kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,35   -7,01   -0.75%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

8 Manfaat Buah Jambu Monyet untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui Orang


Kamis, 27 Oktober 2022 / 11:36 WIB
8 Manfaat Buah Jambu Monyet untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui Orang
ILUSTRASI. Manfaat jambu monyet untuk kesehatan.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Jambu monyet adalah salah satu jenis jambu yang mungkin tidak sepopuler buah jambu lainnya. Meski demikian, buah jambu monyet juga menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Manfaat buah jambu monyet sendiri berasal dari banyaknya kandungan nutrisi yang terkandung dalam jambu tersebut.

Kandung nutrisi yang terkandung dalam buah jambu monyet contohnya seperti vitamin C, protein, serat, kalsium, kalium, fosfor dan masih banyak lagi nutrisi yang penting untuk tubuh lainnya.

Baca Juga: Ketahui 4 Makanan Penurun Kolesterol Tinggi, Catat!

Selain mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan, buah jambu monyet juga memiliki rasa asam manis yang enak dan menyegarkan saat dikonsumsi.

Lalu apa saja manfaat buah jambu monyet untuk kesehatan?

Berikut ada beberapa manfaat buah jambu monyet untuk kesehatan, di antaranya:

1. Melawan Radikal Bebas

Dilansir dari Healthline, salah satu manfaat buah jambu monyet di antaranya mampu melawan dan menangkal berbagai radikal bebas. Hal tersebut dikarenakan buah jambu monyet mengandung banyak vitamin C dan senyawa fenolik yang kerap disebut flavonoid.

Senyawa yang terkandung dalam buah jambu monyet tersebut mampu mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas yang menyebabkan penyakit jantung, kanker, radang sendi dan lain-lain.

Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan, Sudah Tahu?

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Buah jambu monyet juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Pasalnya, kandungan vitamin C dalam buah jambu monyet mampu meningkatkan produksi sel darah putih dan meningkatkan fungsinya.

3. Mengurangi Risiko Stroke

Mengkonsumsi buah jambu monyet secara rutin juga bermanfaat untuk mengurangi risiko stroke. Selain itu, buah jambu monyet juga mampu menurunkan risiko berbagai penyakit berbahaya lainnya seperti peradangan, kerusakan oksidatif, kesehatan jantung, aterosklerosis, tekanan darah, dan kesehatan endotel.

4. Meningkatkan Kolesterol Baik

Buah jambu monyet merupakan sumber niasin yang mengatur sintesis kolesterol dalam sistem. Senyawa tersebut mampu meningkatkan kadar kolesterol HDL baik, mengurangi jumlah trigliserida berbahaya dan kolesterol LDL jahat dalam darah.

Baca Juga: Apa Saja Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan? Simak!

5. Meningkatkan Metabolisme

Dilansir dari Pharmeasy, mengkonsumsi buah jambu monyet dalam teratur dapat membantu mempercepat asimilasi karbohidrat, lemak dan protein dalam makanan. Hal ini dapat meningkatkan nafsu makan, metabolisme yang tepat, dan membantu menjaga berat badan yang optimal.

6. Melancarkan Sistem Pencernaan

Selain itu, mengkonsumsi buah jambu monyet juga bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan. Pasalnya, buah jambu monyet megandung serat yang efektif mencegah sembelit. Selain itu, serat dalam buah jambu monyet juga bisa dikonsumsi saat diet dan mencegah diabetes.

7. Menyembuhkan Kram Otot

Dilansir dari Healthline, buah jambu monyet memiliki jumlah kalium dan air yang mampu meningkatkan kekuatan otot dan mengurangi kram otot yang sering disebabkan oleh rendahnya kadar kalium, natrium dan dehidrasi.

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Raspberry untuk Kesehatan, Simak!

8. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat buah jambu monyet selanjutnya yaitu dapat digunakan untuk menjaga kesehatan kulit. Pasalnya, buah jambu monyet mengandung air dan mineral yang tinggi. Hal tersebut mampu melembapkan kulit dan membuat kulit tampak lebih cerah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×