kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45994,16   -8,36   -0.83%
  • EMAS1.136.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

9 Penyebab Sering Sakit Kepala dan Obat Alami untuk Meredakannya


Kamis, 30 November 2023 / 15:24 WIB
9 Penyebab Sering Sakit Kepala dan Obat Alami untuk Meredakannya
ILUSTRASI. 9 Penyebab Sering Sakit Kepala dan Obat Alami untuk Meredakannya


Penulis: Bimo Kresnomurti

Penyebab Sering Sakit Kepala - JAKARTA. Rasa tidak nyaman timbul dan menjadi pemicu kepala sering pusing. Kondisi ini patut diwaspadai apabila dirasakan berkepanjangan karena bisa berkaitan dengan penyakit tertentu.

Kondisi rasa tidak nyaman pada kepala bisa saja timbul hingga mengganggu aktivitas Anda. Kepala pusing, atau rasa sakit yang berulang menjadi gejala di mana seseorang merasakan sensasi tidak nyaman atau peningkatan tekanan pada kepala.

Kepala pusing bisa bervariasi dari rasa ringan hingga berat, bahkan bisa disertai gejala seperti mual, muntah, peningkatan sensitivitas terhadap cahaya atau suara, dan bahkan kehilangan keseimbangan.

Penting untuk memahami diagnosis Anda sebanyak mungkin, termasuk jenis sakit kepala yang Anda alami dan apa penyebabnya. Ada banyak jenis sakit kepala, tingkat frekuensi dan tingkat keparahannya.

Baca Juga: Bisa Muncul Setiap Hari! Ini Gejala Depresi yang Sering Muncul

Penyebab sering sakit kepala

Pusing saat bangun pagi

Nyeri sakit kepala bisa berkisar dari ringan hingga melumpuhkan. Sakit kepala bisa bersifat episodik atau kronis. Sakit kepala episodik kadang-kadang terjadi. Sakit kepala kronis lebih konsisten yang bisa menyerang selama 15 hari atau lebih dalam sebulan.

Sakit kepala dibagi menjadi dua jenis utama: primer dan sekunder. Sakit kepala primer adalah sakit kepala yang tidak disebabkan oleh kondisi medis lain. Migrain dan sakit kepala tegang adalah yang paling umum.

Sakit kepala sekunder adalah gejala dari masalah kesehatan lain, seperti demam, infeksi, stres, atau cedera kepala.

Berikut adalah beberapa penyebab umum dari sering pusing dirangkum dari laman Scripps Org.

Baca Juga: Selain China, Lonjakan Pneumonia Anak Juga Terjadi di Belanda

1. Lelah mata

Sakit kepala yang Anda alami bisa jadi merupakan gejala gangguan penglihatan. Mencari tahu cara menghilangkan sakit kepala mungkin semudah memperbarui resep kacamata Anda.

Selain itu, rasa tidak nyaman bisa disebabkan oleh paparan layar yang berlebihan seperti ponsel cerdas, TV, dan komputer. Istirahatkan pikiran Anda dengan menambahkan waktu bebas layar ke dalam jadwal Anda.

2. Migrain

Migrain adalah jenis sakit kepala yang dapat menyebabkan pusing berat, sensitivitas terhadap cahaya dan suara, serta mual. Migrain bisa bersifat kronis dan berulang.

3. Vertigo

Vertigo adalah sensasi pusing atau perasaan berputar, sering kali disertai rasa mual dan hilangnya keseimbangan. Ini bisa terkait dengan gangguan keseimbangan di telinga dalam atau sistem saraf pusat.

4. Penyakit Meniere

Ini merupakan suatu kondisi yang memengaruhi telinga dalam dan dapat menyebabkan berbagai gejala, termasuk pusing parah, tinnitus (denging di telinga), hilangnya pendengaran, dan rasa penuh di telinga. Kondisi ini seringkali berkaitan dengan gangguan keseimbangan cairan di dalam telinga, yang dapat memengaruhi fungsi pendengaran dan keseimbangan.

5. Perubahan tekanan darah

Salah satu hal yang menjadi penyebab kepala sering sakit adalah tekanan darah. Perubahan tiba-tiba dalam tekanan darah, baik itu peningkatan atau penurunan, dapat menyebabkan rasa pusing atau bahkan pingsan. Ini menekankan pentingnya menjaga tekanan darah dalam kisaran normal dan menghindari perubahan yang tiba-tiba.

6. Dehidrasi

Kondisi saat kekurangan cairan dalam tubuh, dapat memengaruhi keseimbangan cairan dan elektrolit, menyebabkan kepala pusing dan rasa tidak nyaman. Penting untuk memastikan tubuh tetap terhidrasi dengan baik, terutama saat cuaca panas atau aktivitas fisik yang intens.

7. Stres dan kecemasan

Saat pikiran terlalu banyak maka hal ini dapat menjadi pemicu kepala yang sering sakit. Tingkat stres yang tinggi dapat menyebabkan tubuh mengalami respons fisik, termasuk ketegangan otot dan perubahan dalam sirkulasi darah, yang pada gilirannya dapat menyebabkan kepala pusing.

8. Hipoglikemia

Kondisi kadar gula darah rendah adalah kondisi di mana terjadi penurunan tiba-tiba dalam kadar gula darah. Ini dapat menyebabkan gejala seperti rasa pusing, kelemahan, dan ketidaknyamanan di kepala.

9. Anemia

Kondisi ini disebabkan oleh kekurangan sel darah merah atau hemoglobin dalam darah, dapat mengakibatkan kurangnya oksigen yang dibawa ke otak. Hal ini dapat menyebabkan kepala pusing dan gejala lainnya.

Mengidentifikasi penyebab kepala sering sakit adalah langkah penting untuk menentukan pengobatan atau perubahan gaya hidup yang mungkin diperlukan.

Obat alami sakit kepala

Obat sakit kepala berikut ini bisa efektif dalam meredakan sementara. Sehingga, tidak ada salahnya untuk mencoba langkah mudah berikut dirangkum dari Cigna.

  • Mandi air hangat dapat membantu Anda rileks dan juga mengurangi nyeri otot yang dapat menyebabkan sakit kepala tegang.
  • Tetap terhidrasi dengan minum air. Menambahkan makanan dengan kandungan air tinggi seperti semangka, seledri, dan mentimun ke dalam makanan Anda juga bisa membantu.
  • Meditasi, termasuk duduk dalam posisi nyaman dan mengatur napas hingga merasa rileks, dapat membantu mengurangi ketegangan akibat sakit kepala.
  • Relaksasi otot progresif juga bisa meredakan nyeri. Mulailah memperdalam dan mengatur pernapasan Anda sambil duduk dalam posisi yang nyaman. Tinjau secara mental titik-titik nyeri tubuh Anda, tarik napas dalam-dalam untuk mengendurkan area yang bermasalah tersebut.
  • Dengarkan suara yang menenangkan, termasuk musik atau rekaman suara alam. Irama dan melodi yang lembut dapat membantu memperlambat pernapasan Anda, meningkatkan relaksasi, serta membantu meringankan nyeri atau ketegangan tubuh.

Demikian sederet informasi terkait penyebab sering sakit kepala dan cara untuk meredakannya secara alami.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×