kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ketahui 4 Makanan Penurun Kolesterol Tinggi, Catat!


Rabu, 26 Oktober 2022 / 16:06 WIB
Ketahui 4 Makanan Penurun Kolesterol Tinggi, Catat!
ILUSTRASI. Makanan penurun kolesterol tinggi.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Punya masalah kolesterol tinggi? Jangan khawatir ada beberapa makanan penurun kolesterol tinggi. Pasalnya, menjaga asupan makanan adalah salah satu cara menurunkan kolesterol tinggi alami.

Asupan makanan sehat merupakan salah satu dari sekian cara menurunkan kolesterol jahat. Makanan yang cocok bisa menjadi obat alami untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi. 

Dampak buruk jika kolesterol tinggi dan tidak diperhatikan adalah meningkatnya risiko penyakit jantung, darah tinggi, stroke dan berbagai penyakit serius lainnya.

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Raspberry untuk Kesehatan, Simak!

Melansir Heart Foundation, memberikan rekomendasi makanan yang cocok untuk menurunkan kolesterol secara alami. Di antaranya adalah: 

1. Buah dan Sayur 

Berbagai macam buah-buahan dan sayuran yang memiliki banyak serat cocok sekali untuk menurunkan kolesterol. Dengan mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran secara rutin, kadar kolesterol jahat Anda akan segera cepat menurun. 

Baca Juga: Apa Saja Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan? Simak!

2. Kacang Kedelai

Makanan yang cocok untuk dikonsumsi sebagai obat alami penurun kolesterol adalah kacang kedelai. Anda bisa mengkonsumsi berbagai jenis makanan olahan dari kacang kedelai seperti tahu, tempe hingga susu kedelai dengan catatan tanpa pemanis buatan.

3. Oatmeal 

Rekomendasi makanan untuk menurunkan kolesterol secara alami selanjutnya, oatmeal. Selain dipercaya dapat menurunkan kolesterol, oatmeal juga cocok sebagai makanan untuk menurunkan berat badan karena mengandung banyak protein serta rendah kalori. 

Baca Juga: 6 Manfaat Buah Duku untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui, Catat!

4. Lemak Sehat 

Makanan yang cocok untuk menurunkan kolesterol terakhir yaitu dengan mengkonsumsi lemak sehat. Lemak sehat menjadi pilihan yang pas bagi Anda yang memiliki kolesterol tinggi. 

Contohnya, Anda bisa mengkonsumsi alpukat dan mintak zaitun yang memiliki lemak sehat. 

Itulah beberapa rekomendasi makanan yang cocok untuk menurunkan kolesterol jahat. Meski makanan di atas memiliki berbagai manfaat, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter agar manfaat menjadi lebih maksimal. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×