kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,55   2,12   0.24%
  • EMAS1.333.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

8 Obat Radang Tenggorokan Alami yang Ampuh dan Mudah Dibuat di Rumah


Selasa, 31 Oktober 2023 / 15:40 WIB
8 Obat Radang Tenggorokan Alami yang Ampuh dan Mudah Dibuat di Rumah
ILUSTRASI. Obat radang tenggorokan alami yang ampuh.


Penulis: Virdita Ratriani

Obat Radang Tenggorokan Alami -  Obat radang tenggorokan alami bisa jadi alternatif selain obat-obatan bebas yang ada di apotik. Obat radang tenggorokan yang ampuh bahkan bisa dibuat sendiri dan bahannya mudah didapatkan.

Radang tenggorokan atau faringitis adalah kondisi peradangan yang terjadi pada bagian tenggorokan (faring) yang disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri.

Faringitis adalah infeksi menular yang disebar melalui kontak langsung dengan penderita. Kontak langsung bisa terjadi lewat aktivitas yang melibatkan lendir atau air liur. 

Misalnya, lewat ciuman atau penggunaan sikat gigi yang terkontaminasi. Selain bakteri dan virus, penyebab radang tenggorokan juga termasuk jamur, alergi, iritasi, hingga HIV.  

Baca Juga: 9 Penyebab Tenggorokan Kanan Sakit yang Perlu Diwaspadai dan Cara Mengatasinya

Nah, kondisi radang tenggorokan bisa menimbulkan rasa tidak nyaman bagi penderitanya. Untuk itu, obat radang tenggorokan alami bisa dibuat sendiri untuk meredakan gejalanya.

Namun, jika setelah mengonsumsi obat radang tenggorokan yang ampuh gejalanya tidak mereda maka segera periksakan diri ke dokter. Sebab, kemungkinan radang tenggorokan merupakan gejala dari penyakit lain. 

Lantas, apa saja obat radang tenggorokan alami? 

Baca Juga: 5 Bahaya Tidur Setelah Makan, Berapa Jam Jarak Tidur Setelah Makan yang Ideal?

Obat radang tenggorokan alami

Obat radang tenggorokan yang ampuh

Berikut ini sederet obat radang tenggorokan alami sebagaimana dilansir dari laman Medical News Today:

1. Madu

Obat radang tenggorokan alami pertama yaitu madu. Madu adalah bahan yang sering digunakan untuk meredakan sakit tenggorokan.

Madu mungkin sangat efektif bila seseorang mengombinasikannya dengan air hangat dan cuka sari apel atau herba lainnya. Beberapa orang memilih untuk menggunakan madu mentah atau madu manuka.

Madu digunakan sebagai obat karena memiliki efek antiinflamasi, antioksidan, dan antimikroba. Namun, madu hanya bisa digunakan sebagai obat radang tenggorokan alami yang ampuh untuk orang dewasa.

Anak-anak di bawah usia 1 tahun harus menghindari madu. Sebab, madu mengandung bakteri Clostridium botulinum yang dapat menyebabkan keracunan serius pada bayi.

Selain itu, orang yang menghindari gula atau mengikuti diet rendah karbohidrat mungkin ingin memilih pengobatan lain, karena madu adalah salah satu bentuk gula.

Baca Juga: 8 Manfaat Asam Jawa untuk Kesehatan yang Menakjubkan dan Kandungan Nutrisinya

2. Cuka sari apel

Obat radang tenggorokan alami yang sudah digunakan sejak lama adalah cuka apel. Cuka apel telah dipakai dalam pengobatan tradisional selama berabad-abad. 

Bahan bahan aktif utama cuka sari apel adalah asam asetat yang membantu melawan bakteri. Campuran cuka sari apel dengan air hangat dapat membantu meredakan sakit tenggorokan. 

Hippokrates, yang dikenal sebagai bapak kedokteran Yunani, meresepkan kombinasi cuka sari apel dan madu, yang disebut oxymel, untuk mengobati gejala flu, seperti batuk dan sakit tenggorokan.

Untuk membantu meredakan sakit tenggorokan, minumlah 1 cangkir air hangat yang dicampur dengan 1 sendok makan (sdm) cuka sari apel dan 1 sendok makan madu. Cuka sari apel sangat direkomendasikan sebagai obat alami radang tenggorokan.

Baca Juga: Kaya Vitamin dan Serat! 5 Sayuran Ini Membantu Meningkatkan Kekebalan Tubuh

3. Air garam

Air garam juga menjadi salah satu obat radang tenggorokan alami yang ampuh. Berkumur dengan air garam adalah obat alami untuk menghilangkan sakit tenggorokan.

Garam membantu mengurangi pembengkakan dengan menarik air keluar dari jaringan tenggorokan. Hal ini juga dapat membantu membunuh mikroba berbahaya di tenggorokan.

Untuk pemakaiannya sebagai obat radang tenggorokan alami, campurkan 1 cangkir air hangat dengan 1 sendok teh garam dan aduk hingga larut. Berkumurlah dengan seteguk campuran ini selama 30 detik setiap satu jam sekali.

Berkumur setiap jam dengan air garam hangat dapat membantu mengurangi pembengkakan dan meredakan ketidaknyamanan tenggorokan.

Baca Juga: Ampuh Turunkan Asam Urat, Ini 7 Manfaat Daun Suruhan untuk Kesehatan

4. Air lemon

Obat radang tenggorokan alami selanjutnya adalah perasan lemon. Air lemon adalah minuman menyegarkan yang juga dapat mengurangi sakit tenggorokan pada saat pilek atau flu.

Lemon mengandung vitamin C dan antioksidan kuat lainnya. Senyawa ini melawan peradangan dan mengurangi stres oksidatif, yang merupakan gejala umum penyakit.

Campurkan lemon dengan air hangat dan sedikit madu atau air garam untuk memaksimalkan manfaatnya sebagai obat radang tenggorokan alami. 

Baca Juga: Sumber Vitamin C, Khasiat Air Jeruk Nipis Bisa Mengontrol Gula Darah

5. Jahe

Jahe adalah salah satu obat radang tenggorokan alami. Jahe adalah rempah-rempah dengan efek antibakteri dan antiradang yang dapat membantu meredakan sakit tenggorokan. 

Beberapa studi menemukan bahwa ekstrak jahe dapat membunuh beberapa bakteri dan virus penyebab penyakit pernapasan. 

Selain itu, jahe juga dapat mengurangi peradangan pada penderita tuberkulosis yang merupakan infeksi paru-paru.

Baca Juga: Meningkatkan Metabolisme Tubuh! Ini Manfaat Teh Daun Salam untuk Sistem Pencernaan

6. Minyak kelapa

Minyak kelapa adalah makanan dengan beberapa manfaat kesehatan. Salah satunya dapat dijadikan obat radang tenggorokan alami yang ampuh. 

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa minyak kalapa dapat membantu melawan infeksi dan mengurangi peradangan di area yang terpapar.

Minyak kelapa juga sangat menenangkan karena membantu melumasi selaput lendir di tenggorokan. Itu sebabnya minyak kelapa sangat direkomendasikan sebagai obat alami radang tenggorokan.

7. Kayu manis

Kayu manis merupakan rempah yang harum dan nikmat dengan kandungan antioksidan yang tinggi. Kayu manis juga memiliki sifat antibakteri sebagai obat alami radang tenggorokan.

Dalam pengobatan Tiongkok, kayu manis adalah obat tradisional untuk pilek, flu, dan obat alami radang tenggorokan.

Baca Juga: Ini 7 Cara Mengatasi Tenggorokan Serak yang Mengganggu dengan Bahan Alami

8. Sup ayam

Sup ayam juga merupakan obat radang tenggorokan yang ampuh. Sup ayam dikenal sebagai pereda gejala flu dan sakit tenggorokan alami. 

Sup ayam juga merupakan makanan yang menenangkan dan dapat membuat penderita flu, pilek, maupun radang tenggorokan mendapatkan banyak cairan saat sakit. 

Untuk dijadikan obat alami radang tenggorokan, coba tambahkan bawang putih ke dalam sup ayam. Bawang putih mengandung senyawa bioaktif yang juga dapat memberikan manfaat pada saat sakit.

Itulah sederet obat radang tenggorokan alami yang ampuh. Sejumlah obat radang tenggorokan alami bisa dibuat sendiri dan bahannya pun mudah didapatkan. 

Selanjutnya: Ikut Daftar Program Bagi-bagi Rice Cooker, Cosmos Siap pasok 100.000-150.000 Unit

Menarik Dibaca: Sesi Dua IHSG Belum Mampu Menanjak, Tetap Ada Potensi Bakal Menguat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Accounting Mischief Practical Business Acumen

[X]
×