kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 9 Makanan untuk Memperlancar Sirkulasi Darah dan Cegah Penyumbatan


Rabu, 01 November 2023 / 13:21 WIB
Ini 9 Makanan untuk Memperlancar Sirkulasi Darah dan Cegah Penyumbatan
ILUSTRASI. Ini 9 Makanan untuk Memperlancar Sirkulasi Darah dan Cegah Penyumbatan


Penulis: Bimo Kresnomurti

Makanan untuk Memperlancar Sirkulasi Darah - JAKARTA. Kenali daftar makanan untuk memperlancar peredaran darah. Kondisi tubuh tentu dipengaruhi bagaimana darah dipompa dengan baik ke seluruh tubuh.

Sirkulasi yang buruk adalah masalah umum yang disebabkan oleh berbagai kondisi, seperti penyakit arteri perifer (PAD), diabetes, obesitas, merokok, dan penyakit Raynaud.

Aliran darah yang rendah dapat menyebabkan nyeri, kram otot, mati rasa, masalah pencernaan, dan rasa dingin pada tangan dan kaki.

Nah, aliran darah yang sehat adalah penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan karena darah membawa oksigen, nutrisi, dan hormon ke seluruh bagian tubuh.

Baca Juga: Ini 5 Makanan Rendah Garam atau Natrium untuk Penderita Hipertensi

Nutrisi untuk kesehatan peredaran darah

Tekanan darah rendah

Beberapa nutrisi yang dapat membantu menjaga kesehatan aliran darah meliputi:

  • Omega-3 Asam Lemak: Omega-3 asam lemak memiliki efek positif pada kesehatan aliran darah. Mereka dapat membantu mengurangi peradangan dalam pembuluh darah, menjaga fleksibilitas pembuluh darah, dan mengurangi risiko penyumbatan.
  • Vitamin K: Vitamin K diperlukan untuk pembekuan darah yang tepat dan menjaga pembuluh darah tetap sehat.
  • Vitamin D: Vitamin D berperan dalam regulasi tekanan darah dan fungsi pembuluh darah.
  • Vitamin C: Vitamin C adalah antioksidan yang membantu menjaga dinding pembuluh darah tetap kuat dan elastis.
  • Magnesium: Magnesium berperan dalam relaksasi otot dan pembuluh darah, dan juga membantu mengatur tekanan darah.
  • Kalium: Kalium membantu dalam kontraksi otot, termasuk jantung, dan juga membantu menjaga tekanan darah dalam kisaran yang sehat.

Masalah peredaran darah sering kali dapat diatasi dengan pengobatan, namun mengonsumsi makanan tertentu juga dapat membantu mengoptimalkan aliran darah.

Makanan untuk memperlancar sirkulasi darah

Catat sederet makanan terbaik untuk membantu meningkatkan aliran dan sirkulasi darah di tubuh dilansir dari laman Carolina Vein.

1. Jus Delima

Nah, Anda bisa memilih opsi minuman yang menyegarkan seperti jus buah delima. Minuman ini kaya akan antioksidan yang membantu membuka pembuluh darah agar lebih banyak darah mengalir.

Kandungan antioksidan dari buah Delima juga dikenal untuk menjaga arteri agar tidak kaku dan tebal.

2. Bawang putih

Tak disangka, salah satu bahan makanan seperti sumber antioksidan flavonoid yang sangat baik adalah bawang putih. Bawang bermanfaat bagi kesehatan jantung dan sirkulasi dengan membantu arteri dan vena melebar ketika aliran darah meningkat.

3. Ikan berlemak

Pola makan kaya ikan yang rendah lemak jenuh dan tinggi asam lemak Omega-3 telah dikaitkan dengan peningkatan aliran darah dan penurunan risiko serangan jantung dan stroke.

4. Buah Bit

Bit kaya akan bahan kimia alami yang disebut nitrat. Melalui reaksi berantai, tubuh mengubah nitrat ini menjadi oksida nitrat, bahan kimia yang membantu meningkatkan aliran darah dan tekanan darah.

5. Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau mengencerkan darah dan membantu sirkulasi oksigen ke seluruh tubuh dengan lebih efisien. Selain itu zat besi juga membantu dan menyehatkan jantung sekaligus mengurangi risiko gagal jantung.

6. Buah jeruk

Konsumsi buah jeruk yang kaya akan flavonoid seperti jeruk, lemon, dan grapefruit dapat mengurangi peradangan di tubuh Anda, yang dapat mengurangi tekanan darah dan kekakuan di arteri sekaligus meningkatkan aliran darah.

Buah Semangka juga dapat meningkatkan aliran darah karena mengandung likopen, antioksidan alami yang dikaitkan dengan peningkatan sirkulasi. 

7. Kacang Kenari

Anda bisa memilih makanan untuk kesehatan perederan darah adalah kacang kenari. Jenis kacang-kacangan seperti kenari dan almond membantu meningkatkan sirkulasi dengan mengurangi peradangan dan kerusakan oksidatif di arteri.

8. Tomat

Kandungan Lycopene dalam tomat dapat melindungi terhadap penyakit kardiovaskular. Vitamin K dalam tomat membantu mengontrol pendarahan dan pembekuan darah serta meningkatkan sirkulasi.

9. Buah beri

Terakhir, kelompok buah beri seperti blueberry dan stroberi mengandung flavonoid yang membantu melebarkan arteri, mengurangi penumpukan plak, dan meningkatkan aliran darah.

Itulah sederet daftar makanan untuk memperlancar peredaran darah yang wajib Anda konsumsi untuk kesehatan pembuluh darah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×