O

4 Rekomendasi obat ambeien, bisa dari bahan alami, lo

Senin, 17 Mei 2021 | 10:53 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Rekomendasi obat ambeien, bisa dari bahan alami, lo

ILUSTRASI. Ada beberapa jenis obat ambeien yang bisa Anda gunakan.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ambeien atau wasir adalah kondisi di mana pembuluh darah di bagian anus mengalami pembengkakan. Beberapa gejala ambeien yang biasanya Anda alami adalah muncul rasa gatal dan sensasi terbakar di sekitar anus hingga BAB berdarah. Untuk mengatasi hal itu, Anda membutuhkan obat ambeien.

Salah satu penyebab ambeien yang utama adalah tubuh yang kekurangan serat. Maka dari itu, Anda perlu mengonsumsi makanan berserat secara rutin. Misalnya, buah, sayur, nasi cokelat atau brown rice, dan lain sebagainya.

Banyak minum air putih juga bisa Anda jadikan cara mengatasi ambeien. Selain itu, tentu saja masih banyak hal lain yang bisa Anda praktikkan. Mulai dari menggunakan es batu, kantung teh, dan lain-lain.

Berendam di Air Hangat

The Healthy (thehealthy.com) merekomendasikan Anda untuk berendam di air hangat supaya ambeien bisa sembuh dengan lebih cepat. Supaya efeknya lebih terasa, Anda bisa menambahkan sedikit epsom salt. Dengan begitu, ambeien bisa sembuh dan Anda bisa melanjutkan aktivitas dengan nyaman.

Hindari membersihkan area di mana ambeien muncul dengan sabun yang mengandung alkohol. Hal tersebut justru memperparah penyakit yang sedang Anda derita. Jika perlu, Anda bisa menjaga ambeien tetap kering dengan memakai hair dryer.

Baca Juga: Inilah 4 pilihan obat diare dari bahan-bahan alami

Petroleum Jelly

Tahukah Anda bahwa petroleum jelly bisa digunakan sebagai obat ambeien? Anda hanya perlu mengaplikasikan petroleum jelly pada ambeien secara langsung. Lakukan cara tersebut secara rutin supaya ambeien lebih cepat hilang.

Kentang

Kentang bisa Anda manfaatkan sebagai obat ambeien.

Kentang juga bisa Anda manfaatkan sebagai obat ambeien, lo. Salah satu nutrisi yang terkandung dalam kentang berperan sebagai astringen alami sehingga efektif mengerutkan pembuluh darah di sekitar anus yang membengkak.

Baca Juga: 5 Penyebab diare yang bisa Anda alami, termasuk infeksi

Es Batu

Seperti yang telah dikatakan, ambeien terjadi karena pembuluh darah di sekitar anus yang membengkak. Nah, The Healthy mengatakan bahwa es batu bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah tersebut. Suhu dingin dari es batu dapat meredakan peradangan secara efektif.

Cara yang perlu Anda lakukan pun cukup mudah. Pertama, bungkus beberapa es batu dalam plastik lalu balut plastik itu dengan handuk. Duduklah di atas bungkusan es batu itu selama minimal 20 menit. Ulangi cara tersebut sesering mungkin dengan interval jeda selama 10 menit.

Selanjutnya: 4 Penyebab BAB berdarah yang sebaiknya Anda waspadai

Editor: Belladina Biananda
Terbaru