8 Manfaat Kacang Almond untuk Kesehatan: Sumber Antioksidan Bagi Tubuh

Kamis, 26 Mei 2022 | 14:51 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
8 Manfaat Kacang Almond untuk Kesehatan: Sumber Antioksidan Bagi Tubuh

ILUSTRASI. Manfaat kacang almond.


KONTAN.CO.ID - Ada banyak manfaat kacang almond untuk kesehatan tubuh di balik rasanya yang lezat. Selain dijadikan camilan, kacang ini juga banyak digunakan untuk berbagai campuran makanan.

Bulir kacang almond relatif lebih besar dibandingkan kacang-kacangan lainnya. Almond juga akan terasa sangat mengenyangkan.

Kacang almond mulai populer sejak dibudidayakan di Amerika Serikat. Almond awalnya berasal dari Spanyol, lalu dibawa para pelaut Eropa ke Benua Amerika.

Lantas, apa saja manfaat kacang almond untuk kesehatan? 

Baca Juga: Makanan Kaya Vitamin dan Mineral yang Bisa Meningkatkan Kesehatan Mata

8 Manfaat kacang almond untuk kesehatan

Berikut ini manfaat almond bagi kesehatan seperti dikutip dari Healthline:

1. Sumber banyak nutrisi

Manfaat kacang almond yang pertama adalah sebagai sumber nutrisi. Almond adalah kacang yang sangat kaya nutrisi. 

Setiap 1 ons almond mengandung kalori sebesar 173, protein 5 gram, lemak 16 gram, dan serat 3 gram. Almond juga sangat kaya vitamin E, magnesium, fosfor, tembaga, mangan, dan selenium.

Makanan jenis kacang-kacangan seperti almond, kacang mete, dan hazelnut memang pada umumnya merupakan makanan yang kaya nutrisi.

2. Sumber antioksidan

Manfaat almond salah satunya yakni sebagai sumber antioksidan, termasuk polifenol dalam kacang-kacangan, yang dapat melawan radikal bebas.

Satu studi menemukan, kacang almond dan kenari memiliki polifenol yang lebih besar untuk melawan radikal bebas daripada ikan.

Penelitian menunjukkan, antioksidan dalam kenari dan almond dapat melindungi lemak halus di sel tubuh dari kerusakan akibat oksidasi.

Baca Juga: Jika Paru-paru Kotor, Bersihkan dengan 8 Cara Alami Ini

3. Penurun berat badan

Selanjutnya, manfaat kacang almond juga bisa sebagai penurun berat badan. Meskipun dianggap sebagai makanan berkalori tinggi, penelitian menunjukkan, kacang-kacangan dapat membantu menurunkan berat badan. 

Manfaat kacang almond secara konsisten terbukti meningkatkan penurunan berat badan. Dalam sebuah penelitian lain pada wanita yang kelebihan berat badan. 

Mereka yang makan almond kehilangan berat badan hampir tiga kali lebih banyak dan mengalami penurunan ukuran pinggang yang jauh lebih besar dibandingkan dengan kelompok yang tidak diberi asupan almond.

Baca Juga: Luar Biasa! Inilah 5 Manfaat Buah Kelengkeng Merah untuk Kesehatan

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru