kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.315.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

9 Manfaat Kulit Manggis untuk Kesehatan dan Wanita yang Jarang Diketahui


Kamis, 08 Juni 2023 / 11:29 WIB
9 Manfaat Kulit Manggis untuk Kesehatan dan Wanita yang Jarang Diketahui
ILUSTRASI. Manfaat kulit manggis bisa sebagai sumber antioksidan yang dapat melawan berbagai penyakit.


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Manggis adalah tanaman asli Asia Tenggara yang mendapat julukan sebagai ratu buah atau queen of fruits. Sebab, tidak hanya dagingnya saja yang berkhasiat namun juga ada sejumlah manfaat kulit manggis untuk kesehatan. 

Salah satu senyawa yang terkenal dalam kulit manggis adalah xanthone. Xanthone adalah keluarga fitonutrien yang kaya akan antioksidan. 

Kadar antioksidan pada manggis bahkan disinyalir lebih tinggi daripada vitamin C dan E. Manfaat kulit manggis untuk kesehatan salah satunya berasal dari kandungan xanthone yang telah terbukti memiliki sifat antibakteri. 

Lantas, apa saja manfaat kulit manggis untuk kesehatan?

Baca Juga: 7 Khasiat Buah Manggis Untuk Kesehatan Tubuh Jika Rajin Dikonsumsi  

Manfaat kulit manggis 

Dirangkum dari buku "Mengenal Kulit Manggis: Khasiat dan Penggunaan untuk Kesehatan" (2023) dan "Ramuan & Khasiat Kulit Manggis" (2011), berikut manfaat kulit manggis untuk kesehatan:

1. Sumber antioksidan 

Manfaat kulit manggis bisa sebagai sumber antioksidan yang dapat melawan berbagai penyakit. Kulit manggis mengandung senyawa xanthone, mangostin, garsinone, flavonoid, dan tanin yang merupakan senyawa bioaktif fenolik. 

Senyawa-senyawa itu diduga berperan dalam menentukan jumlah antioksidan di manggis. Kulit buah manggis yang mengandung senyawa xanthone memiliki fungsi antioksidan tinggi sehingga dapat menetralkan dan menghancurkan radikal bebas yang memicu munculnya penyakit degeneratif seperti kanker, jantung, arthritis, katarak, dan diabetes melitus. 

Baca Juga: 7 Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan, Yuk Simak!

2. Mengatasi inflamasi dan infeksi 

Manfaat kulit manggis untuk kesehatan juga bisa mengatasi inflamasi dan infeksi. Hal ini karena kulit manggis mengandung senyawa xanthone yang memiliki sifat seperti alpha-mangostin dan gamma-mangostin. 

Senyawa ini memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-mikroba yang dapat membantu meredakan peradangan dan mencegah pertumbuhan bakteri, virus, jamur. 

Baca Juga: Bisa Kontrol Gula Darah, Ini 8 Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan

Beberapa studi juga menunjukkan bahwa konsumsi ekstrak kulit manggis dapat membantu mengurangi gejala inflamasi pada kondisi tertentu, seperti arthritis, colitis, dan dermatitis. 

Namun, perlu diingat bahwa kulit manggis tidak dapat digunakan sebagai pengganti obat-obatan dan pengobatan yang tepat harus selalu dikonsultasikan dengan dokter. 

Baca Juga: Penderita Diabetes Cemas Gula Darah Tinggi di Pagi Hari, Ini Cara Ampuh Menurunkannya

3. Melancarkan sistem pencernaan 

Manfaat kulit manggis juga bisa melancarkan sistem pencernaan. Kulit manggis mengandung mangostin. Mangostin adalah hasil isolasi dari aktivitas antioksidan dan antimikroba. 

Zat ini berkhasiat untuk menetralkan asam lambung dan membunuh bakteri-bakteri yang mengganggu sistem pencernaan. 

Baca Juga: Bisa Kontrol Gula Darah, Ini 8 Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan

4. Melancarkan menstruasi 

Manfaat kulit manggis untuk wanita juga bisa melancarkan siklus menstruasi. Selain itu, kulit manggis juga meringankan gejala tidak nyaman yang sering muncul sebelum menstruasi. 

5. Mencegah penuaan dini 

Kandungan antioksidan dalam kulit manggis dapat membantu mengurangi kerusakan sel kulit akibat radikal bebas dan paparan sinar UV. Hal ini membantu mencegah penuaan dini pada kulit. 

Baca Juga: Penderita Diabetes Cemas Gula Darah Tinggi di Pagi Hari, Ini Cara Ampuh Menurunkannya

6. Mengatasi jerawat

Manfaat kulit manggis juga bisa membantu mengatasi jerawat karena kandungan anti-inflamasi dalam kulit manggis dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit akibat jerawat. 

Sehingga membantu mengurangi kemunculan jerawat dan mempercepat proses penyembuhannya. 

7. Mencerahkan kulit 

Manfaat kulit manggis juga bisa mencerahkan kulit. Kulit manggis mengandung senyawa yang dapat membantu mencerahkan kulit, sehingga cocok digunakan sebagai bahan alami untuk perawatan kulit. 

Baca Juga: 6 Manfaat Buah Kecapi Untuk Kesehatan Tubuh, Jarang Diketahui!

8. Menjaga kelembapan kulit

Manfaat kulit manggis untuk wanita salah satunya bisa menjaga kelembapan kulit. Senyawa dalam kulit manggis juga dapat membantu menjaga kelembapan kulit sehingga kulit terlihat lebih sehat dan terhidrasi dengan baik. 

9. Mencegah keriput 

Manfaat kulit manggis juga bisa mencegah keriput. Kandungan antioksidan dalam kulit manggis dapat membantu mencegah kerusakan sel kulit akibat radikal bebas, sehingga membantu mencegah munculnya keriput pada kulit. 

Demikian sejumlah manfaat kulit manggis untuk kesehatan dan manfaat kulit manggis untuk wanita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×