Kesehatan Umum

4 Penyebab BAB berdarah yang sebaiknya Anda waspadai

Sabtu, 15 Mei 2021 | 04:00 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Penyebab BAB berdarah yang sebaiknya Anda waspadai

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada beragam penyebab BAB berdarah yang bisa terjadi. Tentu saja Anda perlu segera memeriksakan diri ke dokter jika mengalami masalah tersebut. Apalagi jika BAB berdarah Anda alami dalam jangka waktu yang relatif lama dan muncul gejala yang lain.

Nantinya, dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan untuk menentukan kondisi Anda. Dokter juga akan mengamati gejala-gejala yang biasa Anda alami. Jadi, usahakan untuk menceritakan semua kondisi yang Anda alami, ya.

Diagnosa kondisi Anda akan diberikan dokter setelah hasil pemeriksaan keluar. Biasanya, BAB berdarah bisa dikarenakan masalah pada saluran pencernaan, polip, dan lain sebagainya. Maka dari itu, Anda perlu berhati-hati terhadap beberapa faktor tersebut.

Pendarahan Gastrointestinal Atas

Very Well Health (verywellheatlh.com) mengatakan bahwa pendarah gastrointestinal bisa jadi penyebab BAB berdarah. Gastrointestinal adalah istilah yang merujuk pada lambung dan usus dalam tubuh Anda. Biasanya, masalah itu bisa terdiagnosa setelah dilakukan endoskopi.

Baca Juga: 4 Rekomendasi obat susah BAB yang ada di sekitar Anda

Polip

Polip jadi faktor lain yang mengakibatkan BAB berdarah. Jika terlambat ditangani, polip dapat berkembang menjadi kanker sehingga masalah kesehatan Anda semakin parah. Maka dari itu, melakukan pemeriksaan kesehatan rutin perlu Anda lakukan.

Anda perlu melakukan operasi untuk membersihkan polip yang terdeteksi. Untuk menghindari penyebaran sel yang tidak normal, ada kemungkinan Anda perlu menjalani kemoterapi. Jenis perawatan itu disesuaikan dengan kondisi yang sudah diperiksa dokter.

Makanan yang Anda Konsumsi

Selain beberapa masalah kesehatan, BAB berdarah juga bisa terjadi akibat makanan atau minuman yang Anda konsumsi, lo. Mengutip dari Very Well Health, makanan dan minuman dengan warna yang cukup kuat, seperti buah naga atau buah bit, dapat mengakibatkan perubahan warna pada feses yang Anda keluarkan.

Baca Juga: 5 Penyebab diare yang bisa Anda alami, termasuk infeksi

Ambeien

Ambeien termasuk salah satu penyebab BAB berdarah.

Ambein jadi salah satu penyebab BAB berdarah yang cukup sering terjadi. Masalah itu terjadi saat pembuluh darah di sekitar anus mengalami inflamasi atau pembengkakan. Selain menyebabkan BAB berdarah, masih banyak gejala lain yang Anda rasakan. Misalnya, muncul rasa gatal dan tidak nyaman.

Ada banyak faktor yang meningkatkan risiko kemunculan ambeien. Mulai dari diare, sembelit, kehamilan, duduk terlalu lama, dan lain sebagainya. Anda bisa mengatasi ambeien dengan memperbanyak asupan serat. Selain itu, sebisa mungkin hindari faktor risiko yang telah disebutkan.

Selanjutnya: 4 Obat herbal ambeien ini bisa Anda jadikan pilihan

Editor: Belladina Biananda
Terbaru