7 Tanda dan Gejala Gula Darah Naik Tak Terkendali

Selasa, 26 Juli 2022 | 10:22 WIB   Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie
7 Tanda dan Gejala Gula Darah Naik Tak Terkendali

ILUSTRASI. Sebagian besar gejala awal berasal dari kadar glukosa yang lebih tinggi dari normal, sejenis gula, dalam darah Anda.


KONTAN.CO.ID - Bagaimana Anda bisa tahu jika Anda menderita diabetes? Sebagian besar gejala awal berasal dari kadar glukosa yang lebih tinggi dari normal, sejenis gula, dalam darah Anda.

Melansir WebMD, tanda-tanda peringatan bisa sangat ringan sehingga Anda tidak menyadarinya. Itu terutama berlaku untuk diabetes tipe 2. 

Beberapa orang tidak mengetahui bahwa mereka memilikinya sampai mereka mendapatkan masalah dari kerusakan jangka panjang yang disebabkan oleh penyakit tersebut.

Dengan diabetes tipe 1, gejala biasanya terjadi dengan cepat, dalam hitungan hari atau beberapa minggu. Mereka juga jauh lebih parah.

Tanda-tanda diabetes tak terkendali

Berikut adalah tanda-tanda gula darah Anda naik tinggi di luar kontrol seperti yang dikutip dari WebMD dan Everydayhealth:

1. Kelaparan dan kelelahan

Tubuh Anda mengubah makanan yang Anda makan menjadi glukosa yang digunakan sel-sel Anda untuk energi. 

Tetapi sel-sel Anda membutuhkan insulin untuk mengambil glukosa. Jika tubuh Anda tidak membuat cukup atau insulin apa pun, atau jika sel Anda menolak insulin yang dibuat tubuh Anda, glukosa tidak dapat masuk ke dalamnya dan Anda tidak memiliki energi. 

Ini bisa membuat Anda lebih lapar dan lebih lelah dari biasanya.

Baca Juga: Menurunkan Asam Urat Tinggi, Ini 3 Manfaat Daun Alpukat

2. Kencing lebih sering dan haus

Rata-rata orang biasanya harus buang air kecil antara empat dan tujuh kali dalam 24 jam, tetapi penderita diabetes mungkin buang air kecil lebih banyak. Mengapa? 

Biasanya, tubuh Anda menyerap kembali glukosa saat melewati ginjal Anda. Tetapi ketika diabetes mendorong gula darah Anda naik, ginjal Anda mungkin tidak dapat mengembalikan semuanya. 

Hal ini menyebabkan tubuh membuat lebih banyak urin, dan itu membutuhkan cairan. Hasilnya: Anda harus pergi lebih sering. Anda mungkin buang air kecil lebih banyak juga. 

Karena Anda sering buang air kecil, Anda bisa sangat haus. Saat Anda minum lebih banyak, Anda juga akan buang air kecil lebih banyak.

3. Mulut kering dan kulit gatal

Karena tubuh Anda menggunakan cairan untuk buang air kecil, kelembapan untuk hal lain berkurang. Anda bisa mengalami dehidrasi, dan mulut Anda mungkin terasa kering. Kulit kering bisa membuat Anda gatal.

4. Penglihatan kabur

Mengubah kadar cairan dalam tubuh Anda bisa membuat lensa di mata Anda membengkak. Mereka berubah bentuk dan tidak bisa fokus.

Baca Juga: ​9 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

5. Mengalami luka yang cenderung sembuh lebih lambat dari biasanya

Menurut National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases, potongan, goresan, memar, dan luka lainnya sembuh lebih lambat dengan adanya gula darah yang tidak terkontrol. 

Diabetes menyebabkan kerusakan saraf dan mempengaruhi sirkulasi, terutama di tungkai bawah dan kaki, yang dapat menunda penyembuhan karena tidak cukup aliran darah ke daerah tersebut. 

Bahkan luka kecil lebih rentan terhadap infeksi, yang bisa menjadi sangat serius dan bahkan mengakibatkan amputasi kaki. 

6. Mengalami kesemutan dan mati rasa di tangan atau kaki 

Seperti disebutkan, gula darah yang tidak terkontrol dapat menyebabkan kerusakan saraf, juga dikenal sebagai neuropati diabetik. 

Apa yang mungkin Anda perhatikan adalah sensasi kesemutan atau bahkan mati rasa di tangan dan kaki Anda. 

Beberapa orang juga mengalami rasa sakit di tangan dan kaki mereka. Meskipun neuropati paling sering terjadi pada orang yang telah menderita diabetes untuk waktu yang lama, itu dapat terjadi pada siapa saja dengan diabetes yang tidak terkontrol.

Baca Juga: Efektif Membantu Menurunkan Berat Badan, Kenali 8 Manfaat Mengkonsumsi Pepaya

7. Mengalami lepuh, kekeringan, atau perubahan kulit lainnya

Meepuh, infeksi, kekeringan, gatal, perubahan warna, dan kelainan pada kulit semuanya bisa menjadi tanda peringatan gula darah tinggi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru