6 Makanan ini bisa jadi cara menurunkan kolesterol

Rabu, 11 Agustus 2021 | 21:10 WIB   Penulis: Belladina Biananda
6 Makanan ini bisa jadi cara menurunkan kolesterol

KONTAN.CO.ID - Jumlah kolesterol yang terlalu banyak berada dalam tubuh bisa jadi salah satu sumber penyakit. Ada banyak cara menurunkan kolesterol yang dapat Anda coba. Contohnya, mengatur makanan yang Anda konsumsi sehari-hari.

Saat kolesterol berlebih dibiarkan dalam jangka waktu lama, aliran darah dalam tubuh menjadi terhambat. Akibatnya, tekanan darah pun meningkat sehingga risiko stroke, penyakit jantung, dan jenis penyakit berbahaya lainnya perlu Anda hadapi.

Di bawah ini, ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya Anda konsumsi secara rutin. Jangan lupa untuk mengonsultasikannya dulu dengan dokter, ya. Khususnya bagi Anda yang telah memiliki riwayat penyakit tertentu.

Stroberi

Mengutip goodhousekeeping.com, stroberi bagus untuk kesehatan kardiovaskular karena memiliki banyak polifenol. Anda bisa mengonsumsi jenis buah itu secara langsung, mencampurnya dalam salad, atau mengolahnya menjadi jus.

Supaya tetap sehat, usahakan jangan memakai pemanis tambahan, ya.

Baca Juga: Anda penderita kolesterol? Cincau hijau dan hitam ampuh merontokkan kolesterol tinggi

Tomat

Mengonsumsi tomat termasuk cara menurunkan kolesterol yang tak boleh Anda lewatkan. Likopen, salah satu jenis antioksidan yang ada dalam tomat, mampu mengurangi jumlah kolesterol jahat dalam tubuh.

Tidak berhenti sampai di situ, tomat juga dipenuhi dengan nutrisi penting lain, seperti vitamin A dan kalium.

Apel

Apel jadi obat herbal kolesterol berikutnya yang bisa Anda jadikan pilihan. Senyawa yang terdapat dalam buah tersebut juga efektif memperlancar aliran darah sehingga risiko penyakit jantung dapat berkurang.

Biar manfaatnya bisa Anda dapat dengan maksimal, cobalah untuk mengonsumsi apel bersama kulitnya.

Oatmeal

Apakah Anda gemar mengonsumsi oatmeal? Ternyata hal itu termasuk salah satu cara menurunkan kolesterol, lo. Melansir goodhousekeeping.com, jenis serat yang terkandung dalam oatmeal mampu menurunkan jumlah kolesterol jahat dalam tubuh.

Baca Juga: Tanpa Obat, Simak 5 Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami

Alpukat

Bahan alami lainnya yang cocok dijadikan obat kolesterol adalah alpukat. Bukan tanpa alasan, lemak tak jenuh dan jenis serat yang terdapat dalam alpukat mampu mengurangi jumlah kolesterol dalam tubuh.

Saat Anda mengonsumsinya secara rutin, risiko penyakit jantung dan stroke dapat berkurang.

Cokelat hitam

Mengonsumsi cokelat hitam adalah cara menurunkan kolesterol.

Supaya jumlah kolesterol lebih terkontrol, tak ada salahnya untuk membiasakan diri mengonsumsi cokelat hitam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa antioksidan yang terdapat dalam cokelat hitam mampu menurunkan kolesterol.

Pastikan untuk mengonsumsi cokelat hitam yang terbuat dari 70% cocoa, ya.

Selanjutnya: Cek khasiat 5 rempah khas Indonesia ini, ada yang bisa turunkan kolesterol!

Editor: Belladina Biananda
Terbaru