kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kenali 6 Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui


Selasa, 25 Oktober 2022 / 19:15 WIB
Kenali 6 Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat daun kelor untuk kesehatan tak lepas dari banyaknya kandungan nutrisi di dalamnya. Ada beberapa manfaat daun kelor yang masih jarang diketahui kebanyakan orang loh. 

Daun kelor sendiri adalah salah satu jenis tanaman tropis yang kerap diolah menjadi berbagai jenis obat herbal karena dinilai punya banyak manfaat.

Manfaat yang didapatkan dari daun kelor berasal dari kandungan nutrisi di dalamnya. Cukup banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh sehingga tak heran daun kelor mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan.

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Ceri untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui Orang, Apa Saja?

Bahkan sebagian orang, ada juga yang menggunakan daun kelor sebagai bahan makanan untuk dikonsumsi. Salah satunya ibu hamil, hal tersebut dikarenakan daun kelor mempunyai manfaat yang dapat meningkatkan produksi ASI. 

Selain itu, dilansir dari Thailand Medical News ada beberapa manfaat daun kelor lain, di antaranya: 

1. Membantu Mengobati Anemia 

Manfaat daun kelor yang pertama adalah dapat dijadikan obat alami untuk penderita anemia atau kekurangan darah. Pasalnya, daun kelor mengandung cukup banyak zat besi, protein dan berbagai nutrisi lain yang bisa membantu meningkatkan sel darah merah. 

2. Mencegah Kanker 

Selain itu, manfaat daun kelor lainnya adalah dapat mencegah tumbuhnya sel-sel kanker yang berbahaya bagi kesehatan. Bahkan, mengkonsumsi daun kelor secara rutin juga bisa membantu proses kemoterapi menjadi lebih efektif.

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui Orang

3. Melindungi Liver 

Mengkonsumsi daun kelor juga dapat melindungi liver loh. Hal tersebut dikarenakan kandungan dalam daun kelor mampu menyaring racun-racun dan meningkatkan metabolisme tubuh. 

4. Menjaga Kesehatan Ginjal 

Daun kelor juga mempunyai manfaat yang bisa menjaga organ tubuh lain, yaitu ginjal. Kandungan  kalsium oksalat dalam daun kelor mempunyai khasiat dapat mencegah batu ginjal. 

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat daun kelor selanjutnya adalah mampu menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan. Kandungan vitamin dan antioksidan dalam daun kelor mampu meningkatkan produksi kolagen serta menutrisi kulit secara maksimal. 

Oleh karena itu, mengkonsumsi daun kelor secara rutin dapat munculnya tanda-tanda penuaan alias jadi awet muda. 

Baca Juga: 6 Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan, Catat!

6. Meredakan Peradangan 

Daun kelor mengandung antioksidan, antiinflamasi, antimikroba, vitamin dan masih banyak lagi nutrisi yang baik bagi kesehatan lainnya. Dengan banyaknya kandungan tersebut daun kelor mempunyai manfaat yang dapat meredakan berbagai macam peradangan atau inflamasi sehingga tubuh bisa terhindar dari berbagai penyakit. 

Meski mempunyai banyak manfaat, Anda tidak boleh mengkonsumsi daun kelor secara berlebihan. Serta disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter agar tidak muncul efek samping dan memaksimalkan manfaat bisa didapatkan dari daun kelor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×