kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45909,28   -14,21   -1.54%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Fungsi Jantung adalah Mengendalikan Peredaran Darah, Ini Penjelasannya


Senin, 30 Januari 2023 / 12:24 WIB
Fungsi Jantung adalah Mengendalikan Peredaran Darah, Ini Penjelasannya
ILUSTRASI. Fungsi Jantung.


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Jantung adalah sebuah organ tubuh manusia yang berperan dalam sistem peredaran darah manusia. Fungsi jantung adalah mengendalikan seluruh kegiatan peredaran darah dan menyalurkannya ke seluruh tubuh. 

Dirangkum dari laman Kemdikbud, jantung memompa darah ke seluruh tubuh melalui kontraksi berirama dengan bantuan listrik jantung. 

Kandungan yang ada di dalam darah adalah nutrisi dan oksigen yang berguna untuk kelangsungan hidup sel-sel tubuh. Setelah digunakan oleh sel-sel tersebut, darah itu dikembalikan lagi ke jantung, dan begitu seterusnya.

Jantung mampu memompa darah atau berdetak sebanyak 100.000 kali selama sehari. Oleh karena itu, darah yang dipompa olehnya mencapai 2000 galon darah atau setara dengan 7.571 liter darah segar ke segala sel-sel tubuh.

Jantung memiliki empat ruang yang masing-masing memiliki fungsi tertentu. Lantas, apa saja fungsi jantung? 

Baca Juga: 7 Jenis Edible Flowers, Bunga yang Bisa Dimakan dengan Aman Beserta Manfaatnya

Letak dan ukuran jantung

Fungsi Jantung

Jantung terletak di dalam rongga dada tepatnya di bawah paru-paru sebelah kiri (pada umumnya). Jantung dilindungi oleh tulang dada (sternum) dan tulang rusuk (costae). 

Ukuran jantung lebih kurang sebesar kepalan tangan orang dewasa. Ukuran jantung kira-kira sebesar kepalan tangan orang dewasa atau memiliki panjang 12 cm, lebar 8 cm, dan tebal 6 cm, dengan berat sekitar 300 gram.  

Bentuk jantung lebih kurang mirip seperti kepalan tangan orang dewasa yang terbalik. Organ ini merupakan organ utama yang berperan dalam sistem kardiovaskular. 

Baca Juga: Coba Lakukan Setiap Hari, Berikut Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari

Detak jantung normal

Dirangkum dari laman Medical News Today, detak jantung sama dengan denyut nadi. Ketika Anda merasakan denyut nadi, Anda merasakan aliran darah saat jantung memompa ke seluruh tubuh. 

Nah, saat beristirahat, jantung mungkin berdetak sekitar 60 kali setiap menit. Namun, detak jantung bisa meningkat hingga 100 denyut per menit (bpm) atau lebih.

Detak jantung normal atau yang sehat biasanya 60–100 bpm dan normal setiap orang memiliki denyut nadi yang bervariasi. 

Baca Juga: Bisa Terjadi Pada Remaja, Ini Gejala Darah Rendah & Makanan Penambah Darah

Fungsi jantung

Fungsi jantung

Jantung memiliki 4 ruang yakni serambi atas kanan (atrium kanan), bilik kanan bawah (ventrikel kanan), serambi atas kiri (atrium kiri), dan bilik bawah kiri (ventrikel kiri).

Nah, masing-masing ruangan jantung tersebut memiliki fungsinya tersendiri. Berikut adalah fungsi jantung berdasarkan ruangan-ruangan tersebut:

1. Fungsi dari serambi kiri jantung adalah menerima darah yang berasal dari organ paru-paru mengandung oksigen kemudian membawanya pada ventrikel kiri. 

Baca Juga: Menu Makan Untuk Penderita Asam Urat, Cek Larangan Makanan Asam Urat

2. Adapun fungsi serambi kanan jantung ialah menerima darah berasal dari seluruh bagian tubuh yang mengandung karbon dioksida yang membawa ke ventrikel bagian kanan.

3. Fungsi bilik kiri jantung menerima darah dari organ atrium kiri serta membawanya menuju ke seluruh tubuh.

4. Fungsi bilik kanan menerima darah yang berasal dari atrium kanan kemudian membawanya menuju ke paru-paru.

Baca Juga: 10 Buah dan Sayur Agar Gula Darah Tidak Melonjak, Apa Saja?

Otot jantung

Jantung terdiri dari otot-otot (muscular), apex (puncak), basis (dasar), atrium kanan dan kiri, serta bilik kanan dan kiri. Selain itu, jantung memiliki tiga lapisan otot (myocardium) yang berbeda dan masing-masing lapisannya memiliki fungsi yang berbeda pula. 

Otot-otot jantung ini harus selalu disuplai oleh darah segar yang dibawa oleh arteri coroner agar jantung tidak berhenti berdetak.

Berikut adalah lapisan otot jantung:

Baca Juga: Catat! Ini Minuman yang Baik dan Buruk untuk Penderita Diabetes

1. Lapisan perikardium

Lapisan perikardium adalah lapisan paling atas yang menyelubungi jantung. Lapisan ini terbagi lagi menjadi 2 macam lapisan yaitu perikardium parietal yang melekat pada tulang dada, tulang rusuk, dan selaput paru, serta perikardium visceral atau disebut juga dengan epikardium yang berada di bawah perikardium parietal. 

Diantara dua lapisan perikardium tersebut, terdapat 50 cc cairan atau pelumas yang disebut dengan cairan perikardium yang berfungsi sebagai pelumas agar melindungi kedua lapisan saling bergesekan akibat dari gerak jantung saat memompa darah. 

Jika kedua lapisan ini bergesekan, maka akan robek dan menyebabkan perdarahan yang hebat di jantung.

Baca Juga: 5 Mitos Tentang Olahraga yang Tidak Perlu Dipercaya

2. Lapisan miokardium

Lapisan miokardium adalah lapisan yang berada di bawah lapisan perikardium. Lapisan miokardium adalah lapisan otot jantung yang paling tebal dan terdiri dari otot-otot jantung yang banyak.

3. Lapisan endokardium

Lapisan endokardium adalah lapisan terdalam (lapisan yang berhubungan langsung dengan jantung) dan terdiri dari jaringan-jaringan endotel.

Demikian penjelasan mengenai fungsi jantung. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×