Ada Benjolan di Leher Kiri? Bisa Jadi Karena 6 Hal Ini

Sabtu, 15 Januari 2022 | 12:00 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Ada Benjolan di Leher Kiri? Bisa Jadi Karena 6 Hal Ini


KONTAN.CO.ID - Benjolan di leher kiri bisa muncul karena banyak hal. Dengan mengetahui penyebabnya, Anda bisa semakin mudah untuk mengobatinya.

Salah satu penyebab yang umum terjadi adalah masalah pada kelenjar getah bening. Meski ada di seluruh tubuh, benjolan lebih sering muncul di bagian leher, ketiak, dan selangkangan.

Berdasarkan penyebabnya, benjolan muncul dengan tekstur dan ukuran yang beragam.

Tak hanya bisa menimbulkan rasa sakit, benjolan juga dibarengi dengan gejala yang lain. Mulai dari berwarna merah dan terasa hangat hingga mengeluarkan cairan atau nanah.

Selain memerhatikan gejalanya, Anda juga perlu mengetahui faktor penyebab supaya bisa mendapat perawatan yang tepat.

Penyakit autoimun

Selain infeksi, penyakit autoimun juga dapat menyebabkan munculnya benjolan di leher. Beberapa jenis penyakit autoimun yang dimaksud adalah penyakit lupus, rheumatoid arthtritis, dan penyakit grave.

Baca Juga: Tak hanya benjolan, ini gejala awal kanker payudara lainnya

Infeksi

Ada banyak penyebab benjolan di leher kiri yang sebaiknya Anda waspadai.

Mengutip dari Health Grades, infeksi virus dan bakteri adalah penyebab umum munculnya benjolan di leher kiri atau kanan. Kondisi itu dapat muncul karena flu, infeksi telinga, radang amandel, strep throat, dan lain sebagainya.

Kista

Health Grades menyebutkan, benjolan dapat pula muncul akibat kista. Kista merupakan kantung berisi cairan yang muncul di bawah kulit.

Sebagian kista bisa muncul ketika seseorang lahir. Namun, untuk kasus yang lain, kista muncul akibat peradangan atau tumor.

Gigitan serangga

Benjolan di leher kiri juga bisa disebabkan oleh gigitan serangga, lo. Jenis kecelakaan itu menimbulkan hematoma atau penggumpalan darah di satu lokasi saja.

Untuk mengatasinya, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter untuk mendapat obat yang tepat.

Baca Juga: Catat! Ini 7 penjyebab sakit tenggorokan saat malam hari

Tumor dan kanker

Penyebab benjolan di leher selanjutnya yang perlu Anda waspadai adalah tumor dan kanker. Anda perlu melakukan tes biopsi untuk melihat apakah tumor yang menyebabkan benjolan berpotensi sebagai kanker atau tidak.

Penyebab yang lain

Selain beberapa faktor di atas, masih banyak hal lain yang bisa memicu kemunculan benjolan. Alergi terhadap obat, makanan, atau alergen lain bisa menyebabkan masalah kesehatan itu.

Munculnya batu di saluran air liur pun dapat memicu masalah yang sama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru