kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.503.000   7.000   0,47%
  • USD/IDR 15.500   0,00   0,00%
  • IDX 7.735   86,10   1,13%
  • KOMPAS100 1.202   10,90   0,91%
  • LQ45 959   9,37   0,99%
  • ISSI 233   1,70   0,73%
  • IDX30 492   5,97   1,23%
  • IDXHIDIV20 591   7,28   1,25%
  • IDX80 137   1,31   0,97%
  • IDXV30 143   0,56   0,39%
  • IDXQ30 164   1,93   1,19%

80 Warga Jepang Tewas Karena Suplemen Kolesterol, Cek Obat Penurun Kolesterol Alami


Kamis, 25 Juli 2024 / 06:04 WIB
80 Warga Jepang Tewas Karena Suplemen Kolesterol, Cek Obat Penurun Kolesterol Alami
ILUSTRASI. 80 Warga Jepang Tewas Karena Suplemen Kolesterol, Cek Obat Penurun Kolesterol Alami


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

Obat Penurun Kolesterol - Jakarta. Puluhan orang di Jepang meninggal dunia setelah konsumsi suplemen penurun kolesterol. Untuk mencegah hal-hal buruk terjadi, pilihlah obat penurun kolesterol dari bahan alami berikut.

Obat penurun kolesterol alami ini hanya untuk membantu pengobatan dokter. Penderita tetap harus minum obat penurun kolesterol sesuai resep dokter.

Diberitakan Kompas.com, sebanyak 80 orang di Jepang meninggal dunia usai mengonsumsi suplemen penurun kolesterol produksi Kobayashi Pharmaceutical. Sebagai bentuk tanggungjawab, dua petinggi perusahaan memutuskan mundur dari jabatannya pada Selasa (23/7/2024).

Kedua eksekutif tersebut yaitu Kobayashi Kazumasa sebagai komisaris utama dan Kobayashi Akihiro selaku presiden perusahaan.

Perusahaan mengungkapkan, mundurnya dua petinggi tersebut merupakan bentuk tanggung jawab atas kematian yang disebabkan oleh suplemen produksi mereka. "Untuk menunjukkan tanggung jawab eksekutif atas serangkaian tindakan yang dilakukan perusahaan kami terkait dengan masalah 'beni-koji," ungkap perusahaan, dikutip dari Strait Times, Selasa (23/7/2024).

Beni Koji Choleste Help merupakan suplemen kolesterol buatan Kobayashi Pharmaceutical yang diduga menyebabkan 80 orang meninggal dunia. 

Akihiro Kobayashi masih tetap akan bertanggung jawab dengan memberikan kompensasi pada korban. Dengan lengsernya Akihiro Kobayashi, maka posisi presiden perusahaan akan diisi oleh eksekutif senior Yamane Satoshi.

Permasalahan suplemen ini bermula pada bulan Maret 2024, ketika Kobayashi Pharmaceutical yang merupakan perusahaan terkenal di Jepang, menarik tiga merek suplemen dari sejumlah toko usai pelanggan mengeluhkan gangguan ginjal. Mulanya, perusahaan melaporkan setidaknya ada 26 orang yang harus dirawat di rumah sakit dan satu orang meninggal dunia.

Diketahui, pelanggan yang meninggal tersebut telah mengonsumsi suplemen Beni Koji Choleste Help selama tiga tahun dari April 2021 hingga Februari 2024. Pada akhir Maret dilaporkan, ada 5 orang meninggal dan lebih dari 100 orang dirawat.

Menanggapi berita itu, Otoritas Kesehatan Jepang pun mulai melakukan pemeriksaan di pabrik kedua Kobayashi Pharmaceutical di Jepang bagian barat pada Minggu (31/3/2024). Penyelidikan kemudian diperluas terhadap penggunaan bahan ragi merah atau "Beni-Koji" yang terkandung dalam suplemen buatan Kobayashi Pharmaceutical.

Beni-koji adalah sejenis jamur merah yang diketahui dapat mengurangi kadar kolesterol jahat. Bahan ini juga telah digunakan dalam makanan, minuman beralkohol, serta obat tradisional selama berabad-abad di Asia Timur.

Namun, Beni-Koji disebut memiliki kandungan citrinin yang diyakini bisa memicu penyakit ginjal. Di sisi lain, Kobayashi Pharmaceutical juga telah melakukan penelitian terhadap suplemen buatannya, tetapi tidak menemukan adanya citricinin.

Mereka justru menemukan bahan yang diduga merupakan asam puberulic. Senyawa tersebut diproduksi oleh penicillium jamur biru dalam bahan Beni-Koji dan berpotensi beracun.

Baca Juga: Nomor 1 Bukan UGM atau ITB, Ini 20 Universitas Terbaik Indonesia 2024

Obat penurun kolesterol alami

Obat penurun kolesterol alami bisa berupa ramuan penurun dari bumbu-bumbu dapur. 

Dilansir dari website resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Kulonprogo, berikut beberapa ramuan penurun kolesterol tinggi serta cara membuatnya:

1. Jamur Lingzhi

Ramuan penurun kolesterol tinggi yang pertama adalah berbahan jamur lingzhi. Cara membuat ramuan tradisional untuk menurunkan kolesterol adalah siapkan 10 gram jamur lingzhi.

Lalu jamur lingzhi dipotong-otong seperlunya. Rebus dengan 3 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, airnya diminum sekaligus.

Baca Juga: 4 Jamur yang Efektif Merontokkan Kolesterol Jahat

2. Daun asam

Ramuan penurun kolesterol tinggi yang kedua adalah menggunakan daun asam. Cara membuat ramuan tradisional untuk menurunkan kolesterol ini menggunakan 12 gram daun asam segar.

Pertama-tama, daun asam dicuci bersih, lalu didihkan dengan air 1 gelas selama 15 menit. Setelah dingin, air disaring lalu diminum sekaligus. Minum ramuan tradisional untuk menurunkan kolesterol 2x sehari.

3. Temulawak

Ramuan penurun kolesterol tinggi yang ketiga adalah menggunakan temulawak. Cara membuat ramuan tradisional untuk menurunkan kolesterol ini menggunakan 3 jari rimpang temulawak segar.

Tahap awal, rimpang temulawak dikupas kulitnya, lalu diparut, tambahkan 3/4 cangkir air panas dan biarkan mengendap. Setelah dingin, endapannya dibuang, airnya diminum. Minumlah ramuan tradisional untuk menurunkan kolesterol secara rutin setiap hari.

4. Seledri

Ramuan penurun kolesterol tinggi yang keempat adalah berbahan seledri. Cara membuat ramuan tradisional untuk menurunkan kolesterol ini dengan menyiapkan 30 gram akar seledri segar.

Caranya, akar seledri dicuci bersih, lalu direbus dengan 2 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, air disaring, minum sekaligus.

5. Daun sirih

Ramuan penurun kolesterol tinggi yang kelima adalah dengan daun sirih. Cara membuat ramuan tradisional untuk menurunkan kolesterol ini dengan menyiapkan 15 lembar daun sirih segar.

Pertama, daun dicuci bersih, lali direbus dalam 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, air disaring dan diminum sekaligus. Minum ramuan tradisional untuk menurunkan kolesterol ini setiap hari.

Itulah ramuan untuk obat penurun kolesterol tinggi beserta cara membuatnya. Kombinasikan ramuan tradisional tersebut dengan cara lain menurunkan kolesterol secara alami agar lebih terasa khasiatnya.

Baca Juga: Jokowi Akan Umumkan Kenaikan Gaji ASN 2025, Berapa Gaji PNS, TNI & Polisi Tahun 2024?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Penerapan Etika Dalam Penagihan Kredit Macet Eksekusi Jaminan Fidusia Pasca Putusan MK

[X]
×