​8 Makanan yang berbahaya bagi kesehatan yang perlu dibatasi dan dihindari

Senin, 17 Mei 2021 | 12:08 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
​8 Makanan yang berbahaya bagi kesehatan yang perlu dibatasi dan dihindari

ILUSTRASI. Ilustrasi junk food sebagai makanan yang berbahaya bagi kesehatan. KONTAN/Baihaki/10/12/2015


KONTAN.CO.ID - Ada beberapa makanan yang berbahaya bagi kesehatan yang sebaiknya dihindari dan dibatasi konsumsinya. 

Mengonsumsi sejumlah makanan tersebut dalam jumlah sedang dan tidak sering memang tidak akan langsung berdampak terhadap kesehatan. 

Namun, sebaiknya hindari sejumlah makanan tersebut agar tidak terserang penyakit yang tidak diinginkan. 

Lantas, apa saja makanan yang berbahaya bagi kesehatan? 

8 Makanan yang berbahaya bagi kesehatan 

Dikutip dari Healthline, berikut adalah 8 makanan yang berbahaya bagi kesehatan dan sebaiknya dibatasi serta dihindari konsumsinya:

1. Minuman manis

Minuman manis adalah minuman berbahaya bagi kesehatan lantaran mayoritas dari produk tersebut mengandung gula tambahan.  Ketika dikonsumsi dalam jumlah besar, gula dapat mendorong resistensi insulin dan sangat terkait dengan penyakit hati berlemak non-alkohol.

Hal ini juga terkait dengan berbagai kondisi serius, termasuk diabetes tipe 2 dan penyakit jantung. Selain itu, meminum minuman manis dalam jumlah banyak juga dapat mendorong penambahan lemak dan obesitas. 

Baca Juga: Manfaat seledri bisa membantu menurunkan berat badan, ini cara penggunaannya

2. Roti putih

Sebagian besar roti putih tidak sehat jika dimakan dalam jumlah banyak, karena dibuat dari gandum olahan, yang minim serat dan nutrisi penting. Selain itu, roti putih juga dapat menyebabkan lonjakan gula darah secara cepat.

Alternatifnya, bisa mengurangi konsumsi roti putih dan menggantinya dengan roti gandum. 

3. Sereal manis

Sereal untuk sarapan pagi biasanya terdiri dari olahan biji-bijian, seperti gandum, oat, nasi, dan jagung. Jenis sarapan ini sangat populer di kalangan anak-anak dan sering dimakan dengan susu.

Untuk membuatnya lebih enak, biji-bijian tersebut dipanggang, diparut, dihancurkan, digiling, atau dipipihkan lalu dicampur dengan gula tambahan. 

Kelemahan utama dari kebanyakan sereal adalah kandungan gula tambahannya yang tinggi. Beberapa sangat manis bahkan bisa dibandingkan dengan permen.

Baca Juga: Ini 3 cara sederhana menurunkan berat badan dengan cepat

4. Makanan yang digoreng, dipanggang, atau dibakar

Selanjutnya, makanan yang berbahaya bagi kesehatan adalah makanan yang diolah dengan cara digoreng, dipanggang, dan dibakar.

Makanan yang dimasak dengan cara ini seringkali sangat enak dan padat kalori. Namun, beberapa jenis senyawa kimia yang tidak sehat juga terbentuk saat makanan dimasak dengan api besar.

Banyak bahan kimia yang terbentuk selama memasak dengan suhu tinggi telah dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker dan penyakit jantung. 

5. Kue kering dan kue basah

Kebanyakan kue kering, biskuit, dan kue basah atau cake tidak sehat jika dimakan berlebihan.

Versi kemasan biasanya dibuat dengan gula rafinasi, tepung terigu olahan, dan lemak tambahan. Camilan ini mungkin enak, tetapi hampir tidak mengandung nutrisi penting, kalori berlebihan, dan banyak pengawet.

Baca Juga: 4 Rekomendasi obat ambeien, bisa dari bahan alami, lo

6. Kentang goreng dan keripik kentang

Kentang secara umum adalah makanan yang sangat sehat. Namun, hal yang sama tidak berlaku untuk kentang goreng dan keripik kentang.

Makanan ini sangat tinggi kalori, dan mudah untuk dimakan dalam jumlah yang berlebihan. Beberapa penelitian mengaitkan kentang goreng dan keripik kentang dengan penambahan berat badan. 

Makanan ini mungkin juga mengandung akrilamida dalam jumlah besar, yang merupakan zat karsinogenik yang terbentuk saat kentang digoreng atau dipanggang.  Untuk itu, lebih baik mengonsumsi kentang dengan direbus. 

7. Daging olahan

Berikutnya, makanan yang berbahaya bagi kesehatan adalah daging olahan seperti sosis, ham, maupun bacon. 

Studi menunjukkan bahwa orang yang makan daging olahan memiliki risiko lebih tinggi terkena banyak penyakit serius, termasuk kanker usus besar, diabetes tipe 2, dan penyakit jantung.

Sebagian besar penelitian ini bersifat observasional, yang berarti bahwa mereka tidak dapat membuktikan bahwa daging olahan adalah penyebabnya. Namun, terdapat hubungan statistik kuat dan konsisten antar studi.

8. Makanan cepat saji

Terakhir, makanan yang berbahaya bagi kesehatan adalah makanan cepat saji. Makanan cepat saji memiliki rendah nutrisi dan dapat menyebabkan risiko penyakit yang berbahaya jika dimakan dalam jangka waktu lama. 

Selanjutnya: Efektif, ini 4 cara memutihkan gigi yang bisa Anda coba

 

Editor: Virdita Ratriani
Terbaru