kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

7 Penyebab Perut Buncit Ini Wajib Anda Waspadai, Apa Saja?


Senin, 31 Januari 2022 / 10:45 WIB
7 Penyebab Perut Buncit Ini Wajib Anda Waspadai, Apa Saja?
ILUSTRASI. Penyebab perut buncit perlu Anda waspadai untuk menjaga kesehatan dan penampilan. Dok/First Cry Parenting


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Salah satu penyebab perut buncit yang dialami banyak orang adalah penumpukan lemak. Tentu saja ada faktor-faktor tertentu yang memicu terjadinya hal tersebut. Anda perlu mewaspadainya supaya perut buncit bisa berkurang.

Lemak perut yang berlebih dapat meningkatkan risiko berbagai macam penyakit. Mulai dari diabetes, penyakit jantung, dan lain sebagainya. Maka dari itu, usahakan untuk mengontrol jumlah lemak yang Anda miliki.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan lemak di perut. Salah satunya adalah dengan menghindari beberapa faktor pemicu penumpukan lemak di bagian perut. Faktor yang dimaksud berupa stres, kurang tidur, mengonsumsi makanan serta minuman manis, dan lain sebagainya.

Stres

Saat stres, keinginan Anda untuk makan berlebih meningkat. Mengutip dari Healthline (healthline.com), alih-alih tersimpan dalam bentuk lemak di seluruh bagian tubuh, hormon stres justru menyimpan makanan yang Anda konsumsi dalam bentuk lemak di perut.

Baca Juga: 6 Penyebab Perut Buncit yang Bisa Dialami Siapa Saja

Jarang Olahraga

Jarang olahraga jadi salah satu faktor pemicu menumpuknya lemak di sekitar perut. Ada banyak jenis olahraga yang bisa Anda lakukan supaya lemak di perut berkurang. mulai dari sit up, berenang, bersepeda, dan lain sebagainya.

Kurang Tidur

Selain stres, penyebab perut buncit juga bisa dikarenakan waktu tidur yang kurang. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa tidur kurang dari lima jam per hari meningkatkan risiko kelebihan berat badan hingga 32%. Penelitian itu melibatkan 68.000 wanita dan dilakukan selama 16 tahun.

Tidak hanya kurang tidur, gangguan tidur yang lain juga berpengaruh pada jumlah lemak di sekitar perut, contohnya sleep apnea. Sleep apnea adalah kondisi di mana Anda berhenti bernapas saat tidur karena jaringan di kerongkongan menutup saluran pernapasan Anda.

Menopause

Menopause bisa jadi salah satu penyebab perut buncit.

Menopause juga bisa menyebabkan lemak bertumpuk di bagian perut Anda, lo. Tubuh tidak lagi menyimpan di sekitar paha dan pinggul, tapi menyimpan lemak di bagian perut saat sudah memasuki menopause.

Genetik

Sehubungan dengan poin sebelumnya, lemak yang menumpuk di perut juga bisa dipengaruhi oleh genetik. Tak Melansir Healthline, gen juga berpengaruh pada ukuran panggul Anda. Meski demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk benar-benar membuktikan hal itu.

Baca Juga: Mudah, Ini 5 Cara Mengecilkan Perut Pakai Bahan Alami

Usia yang Bertambah

Saat usia bertambah, risiko penumpukan lemak di sekitar perut pun ikut meningkat. Hal itu terjadi karena metabolisme dalam tubuh yang terus melambat. Tentu saja Anda perlu menerapkan pola hidup sehat supaya hal itu tak banyak terjadi.

Makanan Rendah Serat

Penyebab perut buncit lainnya adalah Anda tidak banyak mengonsumsi makanan berserat. Padahal, mengonsumsi makanan yang mengandung banyak serat mampu mengurangi jumlah lemak di perut, mengatur hormon lapar, membuat Anda kenyang lebih lama, dan mengurangi asupan kalori.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×