kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bisa Terjadi Pada Remaja, Ini Gejala Darah Rendah & Makanan Penambah Darah


Senin, 30 Januari 2023 / 04:55 WIB
Bisa Terjadi Pada Remaja, Ini Gejala Darah Rendah & Makanan Penambah Darah


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Simak gejala darah rendah pada remaja. Jika mengalami gejala darah rendah, segera konsumsi makanan penambah darah berikut ini.

Darah rendah bisa terjadi pada siapa saja. Tidak hanya pada orang dewasa, kalangan remaja juga bisa mengalami darah rendah. Oleh karena itu, penting untuk para remaja memahami gejala darah rendah.

Mengetahui gejala darah rendah pada remaja bisa mempercepat penanganan. Para remaja bisa segera konsumsi makanan penambah darah jika mengalami gejala darah rendah.

Lalu, apa saja gejala darah rendah pada remaja?

Mengutib website resmi RS Siloam,  darah rendah atau hipotensi bisa terjadi sebagai gangguan kesehatan sendiri atau sebagai gejala dari penyakit tertentu, seperti demam berdarah.

Baca Juga: Tabel Gula Darah Berdasarkan Usia, Cermati Ciri-Ciri Gula Darah Rendah Pagi Hari

Darah rendah adalah kondisi yang terjadi ketika tekanan darahnya di bawah 90/60 mmHg. Sedangkan, tekanan darah yang normal yaitu berada di antara 90/60 mmHg sampai dengan 120/80 mmHg.

Gejala darah rendah pada remaja

Mengutip Kompas.com, Very Well Health menyatakan tekanan darah rendah pada remaja dan orang dewasa menyebabkan beberapa gejala. Namun, hal ini berbeda-beda pada setiap orang.

Salah satu gejala yang mengisyaratkan tekanan darah rendah pada remaja dan orang dewasa adalah munculnya rasa sakit kepala. Selain itu, tekanan darah rendah pada remaja dan orang dewasa juga menyebabkan beberapa gejala seperti yang berikut ini:

  • Kulit menjadi pucat
  • Pingsan
  • Merasa lemah atau lelah
  • Pandangan terganggu
  • Mual
  • Merasa linglung
  • Berkunang-kunang.

Makanan penambah darah

Diberitakan Kontan.co.id sebelumnya, kekurangan darah bisa menimbulkan banyak masalah kesehatan. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kondisi itu adalah dengan mengonsumsi makanan penambah darah. Anda tidak perlu bingung karena ada banyak jenis makanan yang bisa Anda jadikan pilihan.

Tubuh dengan jumlah darah yang sedikit bisa mengganggu distribusi oksigen. Akibatnya, ada banyak bagian tubuh Anda yang mengalami gangguan. Beberapa gejala kurang darah yang bisa Anda alamia dalah kulit pucat, pusing, badan terasa lemah, dan lain sebagainya.

Selain rutin mengonsumsi makanan di bawah ini, Anda juga bisa minum suplemen penambah darah. Namun, pastikan untuk mengonsumsinya sesuai dosis yang Anda butuhkan, ya. Untuk mengetahui dosis Anda, cobalah untuk berkonsultasi ke dokter.

Kuning Telur

Makanan penambah darah yang pertama adalah kuning telur. Wellcurve.in mengatakan bahwa kuning telur bisa menambah jumlah darah dalam tubuh Anda. Asam folat yang terdapat dalam kuning telur juga bisa menjaga jumlah hemoglobin. Namun, sebaiknya jangan mengonsumsi kuning telur secara berlebihan karena bisa memicu efek samping yang tak Anda inginkan.

Produk Olahan Susu

Makanan penambah darah yang kedua adalah produk olahan susu. Mengonsumsi jenis makanan itu bisa menjaga kesehatan jantung pula. Dengan begitu, aliran darah menjadi lebih lancar sehingga distribusi oksigen pun lebih terjaga.

Wortel

Makanan penambah darah yang ketiga adalah wortel. Kandungan dalam jenis sayuran itu mampu meningkatkan jumlah zat besi yang mana berpengaruh pada jumlah darah secara keseluruhan.

Baca Juga: Tetap menyehatkan, ini 4 opsi makanan yang bikin gemuk

Daging Merah

Makanan penambah darah yang keemat adalah daging merah. Banyaknya zat besi yang terkandung dalam daging merah membuatnya efektif dijadikan makanan penambah darah. Darah dalam tubuh Anda juga bisa menyerap zat besi dari daging merah lebih cepat sehingga anemia atau kondisi lain yang berhubungan dengan kekurangan darah dapat Anda cegah.

Delima

Makanan penambah darah yang kelima adalah delima. Mengutip dari Wellcurve.in, delima tak hanya baik untuk aliran darah dalam tubuh, tapi juga bagus untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh. Alasannya karena delima merupakan salah satu jenis buah yang mengandung banyak nutrisi, beberapa di antaranya adalah antioksidan dan nitrat.

Itulah gejala darah rendah pada remaja maupun orang dewasa. Segera konsumsi makanan penambah darah agar tekanan darah kembali ke level normal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×