kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.443.000   4.000   0,28%
  • USD/IDR 15.405   0,00   0,00%
  • IDX 7.812   13,98   0,18%
  • KOMPAS100 1.184   -0,59   -0,05%
  • LQ45 959   0,88   0,09%
  • ISSI 227   0,13   0,06%
  • IDX30 489   0,88   0,18%
  • IDXHIDIV20 590   1,24   0,21%
  • IDX80 134   -0,05   -0,04%
  • IDXV30 139   -1,25   -0,90%
  • IDXQ30 163   0,24   0,15%

8 Manfaat Kurangi Gula untuk Kesehatan Tubuh Jika Dilakukan Konsisten


Selasa, 20 Juni 2023 / 13:25 WIB
8 Manfaat Kurangi Gula untuk Kesehatan Tubuh Jika Dilakukan Konsisten
ILUSTRASI. Manfaat kurangi gula antara lain menurunkan risiko untuk terkena diabetes dan penyakit kronis lainnya. Kamis (5/3). KONTAN/Baihaki/5/3/2015


Penulis: Virdita Ratriani

Manfaat Mengurangi Gula - Manfaat kurangi gula bisa dirasakan oleh tubuh jika dilakukan secara konsisten. Konsumsi gula yang berlebihan seringkali dikaitkan memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan tubuh. 

Efek samping konsumsi gula berlebih diantaranya adalah obesitas, diabetes, penyakit jantung, hingga penyakit kronis lainnya. Untuk itu, Kementerian Kesehatan memberikan rekomendasi mengenai batas konsumsi gula, garam, dan lemak dalam sehari. 

Batas konsumsi gula per hari yakni 50 gram atau setara dengan empat sendok makan menurut Kemenkes. Sementara, beberapa manfaat kurangi gula antara lain menurunkan risiko untuk terkena diabetes dan penyakit kronis lainnya. 

Selain itu, apa saja manfaat kurangi konsumsi gula? 

Baca Juga: 6 Manfaat Madu untuk Kesehatan Tubuh Jika Rajin Dikonsumsi Sehari-hari

Manfaat kurangi gula untuk kesehatan tubuh

Dirangkum dari laman WebMD dan Healthline, berikut adalah manfaat kurangi gula untuk kesehatan tubuh:

1. Menjaga berat badan ideal 

Manfaat kurangi gula bisa membantu menjaga berat badan ideal. Makanan dan minuman tinggi gula tambahan cenderung kaya kalori namun rendah nutrisi seperti protein dan serat. 

Untuk itu, terlalu sering konsumsi makanan dan minuman manis dapat meningkatkan berat badan. Asupan gula tambahan yang tinggi juga dikaitkan dengan peningkatan lemak visceral, jenis lemak yang berada di sekitar organ. 

Peningkatan lemak visceral sangat berkorelasi dengan peningkatan risiko penyakit. 

Baca Juga: Anda Sedang Stres? Coba Hindari 5 Makanan Ini Kala Stres Melanda ya Moms

2. Menurunkan kadar trigliserida

Manfaat kurangi gula juga bisa menurunkan kadar trigliserida dalam tubuh. Trigliserida adalah kelebihan kalori yang tidak terpakai dalam tubuh. 

Trigliserida dihasilkan dari makanan berlemak dan makanan sumber karbohidrat yang mengandung kalori.

Ambang batas normal trigliserida yang ada di dalam tubuh adalah kurang dari 150 mg/dl. Jika tubuh kelebihan trigliserida maka dapat rentan terkena penyakit kronis. 

Baca Juga: 10 Cara Menurunkan Gula Darah Menjadi Normal Secara Alami dan Cepat

3. Menurunkan risiko penyakit jantung

Manfaat kurangi gula juga menurunkan risiko penyakit jantung. Trigliserida tinggi meningkatkan risiko penyakit jantung. 

4. Menjaga kesehatan gigi 

Gula adalah sumber makanan utama bagi bakteri yang tumbuh di mulut dan menyebabkan kerusakan gigi. Bakteri tersebut dapat menyebabkan gigi berlubang dan infeksi yang lebih serius.

Apalagi kondisi tersebut dapat lebih buruk jika seseorang tidak menyikat dan membersihkan gigi setiap hari. Untuk itu, manfaat kurangi konsumsi gula dapat membantu menjaga kesehatan gigi.

Baca Juga: Cari Tahu yuk Moms, Inilah Sederet Manfaat Buah Cempedak untuk Kesehatan

5. Gula darah

Manfaat kurangi gula adalah bisa menjaga kadar gula darah dan meminimalisir risiko terkena diabetes tipe 2. Makanan dan minuman manis seperti soda, permen, minuman dalam kemasan, maupun minuman berenergi mengandung fruktosa, jenis gula yang dapat diserap dengan cepat oleh tubuh.

Terlalu banyak mengonsumsi fruktosa dapat meningkatkan resistensi insulin. Resistensi insulin adalah suatu kondisi di mana sel-sel tubuh menjadi kurang sensitif terhadap insulin, hormon yang mengatur kadar gula darah tubuh. 

Hal tersebut meningkatkan kadar gula darah dan dapat menyebabkan kerusakan sel serta risiko beberapa penyakit. Namun, manfaat kurangi konsumsi gula ini bisa dirasakan oleh tubuh jika dilakukan secara konsisten.  

Baca Juga: Apa Itu Ibuprofen? Catat Jenis, Kegunaan, dan Efek Samping Ibuprofen

6. Menjaga kesehatan hati 

Terlalu banyak mengonsumsi fruktosa juga dapat meningkatkan risiko terkena penyakit perlemakan hati non-alkohol. Penyakit ini adalah kondisi yang ditandai dengan penumpukan lemak di hati. 

Satu studi menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi 1 liter minuman bersoda setiap hari selama enam bulan memiliki perlemakan di hati. 

Studi lain pada 41 anak-anak dan remaja dengan obesitas dan konsumsi gula yang tinggi menunjukkan bahwa membatasi konsumsi gula selama sembilan hari dapat mengurangi 3,4% lemak hati dan peningkatan resistensi insulin. 

Baca Juga: Pahami 5 Cara Mengatasi Bibir Kering dengan Benar, Gimana?

7. Memiliki risiko yang lebih rendah untuk terkena penyakit 

Manfaat kurangi gula juga bisa memiliki risiko yang lebih rendah untuk terkena penyakit.

Orang yang mengonsumsi gula berlebih cenderung menderita diabetes, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, penyakit hati, dan penyakit kronis lainnya. 

8. Penyerapan nutrisi tubuh lebih baik

Manfaat kurangi gula juga bisa membantu tubuh mendapatkan nutrisi yang lebih baik. Meskipun Anda memiliki berat badan ideal, tetapi tetap penting untuk tubuh mendapatkan kalori dari buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, ikan, dan biji-bijian. 

Baca Juga: Lapar Terus Padahal Habis Makan? Kenali 5 Penyebab Lapar Ini

Makanan ini memiliki lebih banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk memperbaiki dan melindungi dirinya sendiri.

Selain itu, makanan tersebut juga mengandung serat yang dapat membantu tubuh memperlambat penyerapan glukosa dan membuat kadar gula darah menjadi lebih stabil. 

Demikian sejumlah manfaat kurangi gula yang sebaiknya Anda terapkan. Namun, manfaat kurangi konsumsi gula ini bisa dirasakan oleh tubuh jika dilakukan secara konsisten.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management Principles (SCMP) Mastering Management and Strategic Leadership (MiniMBA 2024)

[X]
×