kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45992,69   1,09   0.11%
  • EMAS1.132.000 -0,26%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bisa Kontrol Gula Darah, Ini 8 Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan


Sabtu, 15 April 2023 / 12:20 WIB
Bisa Kontrol Gula Darah, Ini 8 Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Ada banyak sekali manfaat buah manggis bagi kesehatan tubuh. Buah dengan nama latin Garcinia mangostana ini adalah buah yang hanya bisa tumbuh di daerah tropis. 

Manggis adalah buah eksotis dengan rasa sedikit manis dan asam. Manggis merupakan buah asli dari Asia Tenggara, namun saat ini sudah menyebar ke berbagai negara tropis lainnya.

manBaca Juga: Menyegarkan! Ini 8 Manfaat Buah Jambu Air Untuk Kesehatan Tubuh

Buahnya kadang-kadang disebut sebagai buah ungu karena warna kulitnya yang ungu tua dan akan semakin gelap saat matang. Sebaliknya, daging bagian dalam yang berair berwarna putih cerah.

Manfaat manggis sangat beragam. Khasiat manggis yakni sebagai sumber pangan kaya nutrisi, serat, dan kaya antioksidan. 

Baca Juga: 6 Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan yang Tidak Terduga, Wajib Tahu!

Kandungan nutrisi buah manggis 

Khasiat manggis adalah buahnya yang relatif rendah kalori namun menyediakan banyak nutrisi penting.

Khasiat manggis adalah buahnya yang relatif rendah kalori namun menyediakan banyak nutrisi penting. Satu porsi buah manggis atau setara 196 gram buah manggis yang sudah dikeringkan mengandung:

  • Kalori: 143
  • Karbohidrat: 35 gram
  • Serat: 3,5 gram
  • Lemak: 1 gram
  • Protein: 1 gram
  • Vitamin C: 9% dari Referensi Asupan Harian (RDI)
  • Vitamin B9 (folat): 15% dari RDI
  • Vitamin B1 (tiamin): 7% dari RDI
  • Vitamin B2 (riboflavin): 6% dari RDI
  • Mangan: 10% dari RDI
  • Tembaga: 7% dari RDI
  • Magnesium: 6% dari RDI

Manfaat manggis juga kaya akan vitamin dan mineral penting untuk menjaga banyak fungsi tubuh, termasuk produksi DNA, kontraksi otot, penyembuhan luka, kekebalan, dan kesehatan saraf.

Baca Juga: 6 Manfaat Jamur untuk Kecantikan Kulit, Bisa Mengurangi Tanda-Tanda Penuaan Lho

Manfaat buah manggis

Manfaat manggis selanjutnya adalah memiliki efek antikanker.

Berikut ini 8 manfaat manggis bagi kesehatan sebagaimana dilansir dari Healthline:

1. Kaya akan antioksidan

Salah satu keunggulan dari manfaat manggis dibandingkan buah lainnya adalah profil antioksidannya yang unik.

Antioksidan adalah senyawa yang dapat mencegah kerusakan sel dari radikal bebas, yang dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis.

Baca Juga: Enak Banget Nih, Ini 4 Rekomendasi Jajanan Sehat untuk Berbuka Puasa

Manggis mengandung beberapa nutrisi seperti vitamin C dan folat. Selain itu, manggis menyediakan xanthone, jenis senyawa tumbuhan unik yang dikenal memiliki sifat antioksidan kuat.

Dalam beberapa penelitian, aktivitas antioksidan xanthone menghasilkan efek anti inflamasi, anti kanker, anti penuaan, dan anti diabetes.

Baca Juga: Moms, Anda Bisa Atasi Sariawan yang Mengganggu dengan 5 Buah Ini

2. Memiliki sifat anti-peradangan

Xanthone yang ditemukan dalam manggis dapat berperan dalam mengurangi peradangan.

Penelitian pada tabung reaksi dan hewan menunjukkan bahwa xanthone memiliki efek anti-inflamasi dan dapat mengurangi risiko penyakit kanker, jantung, dan diabetes.

Baca Juga: Sedang Sakit Kepala? Konsumsi 5 Buah Ini untuk Meredakan Sakit Kepala

Manggis juga kaya akan serat yang menawarkan berbagai manfaat. Misalnya, beberapa penelitian pada hewan menunjukkan bahwa diet tinggi serat dapat membantu mengurangi respons peradangan tubuh.

Namun, masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk lebih memahami cara kerja manggis memengaruhi peradangan dan menyembuhkan penyakit pada manusia.

Baca Juga: Moms, Anda Bisa Atasi Sariawan yang Mengganggu dengan 5 Buah Ini

3. Memiliki efek antikanker

Manfaat manggis selanjutnya adalah memiliki efek antikanker. Studi pada beberapa orang menunjukkan bahwa pola makan yang kaya sayuran dan buah-buahan seperti manggis dikaitkan dengan penurunan risiko kanker. 

Senyawa tumbuhan tertentu dalam manggis, termasuk xanthone, memiliki efek antioksidan dan antiradang, yang dapat membantu melawan perkembangan dan penyebaran sel kanker.

Baca Juga: 5 Manfaat Daging Ayam Untuk Kesehatan Tubuh yang Teruji Klinis, Catat!

Berbagai penelitian tabung reaksi mengungkapkan bahwa manfaat manggis, terutama xanthone dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, termasuk di jaringan payudara, perut, dan paru-paru.

Selain itu, studi juga menyebutkan bahwa senyawa ini dapat memperlambat perkembangan kanker usus besar dan payudara pada tikus.

Baca Juga: 5 Manfaat Kolang Kaling untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui, Penasaran?

4. Penurunan berat badan

Manfaat manggis berikutnya adalah dapat membantu menurunkan berat badan. Satu studi menemukan bahwa tikus obesitas mengalami penurunan berat badan setelah mengonsumsi manggis dengan dosis tertentu. 

Selain itu, dalam studi kecil selama 8 minggu, orang yang mengonsumsi jus manggis dua kali sehari cenderung memiliki indeks massa tubuh (BMI) yang lebih rendah daripada kelompok lainnya.

Studi tambahan tentang khasiat manggis dan obesitas sebenarnya masih terbatas, tetapi para ahli berteori bahwa efek antiinflamasi buah manggis berperan dalam meningkatkan metabolisme lemak dan mencegah penambahan berat badan.

Baca Juga: Kenali Manfaat Kulit Manggis untuk Kesehatan Tubuh, Cari Tahu yuk

5. Mengontrol gula darah 

Manfaat manggis berikutnya adalah membantu mengontrol gula darah.

Sebuah studi dalam tabung reaksi dan hewan menunjukkan bahwa senyawa xanthone dalam manggis dapat membantu menjaga kadar gula darah yang sehat.

Baca Juga: 3 Jenis Deodorant Bisa Jadi Alternatif Pilihan Anda, Tertarik Coba?

Sebuah studi pada wanita obesitas selama 26 minggu yang mengonsumsi 400 mg ekstrak manggis setiap hari juga mengalami penurunan resistensi insulin yang signifikan, faktor risiko diabetes, dibandingkan dengan kelompok lain.

Manfaat buah manggis lainnya adalah sumber serat yang baik. Serat dibutuhkan untuk membantu menstabilkan gula darah dan mengendalikan diabetes.

Kombinasi kandungan xanthone dan serat pada manggis dapat membantu menyeimbangkan gula darah. Namun, diperlukan lebih banyak penelitian.

Baca Juga: 5 Manfaat Kolang Kaling untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui, Penasaran?

6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang sehat

Manfaat manggis berikutnya adalah membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Serat dan vitamin C yang ditemukan pada manggis sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat.

Serat dapat membantu kerja bakteri baik dalam usus. Selain itu, vitamin C juga dibutuhkan tubuh untuk fungsi berbagai sel kekebalan dan memiliki sifat antioksidan.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa dalam manggis mungkin memiliki sifat antibakteri. Hal ini bermanfaat bagi kesehatan kekebalan tubuh. 

Baca Juga: 8 Manfaat Terong Belanda Untuk Kesehatan Tubuh, Simak Ya!

7. Membantu menjaga kesehatan kulit

Manfaat manggis juga bisa membantu menjaga kesehatan kulit. Kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari adalah kejadian umum di seluruh dunia dan merupakan penyumbang utama kanker kulit dan tanda-tanda penuaan.

Sebuah studi pada tikus yang diobati dengan ekstrak manggis mengamati efek perlindungan terhadap radiasi ultraviolet-B (UVB) di kulit.

Baca Juga: 7 Manfaat Buah Manggis yang Teruji Klinis,Harap Dicatat!

Sebuah studi kecil selama 3 bulan pada manusia juga menemukan bahwa orang yang mengonsumsi 100 mg ekstrak manggis setiap hari mengalami elastisitas kulit.

Para peneliti menegaskan bahwa adanya antioksidan dan anti-inflamasi pada manfaat manggis adalah alasan utama untuk efek perlindungan kulit ini. Namun, masih diperlukan lebih banyak penelitian mengenai hal ini. 

Baca Juga: Kenali 5 Efek Samping Kol Goreng Untuk Kesehatan Tubuh yang Perlu Diwaspadai

8. Kesehatan otak

Manfaat manggis juga bisa membantu menjaga kesehatan otak. Studi menunjukkan bahwa ekstrak manggis membantu mencegah penurunan mental, mengurangi peradangan otak, dan memperbaiki gejala depresi pada tikus. 

Namun, penelitian pada manusia di bidang ini masih kurang.

Itulah sederet manfaat buah manggis yang sudah banyak dibuktikan melalui serangkaian penelitian. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM) Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×