kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,25   -3,11   -0.33%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

15 Makanan Penurun Darah Tinggi yang Sudah Terbukti


Selasa, 31 Januari 2023 / 10:19 WIB
15 Makanan Penurun Darah Tinggi yang Sudah Terbukti
ILUSTRASI. Tekanan darah tinggi


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Hipertensi, atau tekanan darah tinggi adalah faktor risiko penyakit jantung yang sebenarnya bisa dicegah. Untuk itu, ada banyak makanan penurun darah tinggi atau penurun darah tinggi alami yang bisa dicoba. 

Dilansir dari Healthline, lebih dari 1 miliar orang di seluruh dunia memiliki tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi adalah nilai tekanan darah sistolik (SBP) atau 130 mm Hg atau lebih.

Sementara untuk tekanan darah diastolik memiliki angka lebih dari 80 mm Hg (DBP). Obat-obatan, termasuk angiotensin-converting enzyme (ACE) inhibitor, biasanya digunakan untuk mengurangi tekanan darah tinggi. 

Baca Juga: 5 Manfaat Jus Lemon untuk Kesehatan jika Dikonsumsi secara Rutin

Namun, perubahan gaya hidup, termasuk mengubah pola makan dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah menjadi normal dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Pola makan yang sehat sangat penting untuk menurunkan tekanan darah dan mempertahankannya pada tingkat normal. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan tertentu, terutama yang tinggi kalium dan magnesium, bisa mengurangi tekanan darah. 

Lantas, apa saja makanan penurun darah tinggi alami? 

Baca Juga: Mampu Menjaga Kesehatan Jantung, Ini 5 Manfaat Bengkuang Untuk Kesehatan Tubuh

15 Makanan penurun darah tinggi alami 

makanan penurun tensi tinggi

Dirangkum dari Healthline, berikut adalah 15 makanan penurun darah tinggi terbaik untuk tekanan darah tinggi:

1. Buah jeruk

Makanan penurun tensi tinggi pertama adalah jeruk. Buah jeruk, termasuk juga lemon, mungkin memiliki efek penurun tekanan darah yang kuat. 

Buah ini sarat dengan vitamin, mineral, dan senyawa tumbuhan yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung Anda dengan mengurangi faktor risiko penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi. 

Baca Juga: 11 Ciri-Ciri Kolesterol di Tubuh Tinggi dan Bagaimana Menanganinya ala Kemenkes

2. Salmon dan ikan berlemak lainnya

Makanan penurun darah tinggi kedua adalah salmon. Ikan berlemak merupakan sumber lemak omega-3 yang sangat baik, yang memiliki manfaat kesehatan jantung yang signifikan. 

Lemak ini dapat membantu mengurangi tingkat tekanan darah dengan mengurangi peradangan dan menurunkan kadar senyawa penyempitan pembuluh darah yang disebut Oksilipin.

Beberapa penelitian telah membuktikan kalau asupan ikan berlemak kaya omega-3 yang lebih tinggi berhubungan dengan tingkat tekanan darah yang lebih rendah. Asupan omega-3 yang lebih tinggi juga dikaitkan dengan penurunan risiko hipertensi.

Baca Juga: 6 Kelompok yang Paling Rentan Terserang Asam Urat, Siapa Saja?

3. Biji labu

Biji labu juga jadi salah satu makanan penurun darah tinggi. Biji labu mengandung magnesium, kalium, arginin, dan asam amino yang dibutuhkan untuk produksi oksida nitrat, yang penting untuk relaksasi pembuluh darah dan penurunan tekanan darah.

Minyak biji labu juga telah terbukti sebagai obat alami yang ampuh untuk tekanan darah tinggi. 

Baca Juga: Mencegah Diabetes Tipe 2, Ini Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula untuk Kesehatan

4. Kacang dan lentil

makanan penurun tensi tinggi

Penurun darah tinggi alami yang sudah terbukti berikutnya yaitu kacang-kacangan. Kacang dan lentil kaya akan nutrisi yang membantu mengatur tekanan darah, seperti serat, magnesium, dan potasium. 

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa makan kacang dan lentil dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah tinggi.

Dalam 8 penelitian yang mencakup 554 orang menunjukkan bahwa, kacang-kacangan dan lentil secara signifikan menurunkan tingkat tekanan darah rata-rata pada orang dengan dan tanpa hipertensi.

Baca Juga: Yuk Simak 9 Manfaat Kacang Panjang Untuk Kesehatan, Sudah Tahu?

5. Beri

Makanan penurun darah tinggi ini cukup mudah ditemui. Buah beri adalah sumber antioksidan yang kaya, termasuk anthocyanin, yang merupakan pigmen yang memberi warna cerah pada buah beri.

Anthocyanin telah terbukti meningkatkan kadar oksida nitrat dalam darah dan mengurangi produksi molekul pembatas pembuluh darah, yang dapat membantu mengurangi tingkat tekanan darah. 

Baca Juga: Apa Itu Kolesterol Tinggi? Simak Penyebab Kolesterol Melonjak dan Cara Mencegahnya

6. Pistachio

Pistachio juga termasuk makanan penurun darah tinggi. Kacang ini sangat bergizi dan konsumsinya dikaitkan dengan tingkat tekanan darah yang sehat. Pistachio kaya akan sejumlah nutrisi penting untuk kesehatan jantung dan pengaturan tekanan darah, termasuk potasium.

7. Wortel

Wortel mengandung senyawa fenolik tinggi, seperti asam klorogenat, p-coumaric, dan caffeic.

Sebagai satu dari sekian banyak makanan penurun darah tinggi, wortel membantu mengendurkan pembuluh darah dan mengurangi peradangan, yang dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah.

Manfaat wortel bagi tubuh akan lebih optimal jika dikonsumsi secara mentah. 

Baca Juga: Menurunkan Tekanan Darah tinggi Hingga Kolesterol, Ini Manfaat Mengkudu

8. Seledri

makanan penurun tensi tinggi

Seledri adalah sayuran populer yang memiliki efek positif pada tekanan darah. Selederi mengandung senyawa phthalides, yang dapat membantu mengendurkan pembuluh darah dan menurunkan tingkat tekanan darah.

Sededri bisa Anda masukan dalam menu harian karena merupakan makanan penurun darah tinggi alami.

Baca Juga: Catat 6 Gejala Penyakit Jantung yang Perlu Diketahui, Hati-Hati!

9. Tomat 

Tomat juga termasuk makanan penurun darah tinggi alami. Tomat dan produk tomat kaya akan banyak nutrisi, termasuk potasium dan pigmen karotenoid lycopene.

Likopen secara signifikan dikaitkan dengan efek positif pada kesehatan jantung. Sehingga, mengonsumsi tomat dapat membantu mengurangi faktor risiko penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi.

Baca Juga: Simak 7 Obat Jerawat Alami yang Mudah Didapatkan, Yuk Catat!

10. Brokoli

Brokoli dikenal dengan banyak efek positif bagi kesehatan, termasuk kesehatan sistem peredaran darah. Brokoli mengandung antioksidan flavonoid, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan meningkatkan fungsi pembuluh darah. 

Serta dapat meningkatkan kadar oksida nitrat dalam tubuh Anda. Cukup banyak penelitian yang membuktikan kalau brokoli adalah makanan penurun darah tinggi alami.

Baca Juga: Selain Mengobati Diare, Ini Manfaat Teh Daun Jambu Biji untuk Kesehatan

11. Yoghurt

makanan penurun tensi tinggi

Yoghurt adalah produk susu padat nutrisi termasuk kalium dan kalsium yang membantu mengatur tekanan darah. 

12. Rempah-rempah dan minuman herbal

Jamu dan rempah-rempah tertentu mengandung senyawa kuat yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan membantu pembuluh darah menjadi rileks.

Sejumlah rempah-rempah yang bisa menjadi makanan penurun darah tinggi alami antara lain seledri, ketumbar, kunyit, serai, jintan hitam, ginseng, kayu manis, kapulaga, kemangi, dan jahe. 

Rempah-rempah sebenarnya sudah lama digunakan sebagai salah satu makanan penurun darah tinggi alami. 

Baca Juga: Menurunkan Kolesterol Tinggi, Ini Manfaat Teh Oolong untuk Kesehatan

13. Biji chia dan rami

Biji chia dan rami adalah biji kecil yang penuh dengan nutrisi yang penting untuk pengaturan tekanan darah yang sehat, termasuk kalium, magnesium, dan serat.

Sebuah studi kecil selama 12 minggu yang melibatkan 26 orang dengan tekanan darah tinggi menemukan bahwa menambahkan 35 gram tepung chia per hari menyebabkan penurunan tekanan darah. 

Baca Juga: 7 Jenis Olahraga yang Baik Bagi Penderita Penyakit Jantung

14. Buah bit 

Buah bit mengandung nitrat yang dapat membantu mengendurkan pembuluh darah sehingga bisa menurunkan tekanan darah. 

15. Bayam

Bayam juga bisa menjadi makanan penurun darah tinggi alami. Bayam kaya akan nitrat, antioksidan, potasium, kalsium, dan magnesium. 

Beberapa kandungan bayam tersebut menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk penderita tekanan darah tinggi.

Itulah sederet makanan penurun darah tinggi alami. Beberapa makanan penurun tensi tinggi tersebut tersedia di pasar dan mudah didapatkan untuk kebutuhan dapur Anda di rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×