kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.345.000 -0,88%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

9 Manfaat Kapulaga untuk Kesehatan yang Sudah Dibuktikan, Termasuk Atasi Hipertensi!


Kamis, 04 Mei 2023 / 05:06 WIB
9 Manfaat Kapulaga untuk Kesehatan yang Sudah Dibuktikan, Termasuk Atasi Hipertensi!
ILUSTRASI. Manfaat kapulaga adalah kaya akan senyawa yang dapat melawan peradangan.


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Kapulaga adalah rempah-rempah dengan rasa yang kuat dan sedikit manis. Namun, ternyata ada banyak sekali manfaat kapulaga untuk kesehatan. Selain itu, khasiat kapulaga cukup beragam. 

Kapulaga berasal dari India, tetapi kini telah menyebar di seluruh dunia, terutama daerah tropis. Di Indonesia, setiap daerah punya penyebutan masing-masing untuk kapulaga. 

kapulaBaca Juga: Ayo Kenali 5 Manfaat Paprika Untuk Kesehatan Tubuh yang Tidak Terduga

Di Sumatera, kapulaga disebut dengan palago, puwart di Sumatera Barat, kapol di Jawa Barat, karkola di Bali, Geridimang di Sulawesi. Sementara dalam Bahasa Inggris, disebut cardamom.

Manfaat kapulaga salah satunya digunakan sebagai rempah untuk memberikan rasa manis dan gurih. Biji, minyak, dan ekstrak kapulaga dianggap memiliki khasiat obat yang mengesankan dan telah digunakan dalam pengobatan tradisional selama berabad-abad.

Ada segudang khasiat kapulaga, terutama terkait pengobatan herbal. Lantas, apa saja manfaat kapulaga untuk kesehatan? 

Baca Juga: 5 Obat Penurun Tekanan Darah Tinggi yang Ampuh, Apa Saja?

Manfaat kapulaga untuk kesehatan 

Manfaat kapulaga yang pertama yakni membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Nah, berikut ini sederet manfaat kapulaga untuk kesehatan sebagaimana dilansir dari laman Healthline:

1. Sifat antioksidan dan penurun tekanan darah

Manfaat kapulaga yang pertama yakni membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Dalam sebuah penelitian, para peneliti memberikan tiga gram bubuk kapulaga sehari kepada 20 orang dewasa yang didiagnosis menderita tekanan darah tinggi. 

Baca Juga: Cara Minum Ramuan Penurun Kolesterol, Apa Saja Ciri-Ciri Kolesterol Usia Muda?

Setelah 12 minggu, tingkat tekanan darah menurun secara signifikan ke kisaran normal. Hasil yang menjanjikan dari penelitian ini mungkin terkait dengan tingginya tingkat antioksidan dalam khasiat kapulaga. 

Para peneliti juga menduga bahwa rempah-rempah dapat menurunkan tekanan darah karena efek diuretiknya. Diuretik adalah efek mendorong buang air kecil untuk membuang air yang menumpuk di tubuh. 

Ekstrak kapulaga telah terbukti meningkatkan buang air kecil dan menurunkan tekanan darah pada tikus.

Baca Juga: Cara Membuat Ramuan Penurun Kolesterol Menurut Ahlinya, Cek Ciri-Ciri Kolesterol

2. Penangkal kanker

Manfaat kapulaga untuk kesehatan juga bisa sebagai penangkal kanker. Senyawa dalam kapulaga dapat membantu melawan sel kanker. 

Studi pada tikus menunjukkan bahwa bubuk kapulaga dapat meningkatkan aktivitas enzim tertentu yang membantu melawan kanker.

Baca Juga: Ciri-Ciri Kolesterol Usia Muda, Simak Saran Dokter untuk Ramuan Penurun Kolesterol

Penelitian pada sel kanker manusia dan kapulaga menunjukkan hasil yang serupa. Satu studi menunjukkan bahwa senyawa tertentu dalam kapulaga menghentikan perkembangbiakan sel kanker mulut dalam tabung reaksi. 

Meski hasilnya menjanjikan, penelitian ini hanya dilakukan pada tikus atau dalam tabung reaksi. Masih diperlukan penelitian lebih lanjut pada manusia terkait manfaat kapulaga. 

Baca Juga: Saran Para Ahli untuk Minum Ramuan Herbal agar Efektif Menurunkan Kolesterol Tinggi

3. Anti-peradangan

Manfaat kapulaga adalah kaya akan senyawa yang dapat melawan peradangan. Peradangan terjadi ketika tubuh terkena zat asing. 

Peradangan memang diperlukan dan bermanfaat bagi tubuh, tetapi peradangan jangka panjang dapat menyebabkan penyakit kronis.

Baca Juga: ​6 Menu Khas Lebaran dari Beberapa Negara di Dunia

Sementara itu, antioksidan yang ditemukan dalam khasiat kapulaga dapat melindungi sel dari kerusakan dan menghentikan terjadinya peradangan.

Sebuah studi pada tikus menunjukkan bahwa makan bubuk kapulaga menurunkan peradangan hati yang disebabkan oleh konsumsi makanan tinggi karbohidrat dan lemak.

Baca Juga: Meningkatkan Kesuburan Laki-Laki dan Perempuan, Ini Manfaat Susu Kurma

4. Membantu masalah pencernaan

Manfaat kapulaga juga bisa membantu mengatasi masalah pencernaan. Kapulaga telah digunakan selama ribuan tahun untuk membantu masalah pencernaan. 

Kapulaga sering dicampur dengan obat lain untuk menghilangkan rasa tidak nyaman, mual dan muntah.

Baca Juga: Hipertensi Bisa Dijinakkan dengan Obat Herbal, Ini 10 Bahan Alami yang Bisa Dilirik

Manfaat kapulaga juga dikaitkan dengan dengan obat untuk meredakan masalah perut, termasuk kemungkinan kemampuannya untuk menyembuhkan bisul.

Penelitian tabung reaksi juga menunjukkan bahwa manfaat kapulaga untuk kesehatan dapat melindungi dari Helicobacter pylori, bakteri yang terkait dengan perkembangan sebagian besar masalah tukak lambung.

Baca Juga: Wajib Tersedia, Inilah 5 Bumbu Dasar Siap Pakai untuk Menghemat Waktu Masak

Manfaat kapulaga juga bisa berguna untuk mengobati bau mulut dan gigi berlubang.

5. Obat bau mulut dan gigi berlubang

Manfaat kapulaga juga bisa berguna untuk mengobati bau mulut dan gigi berlubang. Penggunaan kapulaga untuk mengobati bau mulut dan meningkatkan kesehatan mulut termasuk dalam pengobatan kuno.

Bahkan, produsen permen karet ada yang menggunakan manfaat kapulaga tersebut di produknya. Hal ini terkait dengan zat dalam kapulaga yang mampu melawan bakteri di mulut. 

Satu studi menemukan bahwa ekstrak kapulaga efektif melawan lima bakteri penyebab gigi berlubang. Dalam beberapa kasus tabung reaksi, ekstrak kapulaga mencegah pertumbuhan bakteri.

Baca Juga: 10 Bahan Alami untuk Obati Hipertensi, Tak Perlu Pergi ke Apotek

6. Anti-bakteri dan obat infeksi

Khasiat kapulaga juga memiliki efek antibakteri dan dapat mengobati infeksi. Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak kapulaga dan minyak atsiri memiliki senyawa yang melawan beberapa jenis bakteri.

Penelitian tabung reaksi menemukan bahwa minyak atsiri dan ekstrak kapulaga efektif melawan E. coli dan Staphylococcus, bakteri yang dapat menyebabkan keracunan makanan.

Studi tabung reaksi juga menunjukkan bahwa minyak esensial kapulaga dapat melawan bakteri Salmonella yang menyebabkan keracunan makanan dan Campylobacter yang berkontribusi terhadap peradangan lambung.

Baca Juga: 2 Resep Hidangan Natal Gingerbread Man Cookies, si Kue Jahe Imut yang Berbentuk Orang

7. Dapat memperlancar pernapasan

Manfaat kapulaga untuk kesehatan juga bisa membantu memperlancar pernapasan. Senyawa dalam kapulaga dapat membantu meningkatkan aliran udara ke paru-paru dan meningkatkan pernapasan.

Manfaat kapulaga untuk pernafasan tersebut kemungkinan sangat membantu untuk mengobati asma. Sebuah studi pada tikus dan kelinci menemukan bahwa suntikan ekstrak kapulaga dapat mengendurkan saluran pernafasan. 

Baca Juga: Selain Merica, Ini Bumbu Masak yang Efektif Melumpuhkan Asam Urat Tinggi

8. Dapat menurunkan gula darah

Manfaat kapulaga juga bisa membantu menurunkan gula darah. Jika dikonsumsi dalam bentuk bubuk, khasiat kapulaga dapat menurunkan gula darah. 

Satu studi menemukan bahwa memberi makan tikus bubuk kapulaga dapat menurunkan gula darahnya. 

Baca Juga: 15 Makanan Penurun Darah Tinggi yang Sudah Terbukti

9. Potensi manfaat kesehatan lainnya

Selain manfaat kapulaga untuk kesehatan yang disebutkan di atas, rempah-rempah ini juga baik untuk kesehatan Anda.

Studi pada tikus telah menemukan bahwa tingkat antioksidan yang tinggi membuat manfaat kapulaga dapat mencegah pembesaran hati, kecemasan, dan bahkan membantu penurunan berat badan.

Itulah sederet manfaat kapulaga untuk kesehatan yang sudah dibuktikan dalam beberapa penelitian. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×