tidak terlalu parah. Medical News Today menyebutkan ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

  • Aktivitias Fisik

Obat nyeri sendi yang pertama adalah aktivitas fisik. Medical News Today menyebutkan bahwa aktivitas fisik bisa menghambat munculnya arthritis. The American College of Rheumatology and Arthritis Foundation mengimbau orang-orang untuk melakukan aktivitas fisik.

Anda bisa mencoba bersepeda, jalan, berenang, yoga, dan lain sebagainya. Aktivitas fisik bisa membuat tulang rawan menjadi lebih sehat. Begitu pula dengan kondisi otot Anda bisa jadi lebih sehat.

  • Hindari Obesitas

Seseorang dengan obesitas lebih sering mengalami nyeri sendi di bagian lutut. Berat badan berlebih bisa menyebabkan inflamasi sehingga mengganggu kesehatan sendi. Obat nyeri sendi yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengurangi berat badan serta konsumsi makanan bergizi.

Medical News Today merekomendasikan agar Anda mengonsumsi sayur, buah, atau makanan berserat lainnya dan mengurangi konsumsi daging serta lemak.

Baca Juga: Cara menurunkan berat badan alami yang aman dilakukan

  • Kompres Panas dan Dingin

Obat nyeri sendi selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan memakai kompres panas dan dingin. Kompres panas berfungsi untuk membuat otot menjadi rileks dan mengurangi kaku. Sementara itu, kompres dingin dipakai untuk mengurangi rasa sakit, inflamasi, dan pembengkakan.

Selain cara-cara di atas, essential oil juga bisa digunakan sebagai obat nyeri sendi. Penelitian yang dilakukan pada 2008 menunjukkan bahwa minyak yang terbuat dari jahe meningkatkan fungsi sendi dan meredakan sakit yang terasa.

Editor: Belladina Biananda


Terbaru