9 Hal yang harus dihindari agar cepat hamil

Kamis, 02 September 2021 | 13:04 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
9 Hal yang harus dihindari agar cepat hamil

ILUSTRASI. 9 Hal yang harus dihindari agar cepat hamil.

KONTAN.CO.ID - Bagi sebagian besar pasangan suami istri, memiliki momongan adalah salah satu kebahagiaan dalam kehidupan rumah tangga. Ada beberapa hal yang sebaiknya dihindari agar cepat hamil. 

Apa pun dilakukan ebagian besar pasangan suami istri supaya bisa segera menimang buah hati. Namun, ada beberapa pasangan yang bisa mendapatkan momongan dengan mudah dan ada yang tidak. 

Untuk bisa segera hami, maka salah satu caranya adalah beralih ke gaya hidup sehat. Selain itu, ada beberapa hal yang sebaiknya dihindari agar cepat hamil. 

9 Hal yang harus dihindari agar cepat hamil

Dirangkum dari laman WebMD, berikut 9 hal yang harus dihindari agar cepat hamil:

1. Terlalu kurus dan gemuk

Terlalu kurus dan gemuk bisa berdampak pada kesuburan. Selain itu, obesitas juga berdampak pada munculnya diabetes gestasional, preeklamsia, bayi dengan berat lahir tinggi dan cacat lahir tertentu. 

Untuk itu, sebisa mungkin Anda menjaga berat badan ideal sebelum dan selama kehamilan. Para ahli menyarankan calon ibu untuk memiliki indeks massa tubuh (BMI) antara 18,5 dan 27.

2. Olahraga berlebihan

Olahraga berat dapat menyebabkan perubahan hormon yang mempersulit ovarium untuk memproduksi atau melepaskan sel telur. Lari yang intens, aerobik, berenang, atau bersepeda membuat Anda lebih sulit untuk hamil bahkan jika Anda memiliki berat badan yang sehat. 

Tetapi jika Anda kelebihan berat badan, olahraga dapat membantu Anda menurunkan berat badan dan meningkatkan peluang Anda untuk hamil.

Baca Juga: Asam folat (B9): kegunaan, efek samping, dan dosis

3. Menunda kehamilan terlalu lama 

Perempuan yang berusia akhir 30-an tingkat kesuburannya berkurang dibandingkan perempuan yang berusia awal 20-an. Sedangkan untuk pria yang berusia di atas 50 tahun juga kesuburannya berkurang. 

4. Minum alkohol

Jangan meminum alkohol jika Anda sedang hamil atau sedang merencanakan kehamilan. Alkohol dapat mengganggu pertumbuhan otak dan sistem saraf bayi.

Alkohol juga mempengaruhi bayi Anda pada setiap tahap kehamilan, terutama di minggu-minggu awal.

5. Merokok 

Merokok juga bisa menghambat peluang hamil jika Anda sedang merencanakan kehamilan. Merokok lebih dari 10 batang sehari sangat menurunkan peluang perempuan untuk hamil.

Selain itu, merokok menyebabkan perubahan pada saluran tuba dan serviks yang dapat menyebabkan keguguran. Hal ini juga dapat menyebabkan kehamilan di luar rahim, yang disebut kehamilan ektopik. 

Merokok dapat merusak indung telur sehingga produksi sel telur berkurang. Merokok juga berdampak pada berkurangnya kemampuan sperma untuk menghasilkan sel telur. 

Baca Juga: 11 Makanan yang mengandung asam folat baik dikonsumsi ibu hamil

Editor: Virdita Ratriani
Terbaru