kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45937,00   8,64   0.93%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

7 Jenis Olahraga yang Baik Bagi Penderita Penyakit Jantung


Senin, 30 Januari 2023 / 13:43 WIB
7 Jenis Olahraga yang Baik Bagi Penderita Penyakit Jantung
ILUSTRASI. Olahraga untuk penyakit jantung.


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Olahraga secara rutin dapat bermanfaat untuk kesehatan jantung. Meski demikian, ada beberapa jenis olahraga untuk penyakit jantung. 

Olahraga tetap penting dilakukan oleh penderita penyakit jantung untuk meningkatkan kualitas hidupnya. Akan tetapi, perlu diingat bahwa penderita penyakit jantung atau pasca serangan jantung tidak boleh melakukan olahraga sembarangan tanpa pengawasan ahli yang menentukan program yang sesuai untuk dirinya. 

Melalui olahraga yang teratur yang bersifat aerobik (jalan, lari, berenang, naik sepeda) dapat meningkatkan kemampuan jantung dan paru-paru. Hal ini memungkinkan seseorang tidak merasa lelah dan akan melebarkan pembuluh darah jantung (arteri koronaria) sehingga aliran darah lebih lancar, menurunkan kadar kolesterol dalam darah, menurunkan tekanan darah. 

Lantas, apakah jenis olahraga untuk penderita penyakit jantung? 

Baca Juga: Fungsi Jantung adalah Mengendalikan Peredaran Darah, Ini Penjelasannya

Olahraga untuk penderita penyakit jantung 

Olahraga untuk penyakit jantung

Dirangkum dari laman Pjnhk.go.id dan Kementerian Kesehatan, berikut jenis olahraga bagi penderita penyakit jantung:

1. Olahraga aerobik

Olahraga untuk penyakit jantung yang pertama adalah aerobik intensitas sedang (minimal 150 menit) atau olahraga aerobik intensitas tinggi (75
menit) atau kombinasi keduanya selama satu minggu. Aktivitas aerobik harus dilakukan dalam durasi minimal 10 menit. 

Baca Juga: 7 Jenis Edible Flowers, Bunga yang Bisa Dimakan dengan Aman Beserta Manfaatnya

2. Kegiatan penguatan massa otot 

Kegiatan penguatan massa otot atau muscle strengthening activities juga menjadi salah satu jenis olahraga untuk penyakit jantung. Olahraga penguatan massa otot dapat dilakukan dengan melibatkan otot-otot besar pada 2 hari atau lebih di dalam satu minggu tersebut.

3. Jalan kaki

Jalan kaki juga menjadi salah satu olahraga yang baik untuk penyakit jantung. Berjalan kaki dapat mengaktifkan seluruh tubuh dan memacu aktivitas jantung. Berjalan kaki dengan santai selama 30 menit baik untuk penderita penyakit jantung. 

Baca Juga: 5 Mitos Tentang Olahraga yang Tidak Perlu Dipercaya

4. Lari

Olahraga untuk penyakit jantung

Selanjutnya, olahraga untuk penyakit jantung adalah lari, Olahraga lari juga dapat memacu aktivitas jantung dengan baik. 

5. Yoga

Yoga juga menjadi salah satu olahraga untuk penyakit jantung. Ada tiga macam teknik saat melakukan yoga yakni peregangan, pernapasan dan relaksasi. Ketiga teknik tersebut sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. 

Baca Juga: Lakukan Tiap Hari Cukup 10 Menit, Ini Sederet Manfaat Jalan Kaki yang Anda Dapatkan

6. Bersepeda santai

Bersepeda santai dapat memicu pelepasan hormon endorfin. Bersepeda tidak hanya mencegah kematian karena jantung, namun juga menurunkan risiko terbentuknya faktor risiko tradisional penyebab penyakit jantung.

Sehingga, bersepeda juga menjadi salah satu olahraga untuk penderita penyakit jantung. 

Baca Juga: Menu Makan Untuk Penderita Asam Urat, Cek Larangan Makanan Asam Urat

7. Meditasi

Olahraga yang cocok untuk pengidap penyakit jantung adalah meditasi. Meditasi juga merupakan aktivitas fisik yang tidak banyak menguras tenaga. 

Selain itu, meditasi juga bermanfaat untuk melatih pernapasan dan membuat kondisi batin menjadi tenang. Olahraga bagi penderita penyakit jantung bisa dilakukan rutin selama 30 menit selama 3-5 kali seminggu, disesuaikan dengan kemampuan masing-masing. 

Baca Juga: Catat! Ini Minuman yang Baik dan Buruk untuk Penderita Diabetes

Sementara itu, tidak disarankan bagi pengidap penyakit jantung untuk melakukan olahraga yang kompetitif seperti sepakbola, bulu tangkis, dan basket yang memicu hormon adrenalin dan justru bisa memperberat kerja jantung.

Demikian penjelasan mengenai olahraga untuk penderita penyakit jantung yang bisa dicoba. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×