kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.406.000   2.000   0,14%
  • USD/IDR 16.247
  • IDX 7.284   -30,03   -0,41%
  • KOMPAS100 1.139   -7,05   -0,61%
  • LQ45 919   -4,71   -0,51%
  • ISSI 218   -0,52   -0,24%
  • IDX30 458   -3,28   -0,71%
  • IDXHIDIV20 550   -3,80   -0,69%
  • IDX80 129   -0,60   -0,46%
  • IDXV30 130   -0,36   -0,27%
  • IDXQ30 154   -1,15   -0,74%

Aturan Makan Telur untuk Penderita Kolesterol, Cek Buah Penurun Kolesterol


Senin, 29 April 2024 / 12:06 WIB
Aturan Makan Telur untuk Penderita Kolesterol, Cek Buah Penurun Kolesterol
ILUSTRASI. Aturan Makan Telur untuk Penderita Kolesterol, Cek Buah Penurun Kolesterol


Reporter: Adi Wikanto, Rezki Wening Hayuningtyas | Editor: Adi Wikanto

Buah Penurun Kolesterol Tinggi-KONTAN.CO.ID - Jakarta. Penderita kolesterol tetap boleh makan telur. Simak aturan makan telur untuk penderita kolesterol. Cek juga daftar buah penurun kolesterol tinggi.

Telur adalah salah satu sumber makanan yang kaya akan protein. Protein pada telur bagus untuk kesehatan badan.

Namun, telur juga mengandung kolesterol tinggi. Terutama, kolesterol tersebut terletak di di kuning telur.

Diberitakan Kompas.com, satu telur besar mengandung sekitar 200 mg kolesterol. Meskipun kandungan kolesterol dalam telur cukup tinggi, tetapi konsumsi telur tidak selalu berkontribusi terhadap peningkatan kadar kolesterol dalam darah secara signifikan pada semua orang.

Penting untuk diingat bahwa pengolahan dan cara memasak telur juga dapat memengaruhi kandungan nutrisi dan kolesterolnya. Misalnya, memasak telur dengan cara direbus, mengukus, atau memanggang lebih baik daripada menggoreng dalam minyak karena metode memasak ini tidak menambahkan lemak tambahan.

Berapa jumlah telur yang aman dikonsumsi untuk penderita kolesterol tinggi?

Melansir Health, bagi orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi, tidak perlu menghindari telur sepenuhnya. Meskipun telur mengandung kolesterol dan lemak, mereka tetap menjadi bagian penting dari pola makan sehat secara keseluruhan.

Namun, orang-orang tersebut harus memperhatikan asupan lemak jenuh, lemak trans, dan kolesterol dari makanan lain dalam diet mereka. Dalam hal ini, membatasi konsumsi telur hingga 4-5 telur per minggu mungkin merupakan langkah yang bijaksana. Hal ini juga berlaku untuk mereka yang memiliki kelebihan berat badan, obesitas, atau faktor risiko lain untuk penyakit jantung.

Apakah lebih baik hanya mengonsumsi telur putih?

Melansir Healthline, 1 telur besar mengandung sekitar 200 mg kolesterol. Kolesterol tersebut terkonsentrasi di kuning telur. Oleh karena itu, beberapa orang memilih untuk hanya mengonsumsi putih telur untuk mengurangi asupan kolesterol mereka sambil tetap mendapatkan sumber protein rendah lemak yang baik.

Namun, Anda sebaiknya tidak meniadakan kuning telur sepenuhnya karena kandungan kolesterolnya. Kuning telur juga merupakan bagian dari telur yang kaya akan zat besi, vitamin D, karotenoid, dan lainnya.

Saat ini, belum banyak bukti yang mendukung konsumsi hanya putih telur pada individu yang sehat. Bahkan, dengan menghindari kuning telur, Anda mungkin kehilangan banyak manfaat kesehatan yang ditawarkan telur.

Di sisi lain, jika Anda memiliki risiko tinggi terkena penyakit jantung atau sudah memiliki kolesterol tinggi, memprioritaskan konsumsi putih telur dan membatasi jumlah kuning telur yang Anda makan selama seminggu bisa membantu mencegah peningkatan kolesterol Anda lebih lanjut.

Baca Juga: Cek Sekarang, Ini Makanan Penurun Kolesterol Paling Cepat yang Bisa Dicoba

Buah penurun kolesterol

Selain obat-obatan, sejumlah buah memiliki manfaat sebagai penurun kolesterol. Bersumber dari Eat This, berikut daftar buah-buahan penurun kolesterol:

1. Jeruk

Buah-buahan penurun kolesterol yang pertama adalah jeruk. Kaya akan nutrisi esensial tanpa gula tambahan, konsumsi jus jeruk 100% secara teratur telah dikaitkan dengan penurunan kolesterol total dan LDL, serta risiko lebih rendah memiliki HDL yang rendah, khususnya pada pria.

2. Semangka

Buah-buahan penurun kolesterol yang kedua adalah semangka. Kaya akan likopen, semangka dapat membantu menangkal radikal bebas dan mencegah kenaikan kolesterol. Mengganti minuman bergula dengan jus semangka adalah cara yang menyegarkan untuk menambahkan nutrisi penting ke dalam diet Anda.

3. Plum

Buah-buahan penurun kolesterol yang ketiga adalah plum. Hanya dengan mengonsumsi 50 gram plum setiap hari (sekitar 5-6 buah), dapat meningkatkan HDL (kolesterol baik) pada wanita pascamenopause, sambil menurunkan peradangan dan meningkatkan aktivitas antioksidan.

4. Apel

Buah-buahan penurun kolesterol yang keempat adalah apel. Buah apel sangat kaya akan pektin. Pektin adalah serat larut yang dapat mengikat kolesterol dalam sistem pencernaan, memindahkannya ke hati untuk dieliminasi, membantu mendukung kadar kolesterol sehat.

5. Berries

Buah-buahan penurun kolesterol yang kelima adalah berries. Buah beri termasuk di antara buah terbaik untuk menurunkan kolesterol karena kandungan serat dan antioksidan. Buah beri melindungi kolesterol LDL dari oksidasi, sehingga membantu melindungi dari efek berbahaya kolesterol tinggi.

Itulah aturan makan telur untuk penderita kolesterol dan daftar buah penurun kolesterol dalam tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
[ntensive Boothcamp] Business Intelligent with Ms Excel Pre-IPO : Explained

[X]
×