kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.310.000 -1,13%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

9 Jenis Buah Ini Bisa Menjauhkan Anda dari Tekanan Darah Tinggi, Apa Saja?


Jumat, 07 April 2023 / 06:19 WIB
9 Jenis Buah Ini Bisa Menjauhkan Anda dari Tekanan Darah Tinggi, Apa Saja?
ILUSTRASI. Ada sejumlah buah-buahan yang baik dikonsumsi untuk penderita tekanan darah tinggi. Salah satunya pisang.


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Tekanan darah tinggi, salah penyakit yang cukup banyak diderita orang masyarakat. Apakah Anda penderita tekanan darah tinggi? Berikut buah -buahan yang baik untuk dikonsumsi.  

Tekanan darah tinggi lebih dikenal sebagai penyakit yang sering menyerang orang dewasa dan kelompok lanjut usia (lansia). Namun, pada kenyataannya, kasus tekanan darah tinggi pada anak muda dan anak kecil ditemukan semakin banyak di berbagai belahan dunia. 

Mengutip data dari Riset Kesehatan Dasar 2013, sekitar 25,8 % total kasus darah tinggi nasional sebanyak 5,3 % di antaranya dipegang oleh anak remaja berusia 15-17 tahun. 

Umumnya penyakit darah tinggi pada anak muda ini tergolong dalam hipertensi primer. Meski tidak diketahui secara pasti apa penyebab spesifiknya, hipertensi primer kemungkinan besar dipengaruhi oleh faktor keturunan (genetik) atau gaya hidup yang tidak sehat, atau bisa juga kombinasi keduanya. 

Untuk menghindari masalah kesehatan itu, semua orang dianjurkan untuk menjalani gaya hidup sehat. Salah satunya dengan rutin mengonsumsi buah-buahan.

Ada beberapa jenis buah yang dipercaya bisa menghindarkan Anda dari risiko terkena penyakit darah tinggi. Berikut jenis buah yang bisa menjauhkan Anda dari tekanan darah tinggi.  

Baca Juga: Tidak ingin darah tinggi kumat, berikut cara mengontrol tekanan darah

1. Belimbing 

Melansir Buku The Miracle of Fruits (2013) oleh Desty Ervira Puspaningtyas, S.Gz., jumlah kalium dalam belimbing relatif banyak. Dalam 100 gram belimbing, terdapat kalium 130 mg. 

Sementara jumlah natrium dalam belimbing termasuk rendah, yakni hanya 4 mg per 100gram bahan. Kedua zat ini berperan untuk mengendalikan keseimbangan cairan tubuh. 

Karena tingginya kandungan kalium dan rendahnya kadar natrium, belimbing pun dianggap mampu mengurangi risiko stroke dan menurunkan tekanan darah. Kalium juga diperlukan untuk menormalkan irama jantung dan pengalihan oksigen menuju otak. 

Baca Juga: Bisa Menurunkan Berat Badan, Cek Manfaat Lain Kubis untuk Kesehatan

2. Timur suri 

Penderita hipertensi atau tekanan darah tingi biasanya dianjurkan untuk mengonsumsi kalium dalam jumlah cukup. Hal tersebut disebabkan oleh tekanan darah normal memerlukan perbandingan antara natrium dan kalium yang sesuai di dalam tubuh. 

Buah yang Identik dengan Bulan Puasa Untuk memenuhi kebutuhan kalium itu, penderita hipertensi pun dianjurkan mengonsumsi buah yang tinggi kalium, di antaranya timun suri. 

Melansir Buku Timun Suri dan Blewah (2012) karya Drs. H. Hendro Sunarjono, APU (Purn.) dan Rita Ramayulis, DCN., M.Kes, berdasarkan kandungan gizi per 100 gram timun suri, dapat diketahui bahwa buah ini merupakan bahan makanan sumber vitamin C dan kalium. 

Timun suri dapat dikatakan sebagai sumber vitamin C dan kalium karena dengan mengonsumsi 100 gram buah, maka kebutuhan vitamin C dan kalium harian sudah terpenuhi sebanyak 1/3 bagiannya. 




TERBARU

[X]
×