Kecantikan & Kebugaran

Alpukat direkomedasikan sebagai makanan untuk diet, apa pilihan lainnya?

Rabu, 20 Januari 2021 | 17:05 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Alpukat direkomedasikan sebagai makanan untuk diet, apa pilihan lainnya?

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Salah satu hal penting yang Anda butuhkan untuk menurunkan berat badan adalah memiliki makanan untuk diet. Ada banyak jenis pilihan makanan yang bisa Anda konsumsi. Tentu saja Anda perlu memerhatikan nutrisi yang terkandung dalam sumber makanan yang Anda pilih.

Usahakan untuk memilih makanan yang mengandung banyak serat. Serat membantu Anda merasa kenyang lebih lama sehingga mencegah Anda dari mengonsumsi makanan berlebih. Artinya, asupan kalori Anda pun dapat berkurang.

Dengan mengonsumsi jenis makanan kaya serat dan diimbangi dengan pola hidup sehat lainnya, target berat badan yang Anda inginkan bisa tercapai dengan lebih mudah. Beberapa makanan yang bisa Anda konsumsi selama menjalankan program diet adalah alpukat, telur, dan lain-lain.

Alpukat

Mengutip dari Eating Well (eatingwell.com), ada banyak kandungan penting yang terdapat dalam alupkat. Mulai dari asam lemak tak jenuh tunggal, serat, kalium, dan lain sebagainya. Mereka yang mengonsumsi alpukat memiliki BMI, berat badan, dan lingkar pinggang yang lebih kecil daripada mereka yang tak mengonsumsinya.

Baca Juga: Cara diet alami bisa pakai 5 cemilan sehat ini

Telur

Telur termasuk dalam makanan untuk diet yang bisa Anda pilih. Selain mengandung banyak vitamin D dan lemak sehat, telur juga mengandung banyak protein yang berguna untuk menurunkan berat badan. Protein berguna untuk mengatur hormon nafsu makan dan membuat Anda kenyang lebih lama.

Yogurt

Yogurt bisa Anda pilih sebagai makanan untuk diet.

Siapa yang suka makan yogurt? Ternyata, produk olahan susu itu cocok dijadikan menu diet sehat, lo. Yogurt mengandung banyak protein, serat, dan probiotik yang bermanfaat untuk bakteri dalam usus dan mampu meningkatkan metaboilisme tubuh.

Sama seperti telur, yogurt mampu menurunkan nafsu makan dan membuat Anda lebih kenyang. Namun, pastikan untuk tidak memakan yogurt dengan pemanis buatan karena kalorinya bisa menambah berat badan. Anda bisa memilih greek yogurt tanpa pemanis supaya program diet bisa sukses.

Baca Juga: Berikut makanan yang ampuh menurunkan tekanan darah tinggi Anda

Salmon

Eating Well merekomendasikan salmon sebagai makanan untuk diet yang bisa Anda pilih. Selain mengandung banyak protein, ikan salmon juga kaya akan asam lemak omega-3 karena mampu membuat Anda merasa lebih kenyang. Cobalah untuk mengonsumsi dua porsi ikan salmon per minggu.

Kacang Almond

Kacang almond termasuk dalam sumber makanan kaya serat dan protein yang cocok dimasukkan dalam program diet. Tak berhenti sampai di situ, kacang almond juga mengandung banyak vitamin E, lemak tak jenuh tunggal, dan lemak tak jenuh ganda yang baik untuk kesehatan jantung.

Selanjutnya: Cari cemilan sehat? 5 buah tinggi serat ini jawabannya

Editor: Belladina Biananda
Terbaru