9 Cara Memakai Kondom dengan Benar, Perhatikan!

Kamis, 22 September 2022 | 14:37 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
9 Cara Memakai Kondom dengan Benar, Perhatikan!

ILUSTRASI. Cara memakai kondom dengan benar.


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Setiap pria maupun pasangan penting mengetahui cara memakai kondom dengan benar. Pasalnya, selain dapat mencegah kehamilan memakai kondom juga merupakan salah satu cara mencegah penularan berbagai penyakit seksual.

Kondom pria adalah salah satu alat kontrasepsi yang paling umum digunakan. Umumnya, kondom tersebut berbahan karet elastis yang dipasangkan pada alat kelamin pria.

Meski menjadi alat kontrasepsi yang cukup banyak digunakan, kerap masih banyak terjadi kesalahan memakai kondom. Tak sedikit karena salah memakai membuat kondom yang digunakan bocor.

Baca Juga: 4 Obat Jamur Kuku Alami yang Mudah Dicari, Mau Coba?

Lantas bagaimana cara memakai kondom dengan benar?

Melansir dari Very Well Health, berikut cara memakai kondom dengan benar yang perlu Anda ketahui:

1. Periksa Tanggal Kedaluwarsa

Langkah pertama cara memakai kondom dengan benar adalah memastikannya masih bisa digunakan. Selalu periksa tanggal kedaluwarsa pada kemasan kondom sebelum menggunakannya.

Ketika kondom sudah tua atau disimpan dengan tidak benar, lateks akan rusak. Hal ini meningkatkan risiko kondom menjadi kurang efektif. Selain itu pastikan kemasan kondom tidak ada yang rusak, robek, lubang dan lain-lain.

2. Rasakan Gelembung Udara

Cara lain untuk memeriksa kesegaran paket kondom adalah dengan merasakan gelembung udara. Gelembung udara sengaja dimasukkan ke dalam kemasan untuk melindungi kondom dari kerusakan. Kehadirannya berarti tidak ada lubang di kemasan dan kondom harus utuh.

Baca Juga: 4 Penyebab Telat Haid yang Kerap Luput Dari Perhatian, Catat!

3. Buka Paket dengan Hati-hati

Bungkus foil tempat kondom masuk cukup mudah dibuka, tetapi penting untuk berhati-hati saat membukanya. Pada tahapan ini Anda dianjurkan untuk mencuci tangan terlebih dahulu. Selain itu, saat membuka disarankan untuk tidak menggunakan beda tajam supaya kondom tidak robek.

4. Temukan Sisi Kondom yang Benar

Pegang kondom dan pastikan sisi yang akan Anda tempatkan pada penis adalah yang benar. Hindari memasukkan jari ke dalam kondom supaya tetap dalam kondisi steril.

5. Siapkan Ruangan dan Pasang Kondom

Jepit ujung kondom dengan bantalan jari Anda dan letakkan di penis. Hal tersebut guna memastikan bahwa ada ruang untuk cairan yang dikeluarkan selama ejakulasi (klimaks). Tanpa itu, kondom bisa pecah.

Baca Juga: Waspada 4 Penyebab Kencing Berdarah yang Mungkin Anda Alami

6. Buka Gulungan Kondom

Setelah kondom terpasang, buka gulungannya sehingga menutupi seluruh batang penis. Hal ini akan membantu mengurangi risiko penularan penyakit seksual apa pun yang ditularkan dari kontak kulit ke kulit, seperti sifilis. Itu juga membuat kondom lebih kecil kemungkinannya untuk tergelincir daripada jika hanya digulung sebagian.

7. Periksa Udara yang Terjebak

Jika ujung kondom terasa seperti balon yang mengembang, berarti ada udara di dalamnya. Membiarkannya di sana bisa membuat kondom lebih mungkin pecah saat berhubungan seks.

Lepaskan udara dengan meletakkan tangan Anda di sekitar penis dan dengan lembut menghaluskan kondom dari ujung ke pangkal. Kadang-kadang menempatkan sedikit pelumas di ujung kondom sebelum memakainya dapat membantu mencegah hal ini.

Baca Juga: Jadwal BRI Liga 1 2022/2023: Bali United vs Persikabo 1973 Pekan 11 Tayang 20.30 WIB

8. Pegang Kondom Saat Menarik

Setelah ejakulasi, kondom harus dilepas dengan hati-hati sebelum penis menjadi kurang ereksi.

Saat penis ditarik dari vagina, pegang bagian dasarnya untuk menahan ejakulasi di dalam. Jika kondom terlepas dari dalam pasangan Anda, putar ujung kondom yang terbuka hingga tertutup sebelum melepaskannya.

9. Buang Kondomnya

Cara memakai kondom yang tidak boleh dilewatkan yaitu membuang kondom harus diletakkan di tempat sampah, bukan toilet karena dapat menyumbat pipa.
Sebaiknya bungkus kondom dengan kertas toilet atau handuk kertas agar tidak bocor dan berantakan. Ini juga melindungi privasi Anda dengan lebih baik.

Selanjutnya: Cuaca Sedang Tak Menentu, 4 Teh Herbal Ini Bisa Mencegah Flu dan Pilek

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru