Tips Sehat

Cari cemilan sehat? 5 buah tinggi serat ini jawabannya

Selasa, 12 Januari 2021 | 08:01 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Cari cemilan sehat? 5 buah tinggi serat ini jawabannya

ILUSTRASI. Mangga termasuk salah satu buah tinggi serat yang cocok dijadikan cemilan sehat.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Apakah Anda sedang berusaha untuk menurunkan berat badan? Jika jawabannya adalah iya, maka Anda perlu mengonsumsi buah tinggi serat sebagai cemilan sehat. Tak hanya berguna selama diet, makan buah juga bisa menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Mengutip dari Byrdie (byrdie.com), wanita membutuhkan 25 g serat per hari dan pria membutuhkan 38 g serat per hari. Namun, masih banyak orang yang tidak memenuhi kebutuhan serat tersebut. Hasilnya, berbagai macam masalah kesehatan muncul, apalagi yang berhubungan dengan sistem pencernaan.

Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan serat adalah dengan makan buah. Tentu saja tiap buah mengandung jumlah serat yang berbeda-beda, tergantung dari kandungan air dan faktor yang lain. Dengan mengonsumsi buah secara rutin, ada banyak manfaat yang terasa pada tubuh Anda.

Selain menurunkan berat badan, serat membantu Anda buang air besar lebih lancar. Tak hanya itu, jumlah gula darah dan kolesterol juga lebih terkontrol dengan mengonsumsi buah. Beberapa jenis buah yang mengandung banyak serat adalah raspberi, mangga, dan lain sebagaiya.

Baca Juga: 5 Sayur dan buah yang banyak mengandung vitamin A

Raspberi

Meski berukuran kecil, raspberi mengandung segudang manfaat yang berasal dari nutrisi yang ada di dalamnya. Tak hanya mengandung banyak serat, jenis buah ini juga memiliki banyak vitamin dan antioksidan. Dalam 100 g raspberi, Anda bisa mendapat sekitar 7 g serat.

Mangga

Buah tinggi serat selanjutnya yang direkomendasikan Byrdie adalah mangga. Anda bisa mendapat 5.4 g serat dari mengonsumsi satu buah mangga. Namun, pastikan untuk tidak mengonsumsinya dengan pemanis tambahan karena jenis buah ini sudah mengandung banyak gula.

Buah Pir

Jenis buah lainnya yang mengandung banyak serat adalah buah pir. Anda bisa mengolahnya menjadi berbagai macam hidangan, salah satunya adalah salad buah. Dari satu buah pir, Anda bisa mendapat sekitar 5.5 g serat sehingga kebutuhan serat harian Anda bisa tercukupi.

Baca Juga: Makanan berserat ini cocok menurunkan berat badan Anda

Jambu Biji

Jambu biji termasuk salah satu buah tinggi serat.

Siapa yang suka mengonsumsi jambu biji? Jenis buah ini termasuk dalam daftar buah tinggi serat karena satu jambu biji mengandung 3 g serat. Sama seperti buah yang lain, Anda bisa mengolah jambu biji menjadi berbagai macam hidangan, salah satunya adalah smoothie.

Apel

Anda bisa mencukupi 20% kebutuhan serat harian dengan mengonsumsi 4.5 g apel. Namun, pastikan untuk mengonsumsi apel bersama dengan kulitnya karena di situlah letak serat terbaiknya berada.

Selanjutnya: 5 Cemilan sehat ini bisa jadi cara diet alami

Editor: Belladina Biananda
Terbaru