Tips Sehat

4 Obat herbal ambeien ini bisa Anda jadikan pilihan

Senin, 12 April 2021 | 13:17 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Obat herbal ambeien ini bisa Anda jadikan pilihan

ILUSTRASI. Lidah buaya adalah salah satu obat herbal ambeien.


KONTAN.CO.ID - Ambeien atau wasir adalah pembengkakan vena di rektum bagian bawah. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Salah satunya adalah dengan memakai obat herbal alami.

Ada banyak hal yang menjadi faktor terjadinya ambeien. Mulai dari genetik, obesitas, hamil, sembelit, hingga pola hidup yang kurang sehat. Supaya kondisi itu tak sering terjadi, Anda perlu menerapkan pola hidup sehat.

Misalnya, konsumsi makanan bergizi dan rajin olahraga. Namun, jika pola hidup sehat sudah Anda jalankan dan tidak ada masalah kesehatan serius, cobalah untuk memanfaatkan bahan-bahan alami ini.

Namun, pastikan untuk tetap berkonsultasi dengan dokter jika ambeien tak kunjung hilang, ya.

Minyak jarak

Mengutip dari Netmeds.com, minyak jarak bisa Anda gunakan sebagai obat ambeien. Bahan alami tersebut mengandung antijamur, antibakteri, dan antiinflamasi yang mampu mengatasi ambeien dengan efektif.

Anda bisa mencampur minyak jarak pada susu dan meminumnya secara rutin atau mengoleskannya langsung pada wasir.

Baca Juga: Rekomendasi obat wasir dari bahan alami, siapa tertarik mencoba

Lidah buaya

Obat herbal amberien berikutnya yang bisa Anda coba adalah lidah buaya. Lidah buaya mengandung banyak antiinflamasi yang mampu mencegah iritasi dan meredakan peradangan.

Sama seperti minyak jarak, Anda bisa mengonsumsi lidah buaya atau mengaplikasikannya pada wasir secara langsung. Minum lidah buaya di pagi hari atau saat perut kosong. Hal itu berguna untuk melancarkan pencernaan sehingga sembelit dan ambeien bisa teratasi.

Anda juga bisa mengaplikasikan gel lidah buaya secara langsung pada wasir. Diamkan dulu selama minimal 10 menit, ya.

Tea tree oil

Netmeds.com merekomendasikan tea tree oil untuk mengobati ambeien yang sedang Anda alami. Antimikroba dalam jenis minyak itu mampu mencegah ambeien menjadi lebih parah.

Anda perlu mencampur tea tree oil dengan carrier oil, seperti minyak kelapa terlebih dahulu. Setelah teraduk rata, aplikasikan campuran minyak itu pada wasir secara langsung lalu diamkan selama minimal 10 menit.

Untuk mendapat hasil yang maksimal, cobalah untuk melakukan cara tersebut tiga kali dalam sehari.

Baca Juga: 4 Penyebab BAB berdarah yang perlu Anda waspadai, jangan lengah

Witch hazel

Ada banyak obat herbal ambeien yang bisa Anda coba.

Tahukah Anda, witch hazel bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal ambeien? Bahan alami itu mengandung banyak antiinflamasi yang mampu mengurangi rasa sakit dan gatal akibat ambeien. Tidak hanya itu, witch hazel juga mampu meredakan peradangan.

Selanjutnya: 5 Penyebab diare yang bisa Anda alami, termasuk infeksi

Editor: Belladina Biananda
Terbaru