kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.345.000 -0,88%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bisa Timbulkan Komplikasi Parah, Catat Buah, Sayur & Makanan Penurun Darah Tinggi


Rabu, 08 Maret 2023 / 08:01 WIB
Bisa Timbulkan Komplikasi Parah, Catat Buah, Sayur & Makanan Penurun Darah Tinggi
ILUSTRASI. Setelah makan daging kurban, perlu konsumsi bahan makanan, buah dan sayur penurun darah tinggi seperti semangka, pisang dll.


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Simak daftar buah, sayur dan makanan lain penurun darah tinggi untuk mencegah penyakit hipertensi. Setelah konsumsi masakan daging kurban, kita perlu makan buah, sayur dan makanan lain penurun darah tinggi.

Daging merah seperti kambing dan sapi termasuk salah satu bahan makanan penyebab darah tinggi. Oleh karena itu, disarankan makan buah, sayur dan makanan lain penurun darah tinggi agar tidak memicu hipertensi.

Hipertensi atau juga dikenal dengan tekanan darah tinggi merupakan silent disease yang sering kali tidak disadari oleh penderitanya. Padahal, darah tinggi atau hipertensi adalah kondisi yang tak boleh diabaikan.

Itu karena hipertensi bisa menyebabkan komplikasi berbahaya, seperti penyakit jantung, stroke, dan bahkan kematian. Kondisi yang disebut hipertensi adalah ketima pembacaan tekanan darah sistolik lebih dari 140 mmHg dan tekanan darah diastolik melebihi 90 mmHg.

Ketika tekanan darah tinggi ini dibiarkan tanpa penanganan, maka jantung dipaksa terus bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Kondisi inilah yang menjadi salah satu penyebab hipertensi bisa menimbulkan komplikasi kesehatan parah.

Mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat sangat dianjurkan untuk membantu mengurangi peluang Anda mengalami hipertensi. Salah satu yang bisa dilakukan adalah mengonsumsi makanan penurun darah tinggi.

Baca Juga: Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami dan Waktu yang Dibutuhkan

Apa saja makanan yang dapat membantu menurunkan darah tinggi? Berikut daftar buah, sayur dan makanan lain penurun darah tinggi:

1. Cokelat hitam

Daftar bahan makanan ketujuh penurun darah tinggi adalah cokelat hitam. Studi pada 2015 menemukan bahwa makan cokelat hitam dikaitkan dengan risiko lebih rendah untuk penyakit kardiovaskular.

Studi ini menunjukkan bahwa konsumsi hingga 100 gram cokelat hitam per hari mungkin dikaitkan dengan risiko CVD yang lebih rendah. Cokelat hitam mengandung lebih dari 60 persen padatan kakao dan memiliki lebih sedikit gula daripada cokelat biasa. Anda dapat menambahkan cokelat hitam ke yogurt atau memakannya dengan buah-buahan, seperti stroberi, blueberry, atau raspberry, sebagai makanan penutup yang sehat.

Baca Juga: Kadar Kolesterol dalam Darah Langsung Rontok, Cek 7 Obat Herbal yang Dinilai Manjur




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×