9 Cara menghilangkan perut buncit secara alami, penasaran?

Jumat, 13 Agustus 2021 | 08:13 WIB Sumber: Kompas.com
9 Cara menghilangkan perut buncit secara alami, penasaran?

ILUSTRASI. Ada berbagai cara mengecilkan perut buncit secara alami yang bisa dipertimbangkan.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Memiliki perut buncit tentu sangat mengganggu penampilan, dan terkadang membuat seseorang menjadi tidak percaya diri. Ada berbagai cara mengecilkan perut buncit secara alami yang bisa dipertimbangkan. 

Perut buncit kiranya perlu juga ditanggulangi karena merupakan salah satu tanda yang mengarah pada masalah kegemukan atau obesitas. 

Dilansir dari Medical News Today, penyebab perut buncit bisa dipicu oleh beberapa hal. Ini mungkin termasuk: 

Pola makan tidak seimbang Kebiasaan kurang bergerak atau berolahraga Genetik Stres Konsumsi alkohol Kurang tidur 

Perut buncit mengarah pada timbunan lemak di sekitar perut. Lemak ini bisa mengelilingi organ dalam atau di bawah kulit. 

Baca Juga: Cara menurunkan berat badan secara alami, lakukan dengan olahraga ini

Lemak yang mengelilingi organ dalam seperti jantung, hati, pankreas, usus, dan ginjal dilaporkan lebih berbahaya ketimbang lemak di bawah kulit. 

Penumpukan lemak sekitar organ dalam dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, sampai kanker. Selain itu, lemak jenis visceral ini dapat mengubah keseimbangan hormon normal dan menggangu metabolisme. 

Secara umum, perut buncit bisa diatasi dengan cara mengatur kembali pola makan dan gaya hidup. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut terkait beberapa cara mengecilkan perut buncit yang bisa dicoba: 

1. Kurangi asupan kalori 

Merangkum Health Line, tubuh kita memang membutuhkan kalori untuk dijadikan sebagai energi. Tapi, asupan kalori yang berlebihan dapat membuat berat badan naik. Hal ini dikarenakan kalori akan disimpan di dalam tubuh sebagai jaringan lemak untuk cadangan energi. 

Baca Juga: 6 Makanan ini bisa jadi cara menurunkan kolesterol

Nah, untuk mengurangi berat badan atau mengecilkan perut buncit, Anda bisa membatasi asupan kalori harian melalui diet kalori. Dengan berkurangnya jumlah asupan kalori, tubuh akan memecah lemak yang tersimpan untuk dijadikan energi. 

Saat kalori keseluruhan menurun, praktis lemak di perut juga berkurang. 

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
Terbaru