kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

​9 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui


Senin, 25 Juli 2022 / 16:11 WIB
​9 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui
ILUSTRASI. Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan.


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Manfaat daun kelor untuk kesehatan telah dikenal selama ribuan tahun. Tanaman yang dikenal dengan nama Moringa oleifera ini kaya akan antioksidan dan senyawa tanaman bioaktif. 

Hampir seluruh bagian dari tanaman ini bisa dimakan atau dijadikan ramuan obat herbal tradisional sehingga ada banyak manfaat daun kelor untuk kesehatan. 

Di negara Barat, daun kelor kering dijual sebagai suplemen makanan, baik dalam bentuk bubuk maupun kapsul.

Lantas, apa manfaat daun kelor?

Baca Juga: Simak 7 Cara Menjaga Kesehatan Jantung yang Perlu Anda Ketahui

9 Manfaat daun kelor untuk kesehatan

Manfaat daun kelor untuk kesehatan

Dirangkum dari laman Healthline, berikut adalah sejumlah manfaat daun kelor untuk kesehatan:

1. Kaya antioksidan

Pertama, manfaat daun kelor untuk kesehatan adalah mampu membantu tubuh melawan radikal bebas. Sebab, tanaman kelor kaya akan antioksidan. Antioksidan adalah senyawa yang bekerja melawan radikal bebas di tubuh. 

Kadar radikal bebas yang tinggi dapat menyebabkan stres oksidatif, yang berhubungan dengan penyakit kronis seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2. 

Selain itu, antioksidan yang kuat juga dapat membantu menurunkan tekanan darah. Ekstrak daun kelor juga dapat digunakan sebagai pengawet makanan, sehingga meningkatkan umur simpan daging dengan mengurangi oksidasi. 

Baca Juga: 6 Kebiasaan yang Bisa Menyebabkan Sakit Batu Ginjal, Hentikan dari Sekarang!

2. Menurunkan kadar gula darah

Selanjutnya, manfaat daun kelor untuk kesehatan adalah mampu membantu menurunkan kadar gula darah. Gula darah tinggi bisa menjadi masalah kesehatan yang serius seperti diabetes.

Beberapa penelitian menunjukkan, daun kelor dapat membantu menurunkan kadar gula darah yang dikaitkan dengan senyawa isothiocyanate dalam tanaman tersebut.

Namun, sebagian besar bukti didasarkan pada penelitian pada hewan. Hanya ada sedikit penelitian berbasis manusia. 

3. Menurunkan kolesterol

Manfaat daun kelor untuk kesehatan yakni dapat membantu menurunkan kolesterol. Memiliki kolesterol tinggi dapat meningkatan risiko penyakit jantung.

Baik penelitian pada hewan dan manusia telah menunjukkan, kelor mungkin memiliki efek penurun kolesterol.  

Baca Juga: Mampu Menjaga Kesehatan Jantung, Ini 6 Manfaat Mengkonsumsi Belimbing Lainnya

4. Mencegah kanker  

Selanjutnya, manfaat daun kelor yakni dapat membantu mencegah kanker. Sebab, dikutip dari WebMD, dalam tes laboratorium menyatakan ekstrak daun kelor mampu memperlambat pertumbuhan sel kanker pankreas dan membantu kemoterapi bekerja lebih baik. 

Studi laboratorium lain menunjukkan, daun, kulit kayu, dan akar kelor memiliki efek anti kanker yang bisa berpotensi menjadi obat baru bagi kanker.

5. Menjaga berat badan 

Manfaat daun kelor adalah membantu menjaga berat badan. Studi yang dilakukan para ahli menemukan, teh kelor membantu untuk menangani masalah pencernaan dan merangsang metabolisme tubuh agar optimal dalam membakar kalori.

Baca Juga: Perhatikan! 4 Gejala Kanker Usus yang Perlu Anda Waspadai

Manfaat daun kelor untuk kesehatan

6. Menghilangkan flek wajah

Manfaat daun kelor adalah membantu menghilangkan flek wajah. Caranya, ambil beberapa daun kelor yang masih muda, tumbuk hingga sangat halus, lalu gunakan sebagai bedak (atau juga bisa dicampur dengan bedak).

Di beberapa negara ekstrak kelor sudah digunakan sebagai bahan baku pembuatan kosmetik untuk kulit. Bagian tanaman kelor yang banyak digunakan untuk kulit yaitu pada bagian kulit batang, daun, bunga dan biji.

Daun kelor mengandung nutrisi seperti kalsium dan mineral seperti tembaga, besi, seng (zinc), magnesium, silika dan mangan. Daun kelor juga bisa menjadi pelembab alami, memiliki kegunaan untuk mengangkat sel kulit mati dan membersihkan kulit.

Baca Juga: 6 Khasiat Daun Kelor Untuk Kesehatan, Mampu Menurunkan Risiko Kanker Loh

7. Bisa untuk masker wajah

Selanjutnya, manfaat daun kelor yakni bisa digunakan sebagai masker wajah. Selain menggunakan minyak atsirinya dan bubuk kelor yang dijual di pasaran, Anda bisa memanfaatkan daun kelor secara langsung.

Caranya, pertama-tama buatlah pasta daun kelor. Pilih daun kelor yang masih hijau dan segar, pisahkan dari rantingnya. Haluskan daun kelor dengan ditambahkan sedikit air saja (agar daun kelor menjadi bentuk pasta).

Kemudian dijadikan ramuan tersebut sebagai masker, pasta daun kelor tersebut bisa disimpan selama 3 hari di dalam lemari es.

Baca Juga: Selain Mengobati Diabetes, Ini 6 Manfaat Petai Cina untuk Kesehatan

8. Melindungi dari keracunan arsenik

Salah satu manfaat daun kelor yakni bisa melindungi tubuh dari keracunan arsenik. Kontaminasi arsenik dapat ditemukan pada air dan makanan, termasuk beras. 

Mengonsumsi arsenik tingkat tinggi dalam waktu yang lama dapat menimbulkan berbagai penyakit, seperti penyakit jantung dan kanker. 

Berdasarkan penelitian terhadap hewan, daun dan biji kelor dapat melindungi tubuh dari efek keracunan arsenik. Meski begitu, perlu penelitian lebih lanjut terkait efektivitas daun kelor terhadap keracunan arsenik pada manusia.

Baca Juga: Silakan Dicoba! 5 Tips Menurunkan Kolesterol Jahat

9. Baik untuk kesehatan ginjal 

Kemudian, manfaat daun kelor yakni bagus untuk kesehatan ginjal.

Dikutip dari Kompas.com (23/4/2022), menurut dokter dan herbalis dari Tangerang Selatan, dr Prapti Utami dalam buku Daun Kelor: Antidiabetes, Sahabat Mata, Pelindung Ginjal yang ditulis oleh Redaksi Trubus (2019), daun kelor kering mengandung vitamin A 10 kali lebih banyak dari wortel. 

Sedangkan daun kelor segar mengandung vitamin A empat kali lebih banyak dari wortel. Selain itu, kelor juga mengandung mineral dan nutrisi lain, termasuk antioksidan tinggi yang dapat membantu perbaikan sel, sehingga dapat mendukung pemulihan fungsi mata.

Akan tetapi, mengonsumsi kelor saja tidak bisa memberi khasiat langsung pada mata. Daun ini hanya berfungsi sebagai pelengkap nutrisi.

Prapti mengingatkan, kelor harus dikonsumsi secara bijak. Mengonsumsi daun kelor terlalu banyak justru akan berpengaruh bagi tekanan darah serta meningkatkan asam lambung. 

Cukup konsumsi satu kantong teh celup atau setara 6 gram serbuk daun kelor kering per hari. Sedangkan daun kelor segar disarankan hanya boleh dikonsumsi sekitar 30 gram per hari.

Demikian sejumlah manfaat daun kelor untuk kesehatan yang sebaiknya Anda ketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×