kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45987,90   -2,03   -0.21%
  • EMAS1.142.000 0,35%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Manfaat Buah Raspberry untuk Kesehatan, Simak!


Rabu, 26 Oktober 2022 / 12:08 WIB
5 Manfaat Buah Raspberry untuk Kesehatan, Simak!
ILUSTRASI. Manfaat buah raspberry untuk kesehatan.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Raspberry adalah salah satu jenis buah beri yang mempunyai banyak manfat untuk kesehatan. Manfaat buah raspberry untuk kesehatan berasal dari banyak nutrisi-nutrisi yang terkandung dalam buah tersebut.

Kandungan nutrisi dalam buah raspberry di antaranya vitamin C, vitamin E, vitamin A, serat, protein, kalsium, kalium dan berbagai nutrisi lainnya. Semua kandungan nutrisi tersebut dibutuhkan oleh tubuh.

Sehingga tak heran mengkonsumsi buah raspberry memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Selain itu buah raspberry juga memiliki rasa manis yang enak untuk dikonsumsi langsung.

Baca Juga: 6 Manfaat Buah Duku untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui, Catat!

Jadi, sayang jika Anda belum pernah mencoba mengkonsumsi buah raspberry langsung melihat rasa yang lezat dan manfaat yang melimpah.

Lalu apa saja manfaat buah raspberry untuk kesehatan?

Melansir dari BBC Good Food, ada beberapa manfaat buah raspberry untuk kesehatan, di antaranya:

1. Mengontrol Kadar Gula Darah

Salah satu manfaat mengkonsumi buah raspberry adalah mampu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Hal tersebut dikarenakan indeks glikemik dan kandungan serat yang tinggi sangat efektif mengontrol gula darah.

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa ketika buah raspberry dikonsumsi bersama diet tinggi lemak, hal tersebut membantu menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan respons insulin. 

Baca Juga: 6 Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan, Catat!

2. Mengurangi Risiko Kanker

Buah raspberry kaya akan antioksidan yang efektif melindungi dan mengurangi risiko beberapa jenis kanker tertentu. Seperti kanker usus besar, payudara dan hati. Namun, dibutuhkna penelitian lebih lanjutnya untuk mengkonfirmasi manfaat tersebut.

3. Meredakan Radang Sendi

Buah raspberry juga mengandung senyawa yang bersifat antiinflamasi, salah satunya anthocyanin. Senyawa tersebut efektif untuk mengurangi dan meredakan radang sendi.

4. Mengurangi Tanda-tanda Penuaan

Mengkonsumsi buah raspberry juga baik untuk kesehatan kulit, salah satunya mengurangi tanda-tanda penuaan. Hal tersebut dikarenakan buah raspberry mengandung banyak senyawa polifenol, vitamin C yang penting untuk memproduksi kolagen yang dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV.

Baca Juga: Kenali 6 Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

5. Melindungi dari Sindrom Metabolik

Manfaat buah raspberry yang tak boleh terlewatkan yaitu mampu melindungi Anda dari Sindrom Metabolik atau kombinasi diabetes, tekanan darah tinggi dan obesitas.

Hal tersebut tentu sangat bermanfaat bagi kesehatan. Namun, pastikan jangan mengkonsumsi buah raspberry secara berlebihan untuk menghindari efek samping dan jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Corporate Financial Planning & Analysis Mastering Data Analysis & Visualisation with Excel

[X]
×