kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

​8 Buah yang Mengandung Vitamin C Tinggi, Selain Jeruk


Senin, 10 Januari 2022 / 15:22 WIB
​8 Buah yang Mengandung Vitamin C Tinggi, Selain Jeruk
ILUSTRASI. Buah yang mengandung vitamin C.


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID -Jakarta. Selama ini jika ingin mendaptkan asupan Vitamin C untuk tubuh, orang biasanya mengonsumsi buah jeruk. Padahal, ada banyak buah yang mengandung vitamin C tinggi selain buah jeruk. 

Jeruk memang buah yang mengandung vitamin C tinggi. Satu jeruk berukuran sedang menyediakan 70 mg vitamin C, yang merupakan 78% dari nilai harian yang direkomendasikan. 

Vitamin C dibutuhkan tubuh untuk membantu menyerap zat besi dari makanan. Tubuh juga menggunakan vitamin C untuk membuat kolagen, bagian tubuh yang membantu menyembuhkan luka. 

Serta vitamin C juga dibutuhkan untuk antioksidan yang membantu melindungi sel-sel Anda dari kerusakan. Laki-laki membutuhkan 90 miligram vitamin C per hari, dan wanita membutuhkan 75 miligram. 

Jeruk sedang memiliki sekitar 70 miligram, tetapi banyak buah yang mengandung vitamin C tinggi selain jeruk. Lantas, apa saja buah yang mengandung vitamin C tinggi?

Baca Juga: Ingin Kadar Gula Darah dan Tekanan Darah Tinggi Turun? Minum Jus Buah Ini

8 Buah yang mengandung vitamin C tinggi

Dirangkum dari laman Web MD, Healthline, dan laman Pemerintah Kota Cimahi, berikut adalah daftar buah yang mengandung vitamin C tinggi: 

1. Jambu biji

Vitamin C tertinggi terdapat pada buah jambu biji. Buah berbau harum tersebut mengandung sekitar 200 mg vitamin C per 100 gram, jauh lebih tinggi dari jeruk yang hanya 53 mg. Termasuk dalam buah-buahan tropis, jambu biji bisa tumbuh sangat baik di Indonesia. 

2. Kiwi

Selanjutnya, kiwi termasuk buah yang mengandung vitamin C tinggi. Kandungan vitamin C dalam buah kiwi adalah 70 miligram vitamin C per kiwi sedang. Kiwi juga memiliki serat serta flavonoid dan karotenoid, yang merupakan antioksidan yang membantu melindungi sel-sel tubuh. 

3. Stroberi

Buah stroberi juga termasuk dalam buah yang mengandung vitamin C tinggi. Dalam semangkuk buah stroberi mengandung sekitar 85 miligram vitamin C. 

Baca Juga: Bahan Mudah Didapat, Ini 6 Cara Menghilangkan Mata Panda




TERBARU

[X]
×