kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

9 Manfaat Vitamin C untuk Kesehatan yang Menakjubkan


Kamis, 02 November 2023 / 12:19 WIB
9 Manfaat Vitamin C untuk Kesehatan yang Menakjubkan
ILUSTRASI. Manfaat Vitamin C


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Vitamin C adalah salah satu jenis vitamin yang larut dalam air dan memiliki peranan penting dalam menangkal berbagai penyakit. Untuk itu, ada sejumlah manfaat vitamin C untuk kesehatan tubuh.

Fungsi vitamin C yang paling populer salah satunya adalah meningkatkan imunitas tubuh dari berbagai macam penyakit. 

Namun, vitamin C tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Oleh karena itu, agar kebutuhan vitamin C tubuh terpenuhi, Anda harus mengonsumsi makanan sumber vitamin C. 

Seperti buah jeruk, tomat, stroberi, jambu biji, maupun bayam. Selain itu, vitamin C juga bisa dikonsumsi dalam bentuk suplemen. 

Tetapi, sumber vitamin C terbaik tentu berasal dari buah dan sayuran. Para ahli kesehatan merekomendasikan asupan vitamin C per hari setidaknya 75 mg untuk wanita 90 mg untuk pria. 

Lantas, apa saja manfaat vitamin C untuk kesehatan? 

Baca Juga: Simak 6 Jenis Serum Wajah untuk Kulit, Apa Saja?

Manfaat vitamin C

Manfaat Vitamin C

Dirangkum dari laman Healthline dan WebMD, berikut adalah manfaat vitamin C untuk kesehatan: 

1. Dapat mengurangi risiko penyakit kronis

Manfaat vitamin C adalah sebagai antioksidan kuat yang dapat memperkuat pertahanan alami tubuh. Antioksidan adalah molekul yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Antioksidan melindungi sel dari molekul berbahaya yang disebut radikal bebas. Ketika radikal bebas menumpuk, dapat meningkatkan keadaan yang dikenal sebagai stres oksidatif, yang telah dikaitkan dengan banyak penyakit kronis.

Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi lebih banyak vitamin C dapat meningkatkan kadar antioksidan darah hingga 30%. Ini membantu pertahanan alami tubuh melawan peradangan.

Sehingga, manfaat vitamin C yakni dapat membantu melindungi tubuh dari sejumlah risiko terkena penyakit kronis. 

Baca Juga: Cek 10 Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan Tubuh, Catat Ya!

2. Mengelola tekanan darah tinggi

Manfaat vitamin C juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi membuat seseorang berisiko terkena penyakit jantung, penyebab utama kematian secara global.

Penelitian telah menunjukkan bahwa manfaat vitamin C dapat membantu menurunkan tekanan darah pada mereka yang memiliki dan tidak memiliki tekanan darah tinggi.

Sebuah penelitian pada hewan menemukan bahwa mengonsumsi suplemen vitamin C membantu mengendurkan pembuluh darah. 

Selain itu, sebuah studi pada manusia juga menemukan bahwa mengonsumsi suplemen vitamin C mengurangi tekanan darah sistolik dan tekanan darah diastolik pada orang dewasa yang sehat.

Baca Juga: Mencegah Batu Ginjal, 10 Manfaat Labu Siam untuk Kesehatan

3. Dapat menurunkan risiko penyakit jantung

Manfaat vitamin C juga menurunkan risiko terkena penyakit jantung. Penyakit jantung adalah penyebab utama kematian di seluruh dunia. 

Banyak faktor yang meningkatkan risiko penyakit jantung, termasuk tekanan darah tinggi dan tingginya kadar kolesterol jahat atau kolesterol LDL. 

Manfaat vitamin C dapat membantu mengurangi faktor risiko ini, yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Sebuah studi menemukan bahwa mengonsumsi setidaknya 500 mg vitamin C setiap hari dapat mengurangi risiko penyakit jantung. 

Namun, jika sudah mengonsumsi makanan kaya vitamin C, suplemen mungkin tidak memberikan manfaat tambahan bagi kesehatan jantung.

4. Membantu mencegah serangan asam urat

Manfaat vitamin C juga dapat membantu mencegah serangan asam urat. Gejala asam urat yakni rasa sakit pada persendian terutama pada jempol kaki.

Gejala asam urat muncul ketika terlalu banyak asam urat dalam darah. Asam urat adalah produk limbah yang diproduksi oleh tubuh. 

Jika asam urat dalam tubuh tinggi, maka dapat mengkristal dan mengendap di persendian. Beberapa studi menemukan bahwa fungsi vitamin C dapat membantu mengurangi asam urat dalam darah. 

Sehingga, dapat mengurangi frekuensi munculnya gejala asam urat. Sebuah studi menemukan bahwa orang yang rutin mengonsumsi suplemen vitamin C memiliki risiko asam urat 44% lebih rendah.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Air Kelapa Bisa Menurunkan Gula Darah Tinggi

5. Membantu mencegah kekurangan zat besi

Manfaat vitamin C juga bisa membantu mencegah tubuh kekurangan zat besi. Zat besi adalah nutrisi penting yang memiliki berbagai fungsi dalam tubuh.

Manfaat vitamin C dapat membantu meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan. Fungsi vitamin C juga bisa membantu mengubah zat besi yang sulit diserap, seperti sumber zat besi nabati, menjadi bentuk yang lebih mudah diserap.

Vitamin C sangat berguna bagi orang-orang yang menjalani diet tanpa daging, karena daging merupakan sumber utama zat besi.

6. Meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat vitamin C yang utama adalah meningkatkan kekebalan tubuh. Sebab, vitamin C terlibat dalam banyak bagian dalam sistem kekebalan tubuh.

Pertama, fungsi vitamin C membantu mendorong produksi sel darah putih yang dikenal sebagai limfosit dan fagosit, yang membantu melindungi tubuh dari infeksi.

Kedua, manfaat vitamin C membantu sel darah putih berfungsi lebih efektif sekaligus melindunginya dari kerusakan oleh molekul yang berpotensi berbahaya, seperti radikal bebas.

Ketiga, vitamin C adalah dapat bertindak sebagai antioksidan dan membantu melindungi kulit dari radikal bebas. Sebuah studi juga menunjukkan bahwa mengonsumsi vitamin C dapat mempersingkat waktu penyembuhan luka.

Baca Juga: Simak 10 Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan yang Menarik Diketahui

7. Melindungi otak dari gejala demensia

Terakhir, manfaat vitamin C juga bisa melindungi otak dari gejala demensia. Demensia adalah penyakit yang menyebabkan penurunan daya ingat dan cara berpikir. 

Studi menunjukkan bahwa stres oksidatif dan peradangan di dekat otak, tulang belakang, dan saraf dapat meningkatkan risiko demensia.

Vitamin C adalah antioksidan kuat. Rendahnya kadar vitamin ini telah dikaitkan dengan gangguan kemampuan berpikir dan mengingat. Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa penderita demensia mungkin memiliki kadar vitamin C dalam darah yang lebih rendah.

Selain itu, asupan vitamin C yang tinggi dari makanan atau suplemen telah terbukti memiliki efek perlindungan pada kemampuan berpikir dan mengingat yang menurun seiring bertambahnya usia.

Jadi, fungsi vitamin C dapat membantu melawan kondisi seperti demensia. 

Baca Juga: Ini 9 Makanan untuk Memperlancar Sirkulasi Darah dan Cegah Penyumbatan

8. Mencegah terkena risiko penyakit stroke 

Dapat mencegah terkena risiko penyakit stroke adalah salah satu manfaat vitamin C untuk kesehatan. 

Sebuah studi di American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa konsentrasi vitamin C yang tinggi dalam darah dikaitkan dengan risiko stroke 42% lebih rendah. 

Meski kaitannya belum terlalu jelas, namun yang jelas orang yang banyak mengonsumsi buah dan sayur memiliki kadar vitamin C dalam darah yang lebih tinggi.

Baca Juga: Selain Kentang, Sayuran Ini Melumpuhkan Asam Urat Tinggi

9. Manfaat vitamin C untuk kulit 

Manfaat vitamin C untuk kulit juga bisa memperlambat proses penuaan kulit. 

Sebuah penelitian di American Journal of Clinical Nutrition meneliti hubungan antara asupan nutrisi dan penuaan kulit pada 4.025 wanita berusia 40-74 tahun.

Hasilnya, asupan vitamin C yang lebih tinggi dikaitkan dengan kemungkinan lebih rendahnya munculnya kerutan dan kulit kering. 

Itulah sederet manfaat vitamin C yang sangat luar biasa bagi kesehatan tubuh. Pastikan makanan yang Anda konsumsi sehari-hari memiliki kandungan vitamin C, terutama dari buah dan sayuran. 

Selanjutnya: Ini 6 Manfaat Daun Nangka untuk Kesehatan Kulit hingga Cegah Penyakit Jantung

Menarik Dibaca: 4 Cara Memilih Produk Eksfoliasi yang Cocok dengan Jenis Kulit, Cobain!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×